257 Peserta Ikut Open Tournamant Wushu Sanda Provinsi Maluku

UNPATTI,- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Olahraga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, bekerjasama dengan Pengurus Provinsi Wushu Indonesia Maluku, menggelar Open Tournamant Wushu Sanda Provinsi Maluku memperebutkan Piala Dekan FKIP Unpatti Tahun 2022. Turnamen yang diselenggarakan di Gelanggang Olah Raga Hotumese Unpatti akan berlangsung 18 – 20 Juli 2022 dan diikuti oleh 257 peserta dari 7 Kabupaten Kota di Provinsi Maluku

Tournament  yang dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni,                                   Dr. Jusuf Madubun., M.Si, diawali dengan penyerahan piala bergilir dari sasana Wushu Universitas Pattimura, kepada PengProv Wushu Indonesia Maluku

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut Dr. Madubun memberikan apresiasi dan penghargaan kepada UKM Olahraga FKIP bersama PengProv Wushu Maluku yang telah menghelat event ini.

Lanjutnya, ‘Berlatih Sambil Kuliah Bukan Lagi Kuliah Sambal Berlatih’, adalah paradigma yang harus dibangun Perguruan Tinggi saat ini sebagai upaya mendukung prestasi para mahasiswa dibidang olahraga dan seni. Hal ini mengemuka saat pertemuan dengan Menteri Pemuda dan Olah Raga beberapa waktu yang lalu dan oleh karenanya sebagai bagian dari upaya besar untuk memajukan olahraga  prestasi di Indonesia sekaligus mendidik putra putri bangsa  berdiri diatas kakinya sendiri dan menghidupi kehidupannya dimasa yang akan datang, serta upaya untuk mendukung MBKM  yang membutuhkan kompetensi dan prestasi, maka bagi mahasiswa yang mencapai prestasi di tingkat nasional akan mendapatkan konversi nilai otomastis “sangat baik”, pada semester ketika yang bersangkutan mengikuti perlombaan.

Dr. Madubun menjelaskan, Unpatti saat ini sementara mempersiapkan diri mengikuti Pekan Olah Raga Mahasiswa Nasional Tahun 2022, yang direncanakan berlangsung di Padang Provinsi Sumatera Barat.  “ini akan  menjadi tanggung jawab bersama dan berharap UKM Olahraga  di FKIP akan bisa membantu penyiapan para atlet dari berbagai cabang olahraga yang nantinya dipertandingkan di Pekan Olah Raga Mahasiswa Nasional, November mendatang “ ujarnya.

Dr. Madubun berharap pembinaan olah raga prestasi untuk semua cabang olah raga di Unpatti  harus terus dikembangkan dan prodi Penjaskesrek diharapkan menjadi motor penggerak bagi bangkitnya olahraga prestasi di Unpatti  dan menyumbangkan atlet bagi Maluku.

Sementara itu Dekan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Prof. Dr. Izaak H Wenno, S.Pd., Maluku M.Pd dalam sambutanya mengatakan wushu merupakan salah satu cabang olahraga yang diajarkan  dalam Program Studi Penjaskesrek. MBKM memberikan bobot bagi pengembangan kompetensi mahasiswa, termasuk ketika seorang mahasiswa mengikuti tournament dan menunjukan potensi diri yang dimiliki. Oleh karenanya melalui ajang ini, dekan berharap mahasiswa penjaskesrek dapat menunjukan skillnya  dan bagi para peserta lomba dapat memaknai semua gerakan yang ditampilkan guna pembentukan kepribadian sebagai atlet wushu.

Dikesempatan yang sama Wakil ketua Bidang IV KONI Maluku Mustafa Kamal dalam sambutanya mengatakan cabang olahraga Wushu di provinsi Maluku merupakan salah satu cabang unggulan. Dilihat dari jumalh atlet yang mengikutinya turnamen terbuka saat ini membuktikan bahwa wusu sangat di minati di kota Ambon sehingga diharapkan untuk 11 kabupaten kota di provinsi Maluku untuk lebih mengambangkan wushu di daerahnya.

Mustafa Kamal  berharap para pemenang dari turnamen ini dapat dipersiapkan untuk mengikuti pra PON 2023 mendatang dan pada PON 2024 Provinsi Maluku mampu mengantongi Juara melalui cabang olahraga wushu.

Prof.Dr. A. Fenanlampir, M.Pd yang merupakan Ketua Umum Wushu Indonesia Maluku turut memberikan penjelasan terkait dengan Open Tournamant Wushu Sanda Provinsi Maluku yang hari ini dilaksanakan. Dikatakan pula dalam salah satu tuntutan dimata kuliah management organisasi diaman mahasiswa sebelum lulus mata kuliah harus bisa menyelenggarakan event dan hari ini telah diselenggarakan. Berharap hasil yang diperoleh baik untuk menunjang penilaian mereka, dan melalui event ini akan lahir atlet-atlet wushu menghadapi POPMAL mendatang serta mengikuti event berkelanjutan.

Turut hadir dalam kegiatan ini Pra wakil Dekan FKIP Unpatti, Ketua Pengurus Kota/Kabupaten Wushu Se-Provinsi Maluku, dan jajaran pimpinan dalam lingkup FKIP Unpatti.

Selamat Bertanding

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#257PesertaIkutOpenTournamantWushuSandaProvinsiMaluku

Leave a Reply

Your email address will not be published.