PMC Gelar Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Mahasiswa

UNPATTI,- Sebagai upaya meningkatkan kemampuan mahasiswa tingkat akhir dalam menulis artikel ilmiah sehingga dapat dipublikasikan pada jurnal nasional maupun internasional yang terakreditasi maka Publication Management Center (PMC) Universitas Pattimura menyelenggarakan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Mahasiswa, di Aula Lantai III Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Selasa (16/8).

Kegiatan ini menghadirkan narasumber drg. Chritiana R. Titaley,MPH., Ph.D dan Dr. Helen C. D. Tuhumury, SP., MFood.Sc dengan moderator Dr. Novalien C. Lewaherilla, SE., MM., CPHCM dan diikuti oleh mahasiswa tingkat akhir Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pattimura .

“Salah satu syarat untuk mencapai gelar sarjana yaitu mahasiswa harus menulis karya tulis ilmiah berupa skripsi dan artikel ilmiah yang dipublikasikan di jurnal tiap fakultas,  dengan itu  PMC atas arahan Rektor Universitas Pattimura melaksanakan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Mahasiswa tingkat akhir disemua Fakultas dan  Prodi pada Universitas Pattimura, dengan tujuan untuk melatih keterampilan mahasiswa untuk menulis karya ilmiah” ungkap Ketua PMC Unpatti Dr. Ir. F. S. Latumahina, S.Hut., Mp., IPU dalam sambutannya.

Lanjut dikatakan salah satu tugas dan tanggung jawab Publication Management Center (PMC) yaitu untuk mendampingi dosen maupun mahasiswa dalam penulisan artikel-artikel yang akan dipublikasikan pada jurnal nasional maupun jurnal internasional, dan  diharapkan melalui narasumber yang sudah mempunyai pengalaman dalam penulisan jurnal yang bereputasi Internasional mereka dapat memberikan strategi dan tips penulisan ilmiah.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Dr. Wahab Tuanaya, M.Si dalam sambutannya membuka kegiatan mengucapkan terimakasih kepada PMC dan para narasumber atas kesediaannya  berbagi pengetahuan maupun ilmu dan pengalaman yang berkaitan dengan penulisan artikel ilmiah kepada mahasiswa semester akhir program studi Ilmu Pemerintahan FISIP Unpatti.

“Penulisan artikel ilmiah ataupun makalah membutuhkan kesabaran, ketelitian, keseriusan yang harus dilakukan secara terus menerus dan membutuhkan waktu yang panjang. Sehingga diharapkan lewat pelatihan hari ini  para mahasiswa dapat memahami dan mendapat gambaran dalam membuat karya tulis ilmiah yang baik dan benar” tutur dekan.

Dekan juga berharap kegiatan dihari ini bukan hanya dilakukan untuk Program Studi Ilmu Pemerintahan saja namun dapat diselenggarakan untuk Prodi yang  lain di FISIP Unpatti.

Dikesempatan yang sama Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Unpatti Mike J Rorolobessy, S.Sos., MT berharap melalui pelatihan ini para mahasiswa dapat menambah pengalaman dalam penyusunan karya ilmiah dan ketika selesai mengikuti pelatihan ini dapat memberikan warna terkhususnya dalam penyusunan  daftar pustaka.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#PMCGelarPelatihanPenulisanArtikelIlmiahbagiMahasiswa
#beritaunpatti

Leave a Reply

Your email address will not be published.