126 Lulusan Fakultas Teknik di Yudisium

UNPATTI,- Fakultas Teknik Universitas Pattimura melaksanakan Yudisium dan Penggelaran Lulusan Sarjana Periode Agustus 2022, di Lantai 2 Aula Rektorat Universitas Pattimura, Senin (29 Agustus 2022).

Dasar pelaksanaan Yudisium dan Pegelaran Sarjana hari ini sesuai dengan Keputusan Dekan Fakultas Teknik Universitas Pattimura Nomor : 367/UN13.1.6/SK/2022 Tentang Yudisium Dan Penggelaran Lulusan Sarjana Tahun 2022 Bagi Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pattimura Yang Telah Mengikuti Ujian Sarjana Periode Agustus 2022.

Kegiatan Yudisium tersebut dihadiri Prof. Eddy Ariyono Subroto, Ph.D selaku dosen ITB, senat Fakultas Teknik, Universitas Pattimura, Tenaga Kependidikan, para Koordinator dan Sub Koordinator dalam lingkup Fakultas Teknik Unpatti, orang tua/wali lulusan dan rohaniawan.

Lulusan dengan Predikat Pujian atau CUMLAUDE diberi Penghargaan untuk dikukuhkan terlebih dahulu oleh Dekan Fakultas Teknik, Dr. Pieter Th. Berhitu, S.T, M.T, masing-masing :

  1. Ninsi H. Rumaherang, S.T, Program Studi Teknik Industri, IPK 3,55
  2. Siti Aminah Amaliyah Huat, S.T, Program Studi Teknik Industri, 3,52

Mewakili Lulusan, Ninsi H. Rumaherang mengatakan, kebanggaan terbesar yang dimiliki adalah ketika kami menjadi bagian dari Fakultas Teknik Universitas Pattimura, hingga berhasil mendapatkan gelar sarjana disaat ini.

Ninsi berharap, kiranya kami dapat berguna kelak di masyarakat dan instansi tempat kami bekerja. Disamping itu juga semoga kami sebagai lulusan Fakultas Teknik Universitas Pattimura dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, sesuai dengan bidang ilmu masing-masing.

Dekan Falkultas Teknik, Dr. Pieter Th. Berhitu, S.T, M.T dalam sambutan mengatakan hari ini telah dikukuhan 126 lulusan Fakultas Teknik dengan gelar Sarjana Teknik (ST) sebanyak 115 dan 11 Sarjana Perencanaan Wilayah dan Kota (SPWK). Selain itu, salah satu upaya pengembangan sumberdaya manusia Fakultas Teknik adalah melahirkan lulusan tepat pada waktunya.

“Hari ini kita mempunyai 2 lulusan terbaik atau dengan predikat Pujian “Cumlaude” dari Jurusan Teknik Industri. Hal ini berarti bahwa bukan hanya kolaborasi antara ketua jurusan dan ketua program studi tetapi juga para dosen maupun tenaga kependidikan yang telah berhasil membawa lulusan Fakultas Teknik untuk diwisudakan pada periode Agustus 2022”, ujar dekan.

Beliau menambahkan, perjuangan orangtua tentunya menjadi pilar penting bagi perjalanan para lulusan untuk meraih masa depan. Fakultas Teknik tentunya akan berproses untuk melakukan perbaikan akademik sehingga nantinya para mahasiswa dapat lulus tepat pada waktunya. Perjuangan para lulusan saat ini belum berakhir, akan tetapi ini merupakan langkah awal yang harus ditempuh untuk mencapai sebuah kesuksesan.

Dekan berharap ketika para lulusan telah meraih kesuksesan, jangan pernah melupakan almamater Fakultas Teknik Universitas Pattimura.

“Jangan pernah takut untuk memulai dan teruslah berjuang untuk meraih masa depan, karena anda sudah memiliki modal dasar ilmu yang selama ini didapat dalam perkuliahan di Fakultas Teknik Universitas Pattimura”, tutup Dr. Berhitu

Mewakili Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy dalam sambutannya mengatakan, input, process, output, outcome dan impact adalah 5 aspek pengembangan institusi yang penting. Siklus pengembangan manajemen perguruan tinggi harus di maknai mulai dari persiapan input, proses yang berlangsung dengan baik, serta output yang dihasilkan memiliki kualitas yang diharapkan 80 % lulusan bisa mendapatkan pekerjaan dan melanjutkan studi, berwirausaha maupun mampu menciptakan pekerjaan sesuai dengan bidang ilmu dan akhirnya berdampak baik  bagi diri sendiri maupun pengembangan institusi.

“Menjadi seorang sarjana bukan berarti anda berhenti belajar, tetapi merupakan sebuah langkah awal untuk anda mulai mengaplikasikan hasil belajar ditengah masyarakat dan dalam dunia kerja yang nantinya anda tekuni” belaiu berharap, lulusan fakultas teknik harus memiliki kompetensi dan keterampilan kerja yang baik sehingga nantinya mampu bersaing didunia kerja dan mampu berinovasi untuk menciptkan lapangan kerja.

Selamat dan Sukses Sarjana Baru Fakultas Teknik Universitas Pattimura.

Leave a Reply

Your email address will not be published.