Peserta Studi Strategis Dalam Negeri – PPRA 16 LEMHANAS Kunjungi Unpatti

UNPATTI,- 32 Orang Peserta Kegiatan Studi Strategi Dalam Negeri (SSDN) Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXIV Tahun 2022 LEMHANAS RI di Provinsi Maluku, mengunjungi Universitas Pattimura, Selasa (5/7). Rombongan diterima oleh Rektor Universitas Pattimura Prof. M. J. Saptenno, S.H., M. Hum dan jajaran pimpinan Universitas di Aula Lantai II Gedung Rektorat.

Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI Mayjen TNI Sugeng Santoso, S.I.P, mendampingi rombongan SSDN PPRA LXIV. Rombongan yang pimpin oleh Irjen Pol Drs. Agus Sukamso, M.Si Tenaga Ahli Pengajar Bidang Kependudukan Lemhannas RI, melaksanakan tatap muka dan berdiskusi dengan pihak Universitas Pattimura. Pada kesempatan itu Rektor Unpatti menyampaikan paparan materi terkait “Beberapa Isu Penting Dalam Dinamika Pembangunan Di Provinsi Maluku“ diskusi di moderatori oleh Prof. Dr. S.E.M. Nirahua, SH., M.Hum.

Kegiatan SSDN merupakan metode pembelajaran dengan melakukan praktik lapangan berupa kunjungan studi strategis untuk mempelajari, memahami dan mengkaji potensi daerah dan berbagai permasalahan yang dihadapi pada daerah yang ditinjau dari aspek Astagatra yakni Geografi, Demografi, Sumberdaya Alam, Ideologi, Politik, ekonomi, Sosial Budaya dan Pertahanan Keamanan dari sudut pandang Ketahanan Nasional, dengan tujuan membekali Peserta PPRA 64 Lemhannas RI suatu pengalaman meneliti secara langsung terhadap berbagai persoalan di daerah melalui kunjungan studi, audiensi, dan diskusi sesuai topik permasalahan yang dipilih.

Kegiatan SSDN PPRA LXIV para peserta dibagi menjadi empat kelompok untuk mengunjungi empat provinsi berbeda, yakni Provinsi Sulawesi Utara, Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Jawa Timur, dan Provinsi Maluku. Melalui kegiatan SSDN PPRA LXIV ini para peserta diharapkan memperolah tambahan wawasan serta pengalaman yang lebih komprehensif baik secara teoritis maupun praktik, memiliki kepekaan serta kepedulian yang tinggi terhadap upaya pemecahan berbagai persoalan bangsa, sehingga dapat meningkatkan kualitas, kapasitas dan kapabilitas kepemimpinan yang menjadi salah satu syarat terwujudnya postur pemimpin yang handal dan professional. Lemhanas menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas dukungan dari instansi yang telah mendukung kegiatan SSDN PPRA LXIV, demikian sambutan Gubernur Lemhanas yang dibacakan oleh Mayjen TNI Sugeng Santoso, S.I.P.

Rektor dalam sambutannya mengatakan SSDN PPRA merupakan kegiatan penting dan Unpatti memberi apresiasi atas kunjungan ini. Lanjutnya Universitas Pattimura dalam melaksanakan kiprah tridarma yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat selalu melakukan kajian-kajian terkait berbagai isu penting di Maluku terutama isu pendidikan yang perlu mendapat perhatian serius dan melalui kajian tersebut unpatti selalu memberi berbagai masukan kepada pemerintah daerah maupun kabupaten/kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published.