Pattimura Moot Court Competition Piala Dekan I

UNPATTI,- Pattimura Moot Court Competition Piala Dekan I  dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Jusuf Madubun., M.Si di Aula Lantai III Fakultas Hukum Unpatti, Jumat, (15/7). Ajang kompitisi yang digagas oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Peradilan Semu (Pattimura Moot Court Congressio) Fakultas Hukum Unpatti diselenggarakan dalam rangkaian peringatan  Dies Natalis Fakultas Hukum ke 66.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini yaitu sebagai sarana pembelajaran hukum materil dan hukum formil untuk beracara dalam peradilan bagi mahasiswa Fakultas Hukum berdasarkan prinsip –prinsip hukum, juga untuk mengaplikasikan kemampuan intelektual dalam pemecahan kasus hukum melalui proses persidangan yang sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku, memberikan pemahaman akan pentingnya kejujuran dan idialisme di kalangan mahasiswa Fakultas Hukum sebagai calon yuris yang akan terjun langsung dalam masyarakat, menjadikan mahasiswa sebagi cerminan terhadap optimalisasi penegakan hukum pada peradilan nyata atau real court, menjadikan kompetisi peradilan sebagai sarana mempererat tali persaudaraan bagi sesama mahasiswa Fakultas Hukum dan merupakan salah satu mata lomba persidangan antar kelas dalam rangka Dies Natalis FH Unpatti ke-66.

Kegiatan yang mengusung tema “Menciptakan Mahasiswa Hukum Yang Kritis dan Tanggap Dalam Menanggapi Problematik Perikanan Di Wilayah Maluku” akan dilaksanakan selama 2 hari yang diikuti oleh 54 peserta yang terdiri dari 3 delegasi, dengan juri dari kalangan Hakim, Jaksa, Pengacara dan Akademisi.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Jusuf. Madubun., M.Si dalam sambutanya mengapresiasi penyelenggaraan ajang ini, dan tema yang ditetapkan diharapkan memberikan masukan dan pemikiran bagi pembangunan bidang perikanan di Maluku. “tema ini sangat relevan dengan kondisi geografis Maluku sebagai daerah kepulauan yang memiliki luas laut lebih besar dari luas daratan, dan tentunya memerlukan upaya penegakan hukum atas pelanggaran yang mungkin terjadi di wilayah laut, apalagi Maluku siap menjadi Lumbung Ikan Nasional” ujarnya.

Lanjutnya, pelaksanaan kompetisi ini selain menjadi moment untuk membangun silaturahmi tetapi juga diharapkan melahirkan mahasiswa yang cerdas, “mari mengasah kemampuan anda secara sportif dan tunjukan bahwa anda sanggup berkompetisi agar nantinya melahirkan mahasiswa hukum unpatti yang cerdas untuk membangun Maluku dan Indonesia yang lebih maju”, ujarnya.

Selamat berkompetisi!!

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#PattimuraMootCourtCompetitionPialaDekanI
#beritaunpatti

Leave a Reply

Your email address will not be published.