Grand Opening Festival Beta Pancasila

UNPATTI,-  Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unpatti menyelenggarakan Grand Opening Festival Beta Pancasila di Gedung Student Center FKIP Unpatti, Kamis (18/8).

Kegitan yang mengusung tema “Bumikan dan Lestarikan” di hadiri oleh Rektor Institut Agama Kristen Negeri Ambon, pejabat Universitas Kristen Indonesia Maluku, para Dekan dalam lingkup Universitas Pattimura, para wakil dekan, para ketua prodi, para ketua jurusan dan tenaga fungsional dalam lingkup FKIP Unpatti, ketua pemuda pancasila,  para kepala sekolah SMA se-Provinsi Maluku dan diikuti oleh mahasiswa, siswa SMA se-Provinsi Maluku dan masyarakat umum.

Ketua Panitia Dr. Henry Marijes. Sopacua, S.Pd, SH, MH dalam laporannya mengatakan kegiatan Festival Beta Pancasila yang di gagas Prodi PKN merupakan rangkaian kegiatan Dies Natalis Prodi PKN yang ke-38. Sebagai prodi yang paling tua, Prodi PKN ingin menjadi bagian penting secara integrative dalam FKIP untuk membangun Universitas Pattimura.

Lanjut dikatakan kegiatan ini mengagendakan  Lomba Pemilihan Putra-Putri Pancasila Maluku Kategori SMA, Katagori Mahasiswa Bagian Timur Indonesia (Regional IV) dan masyarakat umum,  Lomba Bertutur Pancasila Sakti dan Lomba Beta Pancasila yang di selenggarakan dari tanggal 18-20 Agustus 2022 dan nantinya  puncak acara akan ada penganugerahan Bintang Pancasila Sakti kepada Putra-Putri Pancasila Tingkat Maluku oleh Ketua MPR RI yang rencananya akan diselenggarakan pada tanggal  1 Oktober 2022 tepat di hari Kesaktian Pancasila.“Momentum Pancasila merupakan inspirasi dalam penyelenggaraan event Festival Beta Pancasila saat ini dan dengan segala keterbatasan, kami mencoba melakukan hal–hal yang baik bagi fakultas, universitas, provinsi dan negara ini” ungkap Dr. Sopacua.

“Ide dan gagasan event ini diharapkan dapat menginspirasi semua orang bagaimana tanggungjawab untuk membumikan dan melestarikan ideologi pancasila, dan sebagai visi dari event ini yaitu mewujudkan pancasila adalah beta,  pancasila harus dimulai dari diri, keluarga dan lingkungan,  kita harus menjadi penggerak, pejuang dan pelopor untuk melestarikan pancasila, karena pancasila sebagai dasar negara harus terus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari ” tutur Dr. Sopacua.

Gelaran kegiatan Festival Beta Pancasila mendapat apresiasi dari Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prof. Dr. Izaak Wenno, S.Pd., M.Pd yang disampaikan saat membawakan sambutannya. “Saya menyampaikan apresiasi kepada panitia walaupun dalam  waktu yang singkat penyelenggaraan Festival Beta Pancasila ini dapat terselenggara dengan baik” ujarnya.

Dekan juga menyampaikan terima kasih atas kehadiran dari undangan dan partisipasi dari SMA se Maluku,  Mahasiswa dan semua peserta dalam mengikuti event yang luar biasa ini. Lewat tema yang diusung “Bumikan dan Lestarikan” dekan berharap event ini akan terus di laksanakan setiap tahunnya,  karena melalui kegiatan ini para generasi muda Maluku dapat menumbuhkan nilai-nilai pancasila didalam dirinya.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Fredy. Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan mengatakan Festival Beta Pancasila merupakan upaya untuk menanamkan nilai Pancasila sebagai bagian dari pembentukan karaketer warga kampus dan siswa  yang pancasilais. Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Kurikulum Merdeka pada jenjang SD, SMP dan SMA berorientas pada pembentukan profil pelajar pancasila dengan 6 karakter yang harus di bentuk yakni, beriman bertakwa pada Tuhan yang Maha dan Esa, berakhlak mulia, berkebinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif yang membantu anak-anak Indonesia tumbuh menjadi generasi yang cerdas dan berkarakter. Belaiu berharap, Festival Beta Pancasila dapat membentuk karakter profil pelajar pancasila dan menanamkan nilai-nilai pancasilais. ditambahkan pula, melalui Festival Beta Pancasila dapat menunjang upaya akreditasi unggul Perguruan Tinggi, akreditasi prodi unggul, dan pencapai IKU Institusi.

#UniveristasPattimura
#HumasUnpatti
#GrandOpeningFestivalBetaPancasila
#beritaunpatti

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.