Revitalisasi Tata Kelola Menuju UMKM Produktif di Kabupaten Maluku Tenggara – PKM Jurusan Menajemen FEB

UNPATTI,- Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pattimura mengadakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bertema Revitalisasi Tata Kelola Menuju Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Produktif Di Kabupaten Maluku Tenggara, diselenggarakan pada tanggal 20-23 Agustus 2022 di Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual.

Program yang bertajuk “Visit Kei 2022” ini dilaksanakan di dua Ohoi (desa) yakni Elaar Let dan Wain  di Kabupaten Maluku Tenggara dan Ohoi Taihit di Kota Tual.

Di Ohoi Taihit rombongan mengadakan kegiatan kunjungan ke tempat usaha  pembuatan peralatan dapur berbahan almunium, melakukan tanya jawab serta berbagi   pengetahuan dengan  pemilik serta pekerja pada usaha kecil ini.  Di Ohoi Elaar Let dan Wain Tim PKM mengadakan kegiatan penguatan kapasitas wirausaha berupa pemberian materi terkait dengan bidang Manajemen Pemasaran : Digital Marketing dan  Labeling Produk, Bidang Manajemen Keuangan : Pembukuan Sederhana Usaha Kecil, Bidang Manajemen SDM : Bagaimana  Menjadi Wirausaha Tangguh dan Percaya Diri.

Ketua Jurusan Manajemen Dr. Conchita V. Latupapua, SE, MM dan Sekretaris Jurusan Manajemen, Restia Christianty SE, M.Si, di tempat yang terpisah yakni Di Ohoi Wain dan Ohoi Elaar Let dalam sambutannya mengatakan bahwa Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat merupakan salah satu tugas dosen dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi disamping Mengajar dan Meneliti, keduanya berharap kegiatan ini dapat menambah pengetahuan wirausaha dalam mengembangkan usaha-usaha serta melaksanakan manajemen usaha dengan baik.

Kegiatan yang diketuai oleh Dr. Novalien C. Lewaherilla, SE. MM juga mengadakan audiensi bersama Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Maluku Tenggara, dan mereka  semoga kedepan Perguruan Tinggi semakin bersinergi dengan Pemerintah Daerah memberikan kontribusi positif untuk membantu menyelesaikan persoalan-persoalan terutama pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES / Badan Usaha Milik Ohoi) yang ada di Kabupaten Maluku Tenggara. Selain beberapa kegiatan diatas kegiatan PKM ini menghasilkan 2 Perjanjian kerjasama dengan kedua Ohoi dan Credit Union Hati Amboina.

Kegiatan PKM ini dirangkai pula dengan kegiatan Outbound yang bertujuan meningkatkan kerjasama, memupuk kebersamaan, membangkitkan komitmen bersama dan satu Visi di dalam bekerja.  Seluruh kegiatan PKM ini ditutup  dengan jamuan makan malam dari pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara yang di hadiri oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM.

Leave a Reply

Your email address will not be published.