RUMAH JURNAL UNPATTI – WORKSHOP “STRATEGI INDEKSASI WEB OF SCIENCE”

Unpatti,- Rumah Jurnal Unpatti  melaksanakan kegiatan Workshop “Strategi Indeksasi Web of Science”. Kegiatan ini dan turut disponsori oleh BAREKENG – Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, JUPITEK – Jurnal Pendidikan Matematika,  AGRITEKNO – Jurnal Teknologi Pertanian, dan PIJMath – Pattimura International Journal of Mathematics, Rabu (4 Agustus 2022).

Kegiatan workshop ini juga sekaligus sebagai kegiatan perdana Rumah Jurnal Unpatti dalam rangka Launching Rumah Jurnal Unpatti. Pengelola Rumah Jurnal Unpatti bertekad untuk membantu pendampingan dan mendorong para pengelola jurnal di Unpatti agar dapat membenahi jurnalnya demi untuk mempercepat proses akreditasi bagi yang belum terakreditasi dan naik peringkat akreditasi bagi jurnal yang sudah terakreditasi agar dapat menuju ke kategori jurnal internasional bereputasi. Salah satu bentuknya yaitu dengan mendorong jurnal-jurnal agar dapat terindeks pada lembaga-lembaga indeksasi nasional maupun internasional hal ini. Hal ini disampaikan Dr. Pieter A. Riupassa, M.Si.,selaku Ketua Pengelola.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. F. Leiwakabessy, M.Pd, saat memberikan sambutan dan membuka pelaksanaan kegiatan ini memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Faizal Risdianto, S.S., M.Hum untuk sharing bersama Unpatti dan kepada Rumah Jurnal Unpatti yang menggagas kegiatan penting ini. Dikatakan, Rektor Unpatti mengeluarkan kebijakan agar semua prodi diharuskan  memiliki minimal satu pengelolaan jurnal ilmiah dan dalam upaya tersebut kini unpatti telah memiliki 68 jurnal dari 95 program studi di Unpatti dan diprogramkan  disetiap fakultas harus memiliki satu jurnal penampung yang bisa menampung hasil skripsi, tesis maupun disertasi dari para mahasiswa.

“peran pengelolaan jurnal  dalam  tanggungjawab sebagai dosen penting karena melekat pelaksanaan  tridarma yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, kalau tidak dipublikasikan hasil riset di dalam jurnal maka tidak  ada gunanya ide dan gagasan brilian kita. Oleh karenanya diharapkan Rumah Jurnal Unpatti harus memotivasi dan bekerja keras bagaimana strategi indeksasi web of science  yang harus kita kejar “ ujar Prof. Leiwakabessy.

Lanjutnya, Unpatti telah memiliki Publication Management Center (PMC) untuk membantu publikasi jurnal, dan  kini Rumah Jurnal yang berperan bagaimana mengelola jurnalnya sehingga dapat terakreditasi sampai bereputasi internasional Scopus dan  Web of Science. Dari kegiatan ini juga diharapkan para pengelola jurnal dapat mempublikasikan artikel-artikel yang luar biasa dan semua dosen unpatti diharapkan bisa menerbitkan tulisan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan karir.  Prof. Leiwakabessy berharap,  Rumah Jurnal akan terus eksis untuk meningkatkan akreditasi jurnal yang ada di Universitas Pattimura.

Kegiatan Workshop “Strategi Indeksasi Web of Science” dilaksanakan pada hari Rabu, 03 Agustus 2022, bertempat di Laboratorium Komputer UPT TIK Unpatti, Lt. 2 Gedung Registrasi Unpatti. Narasumber pada kegiatan  Workshop “Strategi Indeksasi Web of Science”yaitu Faizal Risdianto, S.S., M.Hum. (Universitas Islam Negeri Salatiga) yang juga adalah Editor in Chief pada Register Journal (Terakreditasi SINTA 2 dan Terindeks Web of Science (ESCI).

Kegiatan Workshop “Strategi Indeksasi Web of Science” dilaksanakan secara Hybrid. Bagi pengelola jurnal di Unpatti dilaksanakan secara luring pada ruang Lab. Komputer UPT TIK Unpatti, Lt. 2 Gedung Registrasi Unpatti, sedangkan bagi pengelola jurnal dari luar Unpatti secara daring). Jumlah peserta yang terlibat dalam kegiatan kurang lebih 25 peserta (pengelola jurnal) mewakili 12 jurnal ilmiah yang terakreditasi dari Sinta 2, Sinta 3, dan Sinta 5. Dari 12 jurnal yang terlibat berasal dari dalam Unpatti sebanyak 9 jurnal dan luar Unpatti sebanyak 3 jurnal. Dalam kegiatan workshop dilakukan pendampingan langsung untuk pendaftaran jurnal ke index Web of Science.

Semangat berkarya

Hotumese

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#RumahJurnalUnpatti-Workshop”StrategiIndeksasiWebOfScience”

Leave a Reply

Your email address will not be published.