96 Lulusan FAPERTA Unpatti di Yudisium

UNPATTI,- Fakultas Pertanian Universitas Pattimura melaksanakan  Yudisium Dan Panggelaran Lulusan terhadap 96 lulusan dalam rangka wisuda periode Agustus 2022  di Aula Lantai III Gedung Fakultas Pertanian Unpatti, Jumat (26/8).

Acara Rapat Terbuka Luar Biasa Senat Fakultas Pertanian Universitas Pattimura Dalam Rangka Yudisium Dan Panggelaran Lulusan Sarjana Periode Agustus Tahun 2021 ini dibuka oleh Ketua Senat Fakultas Pertanian Prof. Dr. I. Rafael M. Osok, M.Sc, dilanjutkan dengan Pembacaan Surat Keputusan, Pengukuhan Lulusan oleh Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir. A. E. Pattiselano, M.Si, Penyerahan Lulusan dari Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Alumni kepada Ketua Ikatan Alumni Fakultas Pertanian (IKAFATANI) dan penyerahan Kartu Alumni dari Ketua IKAFATANI kepada perwakilan lulusan.

12 orang lulusan dengan predikat cumlaude dicapai oleh:

  1. Nining Purwokanti, S.TP, –  IPK 3,90
  2. Brytainer A. Tualena, S.TP, – IPK 3,84
  3. Miftahul Jannah, S.TP, – IPK 3,77
  4. Amelia Katrin Heatubun, S.TP, – IPK 3,86
  5. Eli Desta Girsang, SP, – IPK 3,73
  6. Agustina Widiyanti, SP, – IPK 3,74
  7. Fristnoeleyn Elizabeth Maukary, SP, – IPK 3,76
  8. Siti Fatila Umarella, SP – IPK 3,77
  9. Jamelin Maria Talakua, SP – IPK 3,86
  10. Pangeran Michael Sihaloho, SP – IPK 3,77
  11. Lisa Claudya Silooy, SP – IPK 3,85
  12. Yudea Desviera Doodoh, SP – IPK 3,87

Mewakili Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy dalam sambutannya mengatakan mutu di setiap institusi pendidikan ada 5 aspek yang menjadi perhatian Input, Proses, Output ,Outcome dan Impact atau dampak terhadap institusi. Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, harus menjadi Indikator dalam pelaksanaan kurikulum pada setiap prodi, oleh karenanya Prof. Leiwakabessy berharap kedepan fakultas pertanian diharapkan menjadi fakuktas yang  unggul di bidang pertanian, peternakan, serta kehutanan dengan perkuat basis pada laboratoorium yakni laboratorium learning, laboratorium riset dan laboratorium uji.

Prof Leiwakabessy berharap para lulusan yang 90 % penelitiannya ada di Desa, memaknai hal tersebut sebagai kesempatan untuk membangun daerahnya dan menciptakan lapangan pekerjaan dengan kemampuan yang dimiliki.  “indikatornya sederhana, apabila anda berhasil melakukan usaha dibidang pertanian dalam 3 bulan pertama setelah kelulusan, anda sebenarnya telah membuktikan bahwa anda bisa”, ujarnya.

Fakultas ini adalah rumah kedua bagi kami, berangkat dari berbagai kekuatan, niat dan tujuan. Empat tahun yang lalu kami beriringan bersama menapak halaman gedung fakultas ini, tempat yang diyakini menjadi tempat untuk menjadi pribadi yang tangguh sebagai penerus bangsa yang siap mengabdi demi keberlangsungan mata rantai kehidupan di negeri ini. “Di Fakultas inilah kami menimba ilmu hingga akhirnya saat ini kami bisa berkumpul sebagai calon wisudawan dan wisudawati FAPERTA Unpatti. Tepat di hari ini kami menyelesaikan tugas kami sebagai mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Pattimura” ungkap Nining Purwokanti, S.TP saat menyampaikan kesan dan tekad lulusan mewakili para lulusan.

“kami bertanggung jawab moral atas gelar yang disematkan bersama dengan nama kami. Perolehan gelar bukanlah akhir dari proses menuntut ilmu, namun sebagai jembatan bagi kami dalam melewati lautan ilmu pengetahuan.  Kami tegak menatap masa depan, kami tak gentar untuk melangkah dan bersaing dengan ribuan sarjana-sarjana karena di kampus inilah kami belajar untuk mampu berdikari secara mandiri. Semoga apapun yang kami lakukan kelak kami dapat menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain serta tidak menjadi pribadi yang matrialistik” tutur Nining.

