SMP Laboratorium – Program Pengembangan Berbasis Riset

UNPATTI,- SMP Laboratorium Universitas Pattimura telah siap untuk memasuki  tahun ajaran 2022/2023, dengan memberlakukan  Kurikulum   K13  berbasis  kekhususan  yaitu “K13 berbasis riset yang terinternalisasi dengan kurikulum Merdeka Belajar”  kepada 29 siswanya.  Sekolah yang berdiri pada tanggal 25 Juni 2021 yang lalu, siap membingkai proses pembelajaran yang bermutu dan memaksimalkan berbagai program untuk mengukir prestasi siswa baik dibidang akademik maupun non akademik.

Kepala Sekolah SMP Laboratorium Unpatti, P. M. J. Tuapattinaya, M.Pd menjelaskan selain proses pembelajaran yang dirancang untuk memicu peserta didik  memiliki kemampuan berpikir kritis, kreatif kolaborasi dan komunikatif, berbagai program pembiasaan juga dilaksanakan untuk siswa SMP Laboratorium yakni   Program  Aksi Peduli Lingkungan (APEL) yang terdiri dari kegiatan ; aksi Gerakan Hemat Sampah (GERAHAM), dimana siswa tidak diperkenankan  membawa makanan/minuman kemasan dan melakukan pengolahan sampah untuk menghasilkan produk  sofa botol plastik dan riset pengolahan limbah organik menjadi pupuk dan bahan pangan ;  GO GREEN  berbasis Riset, dengan menggalakan aksi penanaman dan budidaya Sansevieria atau disebut dengan tanaman lidah mertua pada ruang-rauang kelas, halaman sekolah maupun Kampus. Tanaman ini sesuai penelitian memiliki kualitas pembersih udara yang baik dan penyerap radiasi, serta efektif meminimalisir polusi udara di dalam dan di luar ruangan. Selain itu program WISATA RISET, didalamnya ada kegiatan kolaborasi dari beberapa mata pelajaran yang terintegrasi dalam satu judul projek sehingga  siswa belajar sambal berwisata.

Lanjut dikatakan, SMP Laboratorium memiliki juga program Unggulan yakni Bina Prestasi dan Karakter (BISIK), yang terkait dengan potensi dan bakat siswa yang akan di treatment kedalam kegiatan ekskul litersi sains untuk kegiatan olimpiade sains maupun Olympiade Penelitian Seluruh Indonesia, serta lomba terkait lainnya. serta program FERSTA Festival Riset Tahunan, yang merupakan muara publikasi  seluruh produk-produk hasil riset karya siswa dan pentas kreatifitas pada setiap tanggal 25 Juni sebagai moment untuk  memperingati hari dies natalis sekolah.

“seluruh sarana prasarana penunjang pembelajaran  terintegrasi dengan Universitas khususnya untuk pembelajaran yang membutuhkan ruang  Laboratorium seperti laboratorium IPA, Bahasa dan Komputer”. tambahnya.

Tuapattinaya berharap, dengan sumber daya  guru-guru yang berkualitas siswa -siswi pada SMP Laboratorium  “enjoy” dalam mengikuti proses pembelajaran di dalam dan luar kelas dan tidak sekedar  memiki  prestasi unggul di bidang akademik dan non akademik,  tetapi yang lebih penting  adalah memiliki  kualitas karakter & akhlak mulia dalam hubungannya dengan  TUHAN, menghargai pribadinya, sesama, lingkungan serta menghargai bangsa dan negara  sehingga siswa SMP Laboratorium tercetak sebagai  siswa yang cerdas dan berkarakter yang  siap berkompetisi di era 4.0 bahkan memasuki era 5.0.

Siapkan siswa yang cerdas dan berkarakter untuk masa depan bangsa

Leave a Reply

Your email address will not be published.