Pembekalan KKN Angkatan XLVIII Gelombang III PSDKU ARU dan MBD

UNPATTI,- Pembekalan bagi mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkayan XLVIII Gelombang III Tahun Akademik 2021/2022 dilaksanakan secara daring , Rabu (13/7). Kegiatan yang mengusung tema “Membangun Desa Melalui KKN” diikuti oleh para mahasiswa dari Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Maluku Barat Daya dan Kabupaten Kepulauan Aru

Ketua Pengelola Mata Kuliah KKN Universitas Pattimura, Dr. S. P. Ritiauw, S.Pd, M.Pd dalam laporannya mengatakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa sekaligus sebagai perwujudan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Mata Kuliah KKN merupakan salah satu mata kuliah wajib sehingga pengelola Mata Kuliah KKN akan terus bersinergi untuk membuat sebuah perubahan guna pencapaian luaran dari implementasi KKN sehingga Universitas Pattimura tetap sejajar dengan Universitas ternama lainya.

Dilaporkan juga bahwa pelaksanaan kegiatan KKN gelombang ke II telah berhasil diselesaikan dan atas inisiatif ketua PSDKU Unpatti pelalsanaan KKN gelombang ke III dikhususkan pada Program Studi Diluar kampus Utama yang berada di Kabupatan MBD dan Kabupaten Kepulauan Aru dengan jumlah  Peserta yang terdaftar yaitu  261 mahasiswa.

Dr. Ritiauw berharap melalui pembekalan ini mahasiswa maupun dosen pendamping dapat mengikuti nya dengan baik dan para dosen pendamping lapangan dapat memanfaatkan setiap sesi dari pembekalan ini sehingga target capaian pembelajaran Mata Kuliah KKN dapat terukur untuk menghasilkan Implementasi program KKN yang lebih baik.

Dikesempatan yang sama mewakili Rektor, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutannya membuka kegiatan sekaligus memberikan materi pembekalan KKN mengatakan dalam kerangka implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka, KKN merupakan  salah satu dari bentuk kegiatan pembelajaran dalam 8  kegiatan pembelajaran MBKM yaitu  membangun desa melalui KKN. Dari pelaksanaan KKN diharapkan mahasiswa dapat mengidentifikasi problematic serta mampu  membuat program untuk memecahkan masalah-masalah yang ada di desa. Beliau juga berharap mahasiswa dapat mengembangkan jiwa kewirausahaan  dan memberikan  pembinaan juga penyuluhan  kepada masyarakat untuk dapat memanfaatkan sumber daya alam guna meningkatkan pendapatan masyarakat.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh :

  1. Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dengan materi “Peran KKN Dalam Membangun Desa”
  2. Dr. D. Malle, S.Pt., M.Sc dengan materi “Menuju Desa Digital”
  3. Dr. Aholiab Watloly, S.PAK., H.Hum dengan materi “Etika Dalam Kehidupan Bermasyarakat”
  4. Yeanchon H Dulanlebit, S.Pd., M.Si dengan materi “Petunjuk Teknis Pelaksanaan KKN Universitas Pattimura”
  5. S. P. Ritiauw, S.Pd, M.Pd dengan materi “Orientasi dan Implmentasi program KKN”.
  6. Kevin Hermanto Tupamahu, SE., M.Sc dengan materi “Evaluasi Pelaporan Dan Luaran KKN”

Hotumese..!!!!

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#PembekalanKKNPSDKU

Leave a Reply

Your email address will not be published.