Pencanangan Dies Natalis ke-40 FPIK

UNPATTI,- Pencanganan Dies Natalis ke-40 Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura dengan tema “Mengembangkan Kreativitas dan Inovasi Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Menuju Era Society 5.0”, Rabu (10 Agustus 2022).

Pencanangan ini diawali dengan Senam Sehat yang diikuti oleh Sivitas Akademika dan Tenaga Kependidikan dalam lingkup FPIK.

Ketua Panitia, Dr. Ir. Y. Masrikat, M.Si dalam laporannya mengatakan, ada beberapa rangkaian kegiatan dalam rangka Dies Natalis ke-40 FPIK yaitu :

  1. Pelatihan penulisan artikel pada jurnal dan pengelolaan jurnal (kiat-kiat menuju akreditasi).
  2. Donor darah dan vaksin
  3. Pengabdian kepada masyarakat
  4. Temu alumni secara luring, daring dan hybrid
  5. Acara Puncak Dies Natalis

Dr. Masrikat juga mengatakan, adapun lomba-lomba di Bidang Akademik dan Non Akademik antara lain :

  1. Bidang Akademik
  • Menulis Karya Ilmiah
  • Debat Bahasa Inggris
  • Bertutur
  • Membuat Video Pendek
  • Kreativitas dan Inovasi
  1. Bidang Non Akademik
  • Nyanyi Tunggal
  • Penaliti Kick
  • Mengolah Pangan Laut

Beliau berharap, akhir dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan sumberdaya perikanan dan kelautan.

Sementara itu, Dekan FPIK, Dr. Y. Lopulalan, M.Si dalam sambutannya mengatakan, tema yang diangkat ini merupakan tantangan kreativitas dan inovasi di era society 5.0 dimana masyarakat yang dapat menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan beragam inovasi yang lahir di era revolusi industri 4.0. Hal ini juga berlaku bagi FPIK untuk dapat mengembangan kreativitas dan inovasi dalam semua bidang sehingga masyarakat dapat menggunakan produk yang diciptakan oleh FPIK.

Beliau berharap di usia yang ke 40 tahun ini dosen dan mahasiswa mampu mengembangkan kreativitas serta melahirkan inovasi terbaru, sehinga para lulusan FPIK mampu bersaing di era society 5.0.

Kesempatan yang sama, Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum mengatakan, berinovasi adalah bagaimana dapat menciptakan sumber pakan ikan yang berkelanjutan, tetapi juga memanfaat lahan yang berada di Pusat Kajian Unggulan Unpatti di Hila Kabupaten Maluku Tengah sehingga menghasilkan produk dan inovasi terbaru.

Lanjut dikatakan, Universitas Pattimura akan memberikan support untuk pembuatan Fish Shop yang juga  merupakan salah satu Program Kewirausahaan Mahasiswa yang harus dikembangkan sehingga menghasilkan produk inovasi yang berkualitas.

Beliau berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, sehingga menghasilkan sumberdaya manusia yang unggul bersaing di bidang perikanan dan kelautan.

Selamat dan Sukses atas terselenggaranya Pencanangan Dies Natalis ke-40 Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura. Hotumese!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.