Pelantikan dan Sumpah Dokter Baru Angkatan Ke-25 FK Unpatti

UNPATTI,- Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura menggelar Acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Dokter Baru Angkatan Ke-25 Periode Juli Tahun 2022 kepada 4 Dokter Baru, Rabu (27/7).

Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual diikuti oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd., Asisten II SEKDA Provinsi Maluku, Kepala, Ketua Ikatan Dokter Indonesia Wilayah Maluku, Ketua Ikatan Dokter Indonesia Kota Ambon, Para Kepala Rumah Sakit Jejaring, Para Wakil Dekan, Para Dosen, tenaga kependidikan pada Fakultas Kedokteran Unpatti serta orang tua para dokter baru.

Sumpah dokter dilakukan kepada :

  1. Stella Clarissa Siahaya
  2. Heindy Jacob Khoe
  3. Vonita Natalia Silahooy
  4. Mi’raj A. J. Hasanusi

Wakil Dekan Bidang Akademik drg. Christiana R. Titaley, MIPH., Ph.D dalam laporannya menjelaskan keempat dokter baru ini merupakan dokter dari Fakultas Kedokteran Unpatti yang telah menjalani tahap kependidikan pre-klinik dan profesi dokter selama kurang lebih enam tahun.

Tahap Kepanitraan Klinik telah berlangsung di Rumah Sakit dan Puskesmas di wilayah Provinsi Maluku termasuk di RSUD Dr. M. Haulussy Ambon, RSKD Ambon, RS. Angkatan Laut, RS Tk. II Prof. dr. J. A. Latumeten, Kantor Kesehatan Pelabuhan Ambon, Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, BASARNAS, Klinik Dokter Keluarga di Kota Ambon, maupun di beberapa Puskesmas di wilayah pelayanan Dinas Kesehatan Kota Ambon. Untuk Rumah Sakit dan Rumah Sakit Pendidikan di luar Ambon, 4 dokter ini telah menempuh kepanitraan klinik di RSP FK Universitas Hasanuddin dan RSUD dr. Soetomo Surabaya. Para dokter baru ini juga telah mengikut Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) yang dilakukan secara nasional, serentak di seluruh wilayah Indonesia. Ujian kompetensi ini merupakan exit exam dalam menetukan kelulusan dan kompetensi mereka untuk memperoleh gelar dokter.

Hingga saat ini, jumlah dokter yang diluluskan dari Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura telah bertambah menjadi 309 dokter. Suatu kebanggan bagi kami karena Persentase kelulusan first taker untuk ujian kompetensi kali ini mencapai 78% yang merupakan keluluasan first taker FK Unpatti untuk kelulusan UKMPPD sejak tahun pertama ditahun 2015.

Acara dilanjutkan dengan Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Dokter Baru oleh dekan Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura. Selanjutnya Rektor menyerahkan ke emapat dokter baru lulusan FK Unpatti kepada Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Maluku yang diterima oleh Wakil Ketua IDI Wilayah Maluku dr. M. Saleh Tualeka, Sp.M.

Dekan Fakultas Kedokteran Dr. dr. Bertha Jean Que, Sp.S., M.Kes dalam sambutannya mengatakan saat ini Fakultas Kedokteran Unpatti Melakukan Sumpah dan Pelantikan 4 dokter baru angkatan 25 periode Juli 2022 menambah jumlah lulusan FK Unpatti menjadi 309 lulusan. Semua ini berlangsung tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari semua pihak dalam proses pendidikan. Dekan mengucapkan terimakasih kepada Rektor Universitas Pattimura yang telah memberikan kesempatan kepada keempat dokter baru untuk menyelesaikan pendidikan hingga selesai. Ucapan yang sama juga disampaikan kepada Pemerintah Daerah dan Pemerintah Kabupaten Kota yang selama ini telah mendukung dan berkontribusi terhadap Fakultas Kedokteran sebagai komitmen untuk pengembangan sumber daya manusia Fakultas Kedokteran Unpatti. Dekan juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada rumah sakit jejaring, para kepala pusat kesehatan masyarakat tempat para dokter baru menjalani proses pendidikan hingga selesai, semua pihak dan semua dosen pembimbing serta orang tua yang selama ini memberikan yang terbaik kepada para dokter baru.

Dengan berkembangnnya sistem teknologi yang akan dipakai pemerintah dalam dunia kedokteran untuk memperbudah dokter sekarang ini sehingga diharapkan para dokter baru  tetaplah mengikuti perkembangan teknologi, manfaatkan waktu sebaik mungkin lakukan tugas pelayanan dan pengbdian sebagaimana harus dijalankan sesuai dengan peraturan dari Kementerian Kesehatan yaitu internship dan PTT daerah.

“Selamat kepada keempat dokter baru yang telah selesai menjalankan pendidikan dan boleh menyadang gelar dokter pada nama kalian, ingat ini bukan akhir namun awal perjalanan panjang sebagai seorang dokter dalam melaksanakan tugas pelayanan di tengah masyarakat terkhususnya di Provinsi Maluku.” tutup dekan.

Dikesempatan yang sama Rektor Universitas Pattimura Prof. M. J. Saptenno., SH., M. Hum memberikan apresiasi kepada civitas Fakultas Kedokteran Unpatti yang telah mengukir prestasi dari waktu ke waktu. Melalui prestasi-prestasinya FK Unpatti juga membuktikan kualitasnya tidak kalah dan  mampu bersaing dengan Fakultas Kedokteran terkemuka di Indonesia.

Rektor juga mengatakan pentingnya peningkatan kolaborasi antara pemerintah Provinsi Maluku dan pemerintah Kabupaten Kota melalui dinas kesehatannya dengan Universitas Pattimura terkhususnya FK Unpatti dalam hal memutus mata rantai kemiskinan guna memperkuat layanan kesehatan masyarakat kecil. Tantangan yang sering dihadapi yaitu para dokter baru enggan bekerja di daerah maupun pedalaman  sehingg pemerintah mempunyai peran penting  untuk bisa memberikan ruang bagi para dokter baru dalam pengabdiannya, oleh karenanya rektor berharap IDI wilayah Maluku dan IDI kota dapat memanfaatkan potensi para dokter baru untuk ikut serta dalam memperkuat mutu layanan kesehatan di Provinsi Maluku.

“Selamat bagi para dokter dan orang tua serta para dosen dan tenaga kenedidikan pada FK Unpatti, yang telah berkerja keras hingga saat ini. Selamat berkarya dengan sepenuh hati tanpa memandang materi, biarlah semua dapat bermakna bagi Bangsa dan Negara” tutup rektor.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#PelantikandanSumpahDokterBaruAngkatanKe25FKUnpatti
#beritaunpatti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *