Indonesia dan Dinamika Dunia – Kuliah Umum Politik Luar Negeri Kemenlu RI

UNPATTI,- Bertempat di Aula lantai II Gedung Rektorat Universitas Pattimura, Universitas Pattimura bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri RI menyelenggarakan Kuliah Umum Politik Luar Negeri RI bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, secara hybrid serentak di 37 provinsi, Jumat (22/8).

Kegiatan yang mengusung tema “Indonesia Dan Dinamika Dunia” menghadirkan narasumber, Dicky Komar (Diplomat Ahli Madya Direktorat HAM dan Kemanusiaan) dengan materi: Indonesia Dengan Dinamika Dunia., dan Dr. Ir. Udrekh, SE., M.Sc (Direktur Pemetaan dan Evaluasi Resiko Bencana BNPB) dengan materi : Tindak Lanjut Global Platform For Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 dan Identifikasi Tantangan dan Way Forward Pengurangan Resiko Bencana di Provinsi Maluku.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Jusuf Madubun, M.Si dalam sambutannya sekaligus membuka Kuliah Umum mengucapkan terima kasih kepada pihak Kementerian Luar Negeri atas gagasan penyelenggaraan kuliah umum di Universitas Pattimura .

“Indonesia diharapkan berperan dalam mewujudkan keseriusan mengurangi resiko bencana khususnya dalam konteks perubahan iklim dan pandemic covid 19, dimana beberapa waktu yang lalu Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggara  Global Platform For Disaster Risk Reduction. Hal ini harus menjadi semangat yang harus dimiliki Indonesia untuk menunjukan perannya dalam menyampaikan pengalaman terkait berbagai bencana yang dialami oleh Indonesia. Bahwa komunikasi dan koordinasi dengan semua pemangku kepentingan seperti pemerintah, PBB, organisasi dan institusi internasional, lembaga swadaya masyarakat, ilmuan atau akademisi dan stake holder lainnya sangat penting untuk merumuskan panduan yang strategis, menghadapi bencana alam dan membangun  sistem yang lebih kuat untuk mengelola semua jenis risiko bagi pembangunan yang berkelanjutan”, tutur Dr. Madubun.

Dr. Madubun juga berharap, dengan adanya kegiatan ini mahasiswa dapat  memahami tentang Indonesia dan Dinamika Dunia tetapi juga tentang strategi dan peran kita selaku sivitas akademika terkait pengurangan  resiko bencana lebih khusus bagi kita di Maluku yang sangat rentan terhadap bencana alam.  Semoga apa yang disampaikan para narasumber akan memperkaya pengetahuan dan pemahaman kita bersama.

Dr. Madubun juga menyampaikan selamat ulang tahun ke-77 Kementerian Luar Negeri. Disampaikan juga kerjasama yang telah dibangun antara Kementerian Luar Negeri dan Universitas Pattimura dapat ditingkatkan lagi selain dibidang pendidikan juga dibidang riset dengan harapan kerjasma ini terus berlanjut dengan baik.

Dikesempatan yang sama melalui ruang zoom, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyapa secara virtual dan serentak para peserta diberbagai Universitas di Indonesia yang mengikuti kegiatan ini dan mengatakan bahwa peringatan hari kemerdekaan yang baru saja dilaksanakan pada 17 Agustus 2022 merupakan momentum refleksi sekaligus moment untuk memperteguh komitmen kebangsaan sehingga  akan lebih  baik jika kita dapat melihat kondisi dunia saat ini, tantangan yang kita hadapi bersama dan bagaimana posisi Indonesia di tengah dunia, dan apa yang dapat dilakukan agar Indonesia tetap menjadi bangsa yang terhormat dan bermartabat.

Selain menyemarakan hari Kemerdekan RI, kuliah umum politik luar negeri dilaksanakan sebagai rangkaian hari ulang tahun Kementerian Luar Negeri RI ke-77. “Seluruh Direktur Jenderal, Staff Ahli maupun Direktur Kementerian Luar Negeri ditugaskan ke seluruh Provinsi untuk bersilaturahmi dan memberikan kuliah umum mengenai politik luar negeri Indonesia,” ungkap Retno.

Kegiatan ini diikuti oleh, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, serta mahasiswa Universitas Pattimura.

#UniversitasPattimura
#HumasUnaptti
#beritaunpatti

Leave a Reply

Your email address will not be published.