Workshop Kewirausahaan Program Mahasiswa Wirausaha

UNPATTI,- Tingkatkan motivasi mahasiswa dalam berwirausaha, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Pattimura menyelenggarakan “Workshop Kewirausahaan Program Mahasiswa Wirausaha” berlangsung di Aula Lantai II Rektorat, Kamis (21/7).

Workshop Kewirausahaan Program Mahasiswa Wirausaha merupakan bagian dari strategi pendidikan kewirausahaan Universitas Pattimura untuk memfasilitasi para mahasiswa yang mempunyai minat wirausaha dan memulai usaha dengan basis ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan tujuan untuk menumbuhkan wirausahawan baru yang berpendidikan tinggi dan memiliki pola pikir pencipta lapangan kerja, berjiwa bisnis (sense of busines) yang berani untuk memulai mengembangkan usaha didukung dengan modal yang diberikan dan pendampingan secara terpadu serta  membekali para mahasiswa dengan kemapuan bisnis seperti : perencanaan dan strategi bisnis, kemapuan melihat peluang bisnis juga aplikasinya,serta mendorong terbentuknya model pendidikan atau pembelajaran kewirausaan di Perguruan Tinggi.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Jusuf. Madubun, M.Si dalam laporannya mengatakan, Universitas Pattimura melalui Bidang Kemahasiswaan dan Alumni setiap tahunnya memberikan kesempatan kepada para mahasiswa dalam bentuk kelompok untuk berlatih menjadi wirausahawan muda dan turut mendukung kebijakan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yaitu Program Merdeka Belajar melalui Workshop Kewirausahaan bagi Mahasiswa yang bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri menjadi calon entrepreneur.

Lanjut dikatakan, Universitas Pattimura telah menyesuaikan kurikulum MBKM sehingga melalui kegiatan wirausaha mahasiswa akan memiliki kesempatan mengasah jiwa kewirausahaan, serta mendorong peningkatan pengalaman wirausaha mahasiswa yang dapat diakui dan nantinya dapat disetarakan dalam bentuk Satuan Kredit Semester (SKS). Di tahun 2022 Universitas Pattimura telah menyiapakan  modal usaha sebesar Rp. 200.000.000 kepada kelompok usaha yang beranggotakan 3-5 orang dengan modal Rp. 5.000.000-Rp.10.000.000 perkelompok. Dr. Madubun berharap kegiatan ini dapat memberikan motivasi bagi mahasiswa untuk memiliki jiwa berwirausaha, sehingga kedepannya mampu membuka lapangan pekerjaan baru.

Rektor Universitas Pattimura yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Dr. Jantje Tjiptabudi, SH., M.Hum dalam sambutannya memberikan motovasi lewat cerita kepada mahasiswa tentang bagaimana kelompok masyarakat etnis cina yang minoritas namun dapat menguasai ekonomi Indonesia. Ia mangatakan prinsip utama dari sorang wirausaha yaitu jangan besar pasak dari pada tiang dimana sikap konsumtif yang berlebihan, tanpa memikirkan pendapatannya. Seorang Wirausahaan harus membangun dirinya untuk bekerja keras,tekun, disiplin dan berkomitmen. Tidak jadikan program kewirausahaan ini sebagai tambahan pendapatan, tetapi jadikanlah program ini sebagai tempat pembelajaran serta bagian dari masa depan dan “ Jangan hanya jadi penonton tapi jadilah pemain yang terus berjuang “ tutupnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni serta diikuti oleh para mahasiswa. Menghadirkan para pemateri yakni Dr. Jusuf Madubun, M.Si selaku Wakil rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni dengan materi Kewirausahaan Sebagai Pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)., Etvin R. Tamher, SE, M.Si  dengan materi Tantangan dan Peluang sukses Berwirausaha., dan Dr. Raden Ayu A. Asnawi, SE., M.Si dengan materi Strategi Pemasaran Bisnis Dalam Meningkatkan Daya Saing Wirausaha Mahasiswa.

Jadilah wirausahawan muda yang mampu menciptakan peluang kerja baru.

#UniveristasPattimura
#HumasUnpatti
# WorkshopKewirausahaanProgramMahasiswaWirausaha


Leave a Reply

Your email address will not be published.