TINGKATKAN KREATIVITAS MENULIS MAHASISWA UNPATTI IKUTI WORKSHOP PENULISAN KARYA ILMIAH

UNPATTI,- Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas penulisan karya ilmiah bagi mahasiswa serta menumbuhkan minat dan bakat dalam menulis, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni menyelenggaran Workshop Penulisan Karya Ilmiah Bagi Mahasiswa Universitas Pattimura yang berlangsung di Aula Lantai II Rektorat, Selasa (28/6).

Workshop yang diikuti oleh para mahasiswa Universitas Pattimura bertujuan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas, dan produktivitas Institusi, terkhususnya memberdayakan ide serta meningkatkan kreatifitas mahasiswa dan meningkatkan jumlah karya buku yang dihasilkan oleh mahasiswa Universitas Pattimura. Menulis merupakan bagian dari upaya untuk merawat dan melestarikan ilmu pengetahuan dan dengan menulis mahasiswa mampu mengembangkan keterampilan membaca yang efektif.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Jusuf Madubun, M.Si dalam laporannya mengatakan, workshop yang dilakasankan dalam bentuk pelatihan oleh para narasumber yang profesional kepada 250 mahasiswa untuk mengembangkan gagasan serta ide dalam pembuatan buku. Bidang Kemahasiswan dan Alumni yang bertanggungjawab dalam perkembangan minat dan bakat mahasiswa terus berupaya melaksanakan berbagai program yang dapat menjadi wadah bagi mahasiswa dalam mengembangkan bakat. Selain mahasiswa dapat berkembang secara akademis mahasiswa juga mampu menghasilkan produk bagi dirinya sendiri dan juga bagi Perguruan Tinggi tempatnya bernaung, melalui karya penulisan buku. Harapannya, melalui kegiatan ini mahasiswa dapat memahami ilmu penulisan karya ilmiah yang disampaikan oleh para pemateri dan dapat menyalurkan ide dan gagasannya dalam bentuk tulisan yang terkonsep untuk kemudian dicetak dalam buku pegangan.

Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M.J. Saptenno, SH., M.Hum dalam sambutannya mengatakan, workshop yang diselenggarakan dimaksudkan untuk melatih mahasiswa dalam membuat penulisan karya ilmiah yang nantinya diharapkan dapat dipublikasikan tidak hanya dalam bentuk buku namun dapat dipublikasikan juga dalam bentuk penulisan pada jurnal nasional maupun internasional. Sebagai mahasiswa yang nantinya akan mempersiapkan diri dalam penulisan skripsi harus mampu melihat masalah secara aktual sesuai dengan bidang ilmu yang ditekuni dengan memperhatikan unsur penulisan karya ilmiah yakni, sistimatis, logis dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. “ Menulis jangan hanya sekedar menulis, tulislah sesuatu yang unik dan inovatif dengan kemampuan analisis sehingga dapat menghasilkan konsep yang baru dari hasil penulisan yang anda buat ” ungkapnya.

Rektor berharap, setelah mengikuti workshop hari ini para mahasiswa dapat memahami prinsip penulisan karya ilmiah dan memiliki kemapuan analisis sehingga mampu mempublikasikan hasil karya ilmiahnya.

Workshop ini menghadirkan tiga narasumber yakni, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Jusuf Madubun, M.Si dengan materi Kiat Menulis Karya Ilmiah., Dr. Mariana Lewier, S.S., M.Hum dengan Materi Bagaimana Menulis Karya Ilmiah Yang Baik., dan Hendry Izaac Elim, S.Si, M.Si, Ph.D dengan materi Sistematika Penulisan Karya Ilmiah.

Teruslah menulis, karena jika kita sudah terbiasa menulis, maka kita akan menikmatinya.

#UniversitasPattimura

#HumasUnpatti

#WorkshopPenulisanKaryaIlmiah

Leave a Reply

Your email address will not be published.