Pencanangan Dies Natalis Ke-66 Fakultas Hukum

UNPATTI,- Kamis (7/7) Fakultas Hukum Universitas Pattimura melangsungkan Bulan Pencanangan Dies Natalis ke- 66 sekaligus Syukuran Pencapaian Akreditasi Unggul Program Studi Ilmu Hukum di Hall lantai I Fakultas HukumUniversitas Pattimura.

Kegiatan yang mengusung tema “Solidarity For Growth” bermakan  solidaritas untuk berkembang, dengan sub tema Dies Natalis Fakultas Hukum Sebagai Wadah Untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kembali Semangat Solidaritas Sivitas Akademika Fakultas Hukum Universitas Pattimura” dipilih sebagai bentuk rasa syukur untuk kembali bersama meningkatkan rasa solidaritas dan saling berinteraksi satu dengan yang lainnya secara langsung dalam rangkain kegiatan yang sebelumnya dibatasi karena pandemi Covid-19, Demikian yang dikatakan Wijaya Natalia Panjaitan, SH., M.Kn Ketua Panitia Dies Natalis Fakultas Hukum ke-66.

Lanjut dikatakan Dies Natalis Fakultas Hukum ke-66 adalah wadah untuk saling meningkatkan solidaritas untuk berkembang menjadi Fakultas Hukum yang lebih baik, terutama berkembang menjadi semakin maju dan jaya dengan pencapaian Akreditasi Unggul yang diraihnya. Sesuai dengan angka 66, maka Dies Natalis  Fakultas Hukum ke-66  akan mengadakan 66 kegiatan yang tetap didasari oleh Tridharna Perguruan Tinggi yakni 22 bidang Pengabdian dan 23 bidang penelitian yang kedua bidang ini  akan dibagi menjadi 24 sub bidang penelitian dan pengabdian, kemudian 42 kegiatan lain termuat dalam rangkaian kegiatan dalam bidang olahraga, seni dan budaya, aksi social, teknologi digital, serta kompetensi ilmiah.

Ditambahkan juga 66 kegiatan ini akan melibatkan sivitas akademika Universitas Pattimura, alumni Fakultas Hukum dan masyarakat umum. Ada 3 kegiatan dari 66 kegiatan dies natalis yang telah dilakukan sebelum pencanangan yaitu pelatihan Pegiat Hukum dan Ham, Penguatan Kapasitas Paralegal dan Seminar Nasional dan Call For Papers Hukum Pidana. Seluruh rangakian kegiatan Dies Natalis Fakultas Hukum Unpatti akan di tutup dengan malam puncak yang akan di selenggarakan pada tanggal 3 Oktober 2022 mendatang. Ketua panitia berharap sivitas akademika Fakultas Hukum dapat berpartisipasi aktif dalam tiap rangkaian kegiatan Dies Natalis dan bersama merayakannya.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutannya mewakili Rektor Universitas Pattimura mengtatakkan akreditasi unggul yang di peroleh oleh Fakultas Hukum merupakan capaian yang luar biasa , hal ini merupakan bentuk pengakuan terhadap kualitas penyelenggaraan dan tata kelola Prodi ilmu hukum. Akreditasi ‘Unggul’ merupakan peringkat teratas dalam tingkatan akreditasi yang ditetapkan BAN-PT. Dalam hal ini, ‘Unggul’ mengisyaratkan bahwa mutu dan kualitas pendidikan Prodi Fakultas Hukum sudah diakui.

Lanjut dikatakan, dengan pencapaian akreditasi unggul yang diperoleh fakultas hukum, ini menjadi  pemicu bagi prodi-prodi yang lain untuk segera mendapatkan akreditasi unggul yang akan memepengauhi akreditasi institusi. “Syarat utama  satu institusi untuk memperoleh akreditasi unggul adalah minimal 30% prodi disebuah institusi itu harus akredikatsi unggul baru bisa mengusulkan akreditasi institusi untuk memperoleh akreditasi unggul” Ungkap Prof. Lewakabessy.

Beliau juga mengatakan, selain capaian akreditasi unggul yang telah diraih oleh fakultas hukum, Universitas Pattimura juga mendapatkan penghargaan atas capaian Perguruan Tinggi Negeri yang unggul pada Indikator Kinerja Utama (IKU) 7  Kategori PTNBLU. Prof. Leiwakebessy berharap, dengan Dengan seluruh capaian yang diperoleh dapat menjadi motivasi bagi  prodi yang lainnya mendapatkan peringkat “Unggul” untuk peningkatan kualitas penyelenggaraan Prodi.

Dekan Fakultas Hukum Dr. R. J. Akyuwen dalam sambutannya membuka Pencanangan Dies Natalis Hukum ke-66 memberikan apresiasi kepada para tim akreditasi Fakultas Hukum atas kerja keras  dan bimbingan dari  ketua Lembaga Pengembangan, Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Pattimura  Dr . J. Pagaya, M.Kes  sehingga Fakultas Hukum Unpatti memperoleh Akreditasi UNGGUL.

“Pencapaian Akreditasi Unggul yang di peroleh Fakultas Hukum adalah satu  pencapain yang diperoleh Universitas Pattimura, namun pencapaian ini juga sebagai motivasi bagi prodi-prodi yang lain untuk bekerja lebih keras sehingga dapat mencapai target akreditasi Unggul yang merupakan salah satu penunjang meningkatkan reakreditasi Universitas. Fakultas Hukum akan selalu membuka tangan dan akan memberikan bantuan semaksimal mungkin untuk setiap prodi yang ingin mengikuti pencapaian Akreditasi Unggul FH. Mari kita sama-sama mendorong Universitas Pattimura untuk bisa bersaing dengan Universitas ternama yang lain di Indonesia”. Tutur dekan.

“Acara pencanangan Dies natalis ke-66 dengan tema “Solidarity For Growth” dengan 66 kegiatan yang akan dijalankan tetap didasiri dengan Tridharma Perguruan Tinggi yang merupakan penunjang Indikator Kinerja Utama (IKU) Universitas dan diharapkan seluruh rangkaian kegiatan Dies natalis ke-66 Fakultas Hukum dapat berjaan dengan sukses”ungkap dekan.

Kegiatan di tutup dengan pemutaran video pencanangan logo Dies Natalis Fakultas Hukum ke -66 sebagai tanda dimulainya bulan dies natalis yang disaksikan oleh civitas akademika Fakultas Hukum Universitas Pattimura dan tamu undangan lainnya.

Sukses Fakultas Hukum Unpatti “Ad Augusta Per Angusta”

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#beritaunpatti

Leave a Reply

Your email address will not be published.