“Saat ini kita patut bersyukur dan berbahagia karena Fakultas Pertanian telah menghasilkan kembali 96 lulusan dan diantaranya 12 lulusan dengan predikat pujian karena berhasil menyelesaikan studi kurang dari 4 tahun atau tepat waktu 4 tahun dengan Indeks Prestasi yang Tinggi” ungkap Ketua Senat Fakultas Pertanian Prof. Dr. I. Rafael M. Osok, M.Sc, dalam sambutannya.

Prof. Osok berharap kepada para lulusan untuk selalu menjaga nama baik almamater Fakultas Pertanian Unpatti, “dimanapun kalian berada dan dalam kegiatan apapun jangan menodai nama baik almamater sehingga dapat merugikan almamater dan masyarakat luas”.  Lulusan juga diajak untuk bergabung dengan Ikatan Alumni Fakultas Pertanian Unpatti sebagai bentuk rasa kebersamaan sesama alumni dan kedepannya jangan segan-segan untuk bekerjasama dengan FAPERTA Unpatti dalam upaya pengembangan pertanian di wilayah Maluku.

Prof. Osok mendorong para lulusan baru untuk dapat melanjutkan studinya pada program megister yang dimiliki Fakultas Pertanian, yaitu Prodi Pengelolaan lahan, Ilmu Pertanian, Agribisnis dan Kehutanan.

Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir. A. E. Pattiselano, M.Si dalam sambutannya mengatakan FAPERTA Unpatti telah tumbuh sebagai institusi yang banyak menyumbang pemikiran strategis dan karya yang besar peranannya dalam pembangunan nasional, moral dan peningkatan daya saing bangsa, terlebih khusus di wilayah Kepulauan Provinsi Maluku. Untuk waktu yang panjang FAPERTA diharapkan menjadi satu institusi pendidikan tinggi yang menjanjikan untuk masa depan yang lebih baik, serta mendukung tercapainya visi dan misi universitas Pattimura melalui system Badan layanan Umum (BLU) yang sudah dilaksanakan tiga tahun terakhir.

Lanjut dikatakan untuk mempersiapkan kemampuan bersaing mahasiswanya di pasar kerja FAPERTA telah melakukan berbagai krjasama yang implementasinya dalam bentuk magang dan penelitian mahasiswa maupun dosen pada beberapa institusi pemerintah dengan harapan mahasiswa, alumni dan dosen bukan saja memiliki pengetahuan teori tetapi juga trampil menghasilkan teorinya dalam praktek nyata. “Hal ini menjadi basis knowledge based economy, mengembangkan ekosistem yang sehat antara universitas, industri dan pemerintah, juga meningkatkan aktivitas industri”, ungkap Prof. Pattiselano.

Para lulusan diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja untuk diri sendiri dan orang lain, hal tersebut merupakan upaya untuk mendukung program pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka, mendorong pencapaian Indeks Kinerja Utama (IKU) Dosen dan Program Studi, Jurusan, Fakultas dan akhirnya Universitas, serta tercapainya Akreditasi Program Studi yang unggul. Diharapkan juga Fakultas Pertanian mempunyai potensi kedepan yang tidak terbatas untuk mencapai masa depan yang lebih baik bagi Maluku dan Indonesia. “Selamat bagi 96 lulusan beserta keluarga termasuk Ikatan Alumni dengan capaian kemajuan Fakultas Pertanian sampai saat ini terkhususnya kepada 12 lulusan atas prestasi yang sudah dicapai dengan harapan selain bekerja secara mandiri juga dapat melanjutkan studi ke jenjang Magister–S2, sehiangga nantinya dipersiapkan sebagai calon-calon tenaga pendidik di fakultas ini” tutup Dekan

Kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid diikuti oleh para ketua dan sekertaris prodi, para ketua dan sekretaris jurusan, para dosen,  para tenaga kependidikan dalam lingkup FAPERTA Unpatti serta para orang tua lulusan.

Selamat bagi para lulusan. HOTUMESE!!!!.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#96LulusanFAPERTAUnpattiDiYudisium
#beritaunpatti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *