SD LABORATORIUM UNPATTI – SISWA DIHARAPKAN MAMPU MELAKUKAN RISET

“Berani, Sopan dan Cerdas adalah Motto SD Laboratorium Unpatti.  Motto ini memiliki arti siswa  akan ditempa untuk  berani menghadapi tantangan, berani untuk mengemukakan pendapatnya dan juga harus berani menampilkan hal terbaik yang mereka punya, memiliki karakter yang baik dan sopan serta siswa nantinya diharapkan mampu mengembangkan potensi diri”, Hal ini disampaikan Kepala SD Laboratorium Unpatti Elsinora Mahananingtyas, S.Pd, M.Pd

Penerapan kurikulum 2013 dengan memasukan unsur-unsur pembelajaran berbasis riset dan Merdeka Belajar diterapkan dalam pembelajaran pada SD Laboratorium Unpatti. “Di kelas 1 siswa diajarkan untuk melakukan riset sederhana, misalnya menggunakan alat timbang yang tidak baku yang dibuat oleh siswa dan guru di dalam kelas, selanjutnya siswa akan menyimpulkan pada LKPD dan mempresentasikan di depan kelas hasil riset menimbangnya, selain itu siswa SD Laboratorium  mampu menampilkan riset “BAREKENG“ yang lebih memudahkan siswa untuk menghitung secara bersusun dengan cepat”, ujar Elsinora.

Semua guru di SD Laboratorium Unpatti berkualifikasi Stara 2 (S2) yang sesuai dengan bidang mata pelajaran masing-masing. Setiap wali kelas semuanya berkualifikasi S2 Pendidikan Dasar dari Jurusan S1 PGSD dan S2 Pendidikan Dasar (Guru Kelas), sehingga pengelolaan kelas di harapkan mampu memenuhi tantangan zaman dan memenuhi kebutuhan serta karakteristik siswa sekolah dasar yang holistik, dengan mengedepankan mata pelajaran tematik (PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya dan Prakarya, dan PJOK). Siswa SD Kelas 1 dan 2 sudah mulai diberikan mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) dan Bahasa Inggris dengan guru-guru yang kualifikasi Pendidikan S1 dan S2 nya sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Lanjutnya, hal yang wajib dilakukan setiap pagi sebelum memulai mata pelajaran yaitu seluruh siswa melakukan literasi membaca dan menulis, numerasi (berhitung), literasi agama (membaca kitab suci masing-masing agama) dan Literasi Bahasa Inggris yang terjadwal setiap harinya.  Di SD Laboratorium Unpatti ini juga berusaha mengembangkan kurikulum Merdeka Belajar yaitu menerapkan Profil Pelajar Pancasila dengan 6 unsur utama yang dapat dilakukan melalui pembiasaan di kelas maupun di rumah. Melalui Profil Pelajar Pancasila, siswa diajarkan untuk memiliki sikap yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME, mandiri, gotong royong, kreatif, bernalar kritis dan berkebhinekaan global. Melalui hal-hal sederharana para siswa akan menunjukan sikap yang baik, mampu berkerjasama, memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitar,  memiliki kreativitas, inovasi dan memahami kekayaan alam serta keanekaragaman budaya di Maluku dan Indonesia, dan membuka wawasan siswa untuk menguasai lebih dari satu Bahasa dan mengenal budaya negara lain.

Ayo Bersama Wujudkan Siswa Maluku Yang Kreatif dan Inovatif

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#SDLaboratoriumUnpattiSiswaDiharapkanMenampilkanRiset

Leave a Reply

Your email address will not be published.