Seminar Nasional Archipelago Engineering ke-5 FATEK Unpatti

UNPATTI,-  Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, membuka secara resmi pelaksanaan kegiatan Seminar Nasional Archipelago Engineering Ke-5 dengan tema “Inovasi Sains Dan Teknologi Guna Menunjang Pengembangan Industeri Maritim”, Kamis (21/7) secara haybrid.

Ketua Panitia Seminar Nasional Archipelago Engineering ke-5 tahun 2022 Dr. Alfredo Tutuhatunewa, ST., MT dalam laporannya mengatakan seminar nasional ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Dies Natalis Fakultas Teknik yang ke-52. Selain itu kegiatan ini juga sejalan dengan rangkaian road map Visi Universitas yaitu “Terwujudnya Universitas unggul, berkarakter, berbudaya kepulauan tahun 2035” serta pola ilmiah pokok Unpatti yaitu “Bina Mulia Kelautan”. Seminar ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk menambah pengetahuan serta sebagai wadah interaksi ilmiah antara dosen, peneliti, mahasiswa maupun praktisi. Mengingat antusias para peserta yang tinggi dan banyaknya manfaat yang diperoleh maka seminar ini diharpkan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan setiap tahunnya juga melalui seminar ini hal wawasan dan pengetahuan dapat bertambah serta silaturahmi tetap terjalin.

 

Pembicara utama dalam seminar nasional ALE-5 ini yaitu Prof. Ir. Sakti Adji Adisasmita, M.Si., M.Eng.Sc., Ph.D, (Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Hasanudin Makasar) materi yang dibawakan “Optimalisasi Sistim Transportasi Wilayah Kepulauan di KTI”, Prof. Dr-Ing. Suhardjono, M.Sc.(Guru Besar Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sitim Institut Teknologi Sebelas Maret) dengan materi terkait “Pemanfaatan Advance Material untuk Mendukung Teknologi Perkapalan” dan  Alfa Edison llela, ST., M.Sc., Ph.D, (Departement of Nanomaterials and Nanotechnologies Tomsk Polytechnic University) membewakan materi terkait “Aplikasi Nano Technology Dalam Industri Kemaritiman” dan dimoderatori oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Teknik Unpatti. Wulfilla M. Rumaherang, ST, M.Sc, Ph.D. Jumlah artikel yang akan dipresentasikan sebanyak  27 artikel dari berbagai bidang sesuai fokus dan cakupan Seminar ALE 2022. Kelas Paralel dilaksanakan dalam 4 kelas, yang semuanya dilaksanakan secara daring.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Dr. Jantje Tjiptabudy, SH., M.Hum dalam sambutanya mewakili Rektor mengatakan pelaksanaan kegiatan ini untuk memberikan gambaran tentang pengembangan ilmu dan teknologi dibidang Engineering yang dapat dikontribusikan dalam pengembangan ilmu atau industi maritim.

Dr. Tjiptabudy memberikan apresiasi kepada para Keynote Speaker dan berharap  Melalui seminar ini dapat memberikan ruang gagas antara peneliti, praktisi, dunia industri dan pemerintah untuk mengambangkan ide dalam menyelesaikan permasalahan industri maritim terkhususnya dikawasan timur Indonesia.

Wakil Dekan Bidang Akademik Wulfilla M. Rumaherang, ST, M.Sc, Ph.D sebagai moderator menyimpulkan melalui seminar ini ada  inovasi dibidang maritim yang dimulai dari inovasi kebijakan publik oleh pemerintah daerah agar kebijakan publik melalui transportasi terjadi keseimbangan antara demand dan supply dengan cakupan sumber daya kelautan dan industri kelautan, dengan demikian pada bidang ternsportasi terjadi keseimbangan antara barang yang datang dan barang yang keluar. Melalui seminar ini juga diharapkan ada  inovasi dibidang material kelautan yang bertumbuh dengan pesat yang disebut material maju sehingga bidang perkapalan dan bidang teknik kelautan bisa berkembang dengan material baru dan karekteristik yang baru dan harga yang lebih efektif, juga pada bidang kemaritiman ada inovasi dan implementasi dari nano teknologi yang membuat material kelautan jauh lebih maju dan lebih evisien.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#SeminarNasionalArchipelagoEngineeringke-5FatekUnpatti
#beritaunpatti

Leave a Reply

Your email address will not be published.