Penyerahan Surat Keputusan Mendikbud Ristek – Izin Pembukaan Prodi Ilmu Komputer dan Prodi Pengelolaan Hutan di Universitas Pattimura

UNPATTI,- berlangsungnya kegiatan Penyerahan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 290/E/O/2022 tentang Izin Pembukaan Program Studi Ilmu Komputer Program Sarjana dan Nomor 344/E/O/2022 tentang Izin Pembukaan Program Studi Pengelolaan Hutan Program Sarjana pada Universitas Pattimura.

Penyerahan SK tersebut dilakukan oleh Kepala LLDIKTI Wilayah XII Ambon, Dr. Jantje E. Lekatompessy, S.E, M.Si kepada Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum di Ruang Rapat Rektor Lantai 3 Rektorat Universitas Pattimura.

Kegiatan tersebut dihadiri para Wakil Rektor, Kepala Biro AKPHM, Dekan Fakultas MIPA Unpatti, Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Pertanian Unpatti, Ketua Program Studi Ilmu Komputer FMIPA, Sekertaris Jurusan Kehutanan serta Dosen Jurusan Kehutanan Unpatti, Sub Koordinator Humas Unpatti dan tamu undangan lainnya

Rektor Universitas Pattimura dalam sambutannya mengatakan pembukaan program studi pada Perguruan Tinggi saat ini harus sesuai dengan persyaratan dan prosedur yang telah ditetapkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan dari waktu ke waktu menunjukan peningkatan efiensi usulan prodi, dan Universitas Pattimura disaat ini telah menerima Surat Keputusan Izin Pembukaan Program Studi Ilmu Komputer pada Fakultas MIPA dan Program Studi Pengelolaan Hutan pada Fakultas Pertanian. Pembukaan Program Studi harus didukung oleh minat mahasiswa pada program studi tersebut.  “akan menjadi masalah jika peminat program studi tersebut tidak sesuai dengan yang diharapkan “. ujarnya.  Oleh karena itu, lanjut Rektor hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana program studi berupaya membangun manajeman yang baik agar peminat program studi tersebut akan meningkat dari waktu ke waktu. Apalagi tuntutan pasar kerja membutuhkan lulusan yang siap pakai dan memiliki kemampuan untuk mengembangkan ilmu ditengah masyarakat.

Program Studi Ilmu Komputer diharapkan mampu menjadi salah satu penyokong kebutuhan digital dan tentunya akan diminati banyak calon mahasiswa. Demikian pula prodi Pengelolaan Hutan akan mempelajari seluk beluk tentang manajemen hutanpengelolaan hasil hutan dan lainnya. Sehingga diharapkan Universitas Pattimura akan terus berkembang. “Kedepan akan semakin banyak kompetitor, sehingga perlunya strategi untuk pengembangan program studi kedepan”, kata rektor.

Rektor juga menyampaikan terima kasih kepada LL-DIKTI Wilayah XII yang telah melakukan melakukan pendampingabn  dan berproses bagi pembukanan prodi baru di Universitas Pattimura.

Kepala LLDIKTI Wilayah XII Ambon, Dr. Jantje E. Lekatompessy, S.E, M.Si dalam sambutan mengatakan, hari ini kita akan menyerahkan SK Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi terkait dengan Ijin Pembukaan Program Studi Ilmu Komputer Program Sarjana dan Program Studi Studi Pengelolaan Hutan Program Sarjana. Kurang lebih 3 bulan dalam waktu yang tidak terlalu lama, kita sudah mendapatkan 5 program studi baru di Universitas Pattimura.

“Hari ini kita mendapatkan ijin pembukaan 2 Program Studi di Universitas Pattimura yaitu Program Studi Ilmu Komputer Program Sarjana dan Program Studi Studi Pengelolaan Hutan Program Sarjana. Sebelumnya kita sudah menyerahkan SK 3 Program Studi di bulan Maret yaitu Program Studi Ilmu Lingkungan Program Sarjana, Program Studi Pendidikan Akuntansi Program Sarjana dan Program Studi Bioteknologi Program Sarjana”, terangnya.

Dikatakan pula, untuk diketahui bahwa KEMENDIKBUDRISTEK di tahun 2022 sudah melaunching sistem baru dan Universitas Pattimura sendiri telah memiliki akun tersebut yakni Aplikasi SIAGA (Sistem Informasi Kelembagaan).

Lanjutnya LLDIKTI mendorong Universitas Pattimura untuk berproses bagi usulan pembukan program doktor pada program-program studi lainnya, dan diharapkan Universitas Pattimura dapat mengusulkan juga pembukaan program studi kekinian misalnya Program Studi Bisnis Digital maupun Program Studi Desain Komunikasi Visual, sehingga kedepan Universitas Pattimura akan semakin maju.  Diakhir sambutan Dr. Lekatompessy juga mengucapkan ‘selamat’ kepada Universitas Pattimura karena telah mendapatkan 2 program studi baru di hari ini. Semoga kedua program studi tersebut bisa terus berkembang.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serah terima SK bagi kedua program studi tersebut dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Ayo calon Mahasiswa mari bersama meraih cita-cita bersama Universitas Pattimura.

Hotumese…!!!

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.