Welcoming Party Regional Medical Olympiad Tahun 2022 & Puncak Dies ke-14 FK

UNPATTI,-  Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura menjadi tuan rumah penyelenggaraan  Regional Medical Olympiad (RMO). Ajang kompetisi tingkat regional terbesar yang dilakukan oleh Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) Wilayah 4 ini akan berlangsung dari tanggal 11 -14 Juli 2022.

Acara Welcoming Party Regional Medical Olympiad 2022 dengan mengusung tema “THRIVE IN CHALLENGES AND BE A SMART FUTURE DOCTOR”, sekaligus dilangsungkan Perayaan Puncak Dies Natalis ke-14 Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura, dilaksanakan Senin, (11 Juli 2022) bertempat di Ball Room Hotel Santika Premiere Ambon.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum dan dimeriahkan dengan Tari Cakalele, Tari Lenso, Tari Tifa, Pameran Makanan dan Pakaian Khas Maluku, hingga peniupan lilin ulang tahun sebagai puncak Dies Natalais ke-14 Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura.

Ketua Panitia, Iqbal Alaudilah Harahap, dalam laporannya mengatakan, Regional Medical Olympiad adalah salah satu program kerja tahunan besar yang dimiliki oleh Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) Wilayah 4 dibawah Bidang Pendidikan Profesi atau Medical Education and Profession (MEP), yang merupakan program olimpiade bergengsi untuk menuju international Indonesia and Medical Olympiad (IMO).

Dikatakan pula, Tahun ini merupakan tahun ke-4 dilaksanakannya RMO dimana Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura (FK Unpatti) dipercayakan menjadi tuan rumah. Kegiatan ini diikuti oleh 24 Institusi Perguruan Tinggi yang berada di ISMKI Wilayah 4 dengan total peserta 190 orang yang terdiri dari 95 tim dan juri sebanyak 18 orang. Ditambahkannya, 24 Institusi Perguruan Tinggi tersebut yaitu :

  1. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  2. Universitas Islam Malang
  3. Universitas Brawijaya
  4. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  5. Universitas Airlangga
  6. Universitas Surabaya
  7. Universitas Muhammadiyah Surabaya
  8. Universitas Hang Tuah Surabaya
  9. Universitas Pendidikan Ganesha
  10. Universitas Udayana
  11. Universitas Warmadewa
  12. Universitas Islam Al-Azhar
  13. Universitas Mataram
  14. Universitas Nusa Cendana
  15. Universitas Sam Ratulangi
  16. Universitas Tadulako
  17. Universitas Bosowa Makassar
  18. Universitas Hasanuddin
  19. Universitas Muhammadiyah Makassar
  20. Universitas Muslim Indonesia
  21. Universitas Halu Oleo
  22. Universitas Pattimura
  23. Universitas Khairun
  24. Universitas Papua

“Proses tahapan seleksi dimulai dari Babak Penyisihan, Semifinal dan Final. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 12 – 14 Juli 2022, dan ditanggal 24 Juli nanti akan berlangsung Talkshow dan City Tour”, tutupnya.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FK Unpatti, Agung Jaya Pratama dalam sambutan mengatakan, Badan Eksekutif Mahasiswa merupakan organisasi independent yang berada di Fakultas Kedokteran Unpatti dengan menaungi beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) seperti Tim Bantuan Medis (TBM), Asian Medical Student Association (AMSA), Seni Musik dan lainnya. Lanjutnya, Ketua BEM FK Unpatti juga mengucapkan terimakasih kepada para jajaran ISMKI Wilayah 4 yang memberikan kesempatan bagi FK Unpatti menjadi tuan rumah RMO 2022. “Hari ini juga FK Unpatti berulang tahun yang ke-14, berharap FK Unpatti dapat mengembangkan bakat dan potensi dari tahun ke tahun, baik dibidang akademik maupun non akademik”.

RMO merupakan salah satu ajang kompetisi tingkat regional ISMKI wilayah 4 dimana harapannya selain menjadi ajang kompetisi, tetapi juga menjadi ajang silahturahmi. Hal ini disampaikan Vice Regional Coordinator Project Development, Ilham Ahmad Afrizal dalam sambutan. “menang ataupun kalah adalah hal yang biasa dalam berkompetisi, namun pengalaman adalah hal yang luar biasa “ tutupnya

Kesempatan yang sama, Dekan FK Unpatti, Dr. dr. Bertha J. Que, Sp.S, M.Kes mengatakan, RMO merupakan suatu ajang untuk pengembangan diri, mengasah wawasan tetapi juga dapat meningkatkan prestasi mahasiswa. “Tahun ini FK Unpatti dipercayakan menjadi tuan rumah penyelenggaraan RMO. Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi kami dalam melaksanakan RMO karena mengingat situasi pandemi yang belum berakhir dan pelaksanaan kegiatan akreditasi yang akan dilaksanakan, namun event ini  dirasa perlu dilakukan agar mahasiswa belajar bagaimana menghadapi dan melaksanakan suatu event nasional “ ujarnya.  Dalam pelaksanaan event dan sekalgus puncak Dies Natalis ke 14 ini, Dekan berharap adanya sinergi positif yang saling mempengaruhi dalam pelaksanaan event ini agar mahasiswa mengetahui kelebihan dan kekurangan serta menjadi ajang pengembangan diri kedepan.

“Regional Medical Olympiad atau RMO merupakan suatu event penting dimana mahasiswa kedokteran  berlomba untuk memperlihatkan kemampuan dalam bidang kedokteran dan ini adalah hal positif”, ungkap Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum dalam menyampaikan sambutan. Rektor juga menjelaskan keberadaan Universitas Pattimura dan julukannya sebagai Kampus Orang Basudara.

Rektor mengatakan, dengan diadakannya RMO 2022 dan tema yang diangkat saat ini tentunya menjadi tantangan tersendiri di bidang kedokteran. Universitas Pattimura memiliki motto HOTUMESE yang artinya berkembang dalam tantangan. “Dalam kondisi apapun harus berkembang walaupun dengan kondisi geografis dan lainnya yang menantang di wilayah Maluku tetapi bagaimana kita mencoba berkembang dalam tantangan, sehingga lulusan Fakultas Kedokteran Unpatti pun tersebar di pulau-pulau terpencil untuk melayani masyarakat, karena ini merupakan salah satu program pengembangan di Fakultas Kedokteran Unpatti”, ujar Prof Saptenno.

Pesan rektor bagi para peserta agar dapat berlomba dengan baik tanpa ada perbedaan, sehingga kompetisi ini dapat berjalan dengan baik. Rektor berharap agar penilaian yang diberikan harus bersifat objektif sehingga para peserta pun bangga atas hasil perjuangan yang mereka dapatkan. Rektor memberi apresiasi semua peserta dan apresisi kepada dekan dan jajaran serta  panitia pelaksana atas terselenggaranya kegiatan ini.

Turut hadir Dekan Fakultas Hukum, Dr. Rory J. Akyuwen, S.H, M.Hum., Ketua LPPM Unpatti, Prof. Dr. Dominggus Malle, M.Sc., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas ISIP Unpatti., para wakil dekan dalam lingkup Fakultas Kedokteran Unpatti, Wakil Sekretaris Bidang Pengembangan ISMKI Wilayah 4., Ketua DPMF Fakultas Kedokteran Unpatti dan tamu undangan lainnya.

Dirgahayu Fakultas Kedokteran ke-14

Selamat Berlomba dan Junjung Tinggi Sportivitas Peserta RMO Tahun 2022

Hotumese…!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.