Dorong Mahasiswa Berwirausaha, Fatek Gelar Pelatihan Enterpreneurship dan Pemasaran Online

UNPATTI,- Klinik Program Mahasiswa Wirausaha Fakultas Teknik Universitas Pattimura menyelenggarakan Pelatihan Enterpreneurship dan Pemasaran Online bagi mahasiswa Fakultas Teknik berlangsung di Ruang Kuliah Umum Fakultas Teknik, Selasa (6/7).

Pelatihan yang diselenggarakan merupakan upaya untuk mengimplementasikan kebijakan dan pembinaan pengembangan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Teknik dan upaya merespon pembinaan berkelanjutan bagi kelompok wirausaha serta mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Wakil Dekan Bidang kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Teknik Johan M. Tupan, ST, MT dalam sambutannya mengatakan, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Teknik berupaya menumbuhkan potensi wirausaha mahasiswa dengan berbagai program yang dilakukan. “ Ada 3 program prioritas utama yang dilakukan yaitu, program mahasiswa wirausaha yang diikuti oleh 7 kelompok wirausaha baru dengan beranggotakan 5-10 mahasiswa yang didanai secara bertahap oleh fakultas, program pelatihan enterpreneurship dan program pelatihan pemasaran online yang diikuti oleh 70 mahasiswa. Diawali dengan penandatangan PKS dan Penandatangan Implementation Arrangement oleh program-program studi sebagai upaya mewujudkan target Indikator Kerja Utama (IKU) Prodi yang bekerjasama dengan mitra. Penandatangan PKS dan Implementation Arrangement yang dilakukan diharapkan, akan ditindak lanjuti oleh masing-masing prodi dalam program implementasi antara lain : konsultasi insedentil tentang kewirausahaan, kuliah tamu terkait dengan bagaimana membangun karakter wirausaha dan penjajakan potensi magang bagi mahasiswa yang bisa melakukan aktivitas magang secara mandiri maupun kolektif “ ungkapnya.

Harapannya melalui pelatihan yang dilakukan, ke 7 kelompok wirausaha Fakultas Teknik dapat mengembangkan ide dan rencana bisnisnya serta mampu menciptakan lapangan kerja baru. Beliau juga berharap, dengan kerjasama yang dilakukan kelompok wirausaha dapat diberikan peluang mendapatkan pendanaan baik dari pihak perbankan, maupun pemerintah yang menyiapakan usaha-usaha kecil menengah.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, pelatihan yang digagas oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiwaan dan Alumni dan Tim Klinik Program Mahasiswa Wirausaha Fakultas Teknik Universitas Pattimura merupakan upaya untuk memberi motivasi,dorongan dan semangat kepada mahasiswa untuk memiliki jiwa Enterpreneurship sekaligus mengiplementasikan ide kreatif mahasiswa. Dengan narasumber yang berkompeten diharapkan dapat menjadi pemicu bagi mahasiswa untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan.

Lanjut dikatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini juga merupakan kerangaka pencapaian Indikator Kerja Utama (IKU) yang salah satunya adalah membentuk jiwa kewirausahaan mahasiswa dan menjadikan mahasiswa sebagai wirausaha muda. “Menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi mahasiswa adalah hal yang penting, dengan demikian mahasiswa mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Namun di tengah perkembangan teknologi, para mahasiswa juga di tuntut untuk dapat menjadi wirausaha muda yang berbasis digital “ tutupnya.

Pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari ini dikuti oleh sivitas akademika dalam Lingkup Fakultas Teknik Univeristas Pattimura dan menghadirkan dua narasumber yakni, Budi Junaedi (Pimpinan toko pemuda dan kedai es pisang ijo pemuda Ambon) dengan materi entrepreneurship dan Nonny Patty (Owner Kamari Hotel dan Padiiss Kitchen) dengan materi pemasaran online.

Ayo mahasiswa unpatti ciptakan inovasi & kreatifitas

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#FatekGelarPelatihanEnterpreneurshipDanPemasaranOnline.

Leave a Reply

Your email address will not be published.