Sidang Mutu PSDKU Unpatti

UNPATTI,- Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd membuka kegiatan Sidang Mutu Program Studi Diluar Kampus Utama Universitas Pattimura (PSDKU UNPATTI) secara online melalui aplikasi Zoom, Rabu, (10/8).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari (10-11 Agustus 2022) dihadiri oleh Sekretaris PSDKU Unpatti Prof. Dr. G. Ratumanan, M.Pd, koordinataor PSDKU Unpatti Kabupaten Kepualauan Aru Dr. Theo Watuguly, M.Kes., AIF, Koordinator PSDKU Unpatti Kabupaten Maluku Barat Daya Dr. Samuel Lewantaur, S.Pd., M.Pd, Koordinator Gugus Jaminan Mutu (GJM) PSDKU Unpatti Kabupaten Kepulauan Aru Dr.K.Karuna, M.Pd, Koordinator GJM PSDKU Unpatti Kabupaten Maluku Barat Daya W. Rumahlewang, S.P., M.P dan diikuti 84  peserta dari PSDKU Kabupaten Kepulauan Aru dan PSDKU Kabupaten Kepulauan Maluku Barat Daya. .

Ketua Pengelola PSDKU Unpatti Prof. Dr. Aholiab Watloly, S.Pak., M.Hum dalam sambutannya mengatakan momentum saat ini adalah momentum strategis dalam upaya menumbuhakan proses mutu di PSDKU. “ Berbicara tentang mutu maka kita berbicara tentang kesadaran untuk menciptakan kepuasan kepada para stakeholder, sehingga setiap orang yang melaksanakan tugas di PSDKU Universitas Pattimura diharapkan memberikan tatalayanan dan kepuasan kepada mahasiswa yang merupakan stakeholder” ungkap Prof. Watloly.

Lanjutnya PSDKU Unpatti melakukan Sidang Mutu Program Studi sebagai upaya untuk melaksanakan menumbuhkan kesadaran dalam melaksanakan tugas utamanya dan memberi kepuasan bagi sivitas akademika dan pihak internal. Momentum ini sebagai sarana evaluasi untuk mengukur pelaksanaan kinerja yang sesuai dengan standar mutu pada tiap program studi termasuk para dosen yang melaksanakan  tridharma. Dari kegiatan ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi dan catatan penting dari evaluasi yang dilaksanakan untuk peningkatan PSDKU kedepan.

Dr. J. Pagaya M.Kes., Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP3MP) dalam sambutannya memberikan apresiasi atas semangat PSDKU, menyelenggarakan kegiatan ini.

Dikatakan, ada tiga hal pokok yang harus dilakukan penjaminan  mutu internal, penjaminan mutu eksternal serta  sistim penjaminan mutu yang yang disebut data yang terintegrasi pada pangkalan data pendidikan tinggi. “Sistim penjaminan mutu akan baik, jika kita mempunyai  sistim pendataan terdata dengan baik, dan biasanya akreditasi akan bermuara disitu”.

Dr. Pagaya berharap agar evaluasi dapat terus dilakukan untuk mengetahui tentang keberhasilan maupun kelemahan sistim penjaminan mutu internal. “Akreditasi akan menunjukan kualitas sistim penjaminan mutu internal dan  predikat yang didapat adalah gambaran SPMI. Itu sebabnya data pada pangkalan data pendidikan tinggi harus terupdate persemester. PSDKU juga harus menjamin sistim data bermutu, yang terkoordinasi  dengan baik mulai dari program studi  sampai unit pengelola program studi”.

Lanjutnya merencanakan, melaksanakan, memonitoring, mengevaluasi, memperbaiki dan meningkatkan adalah tahapan yang harus dilakukan untuk mencapai SPMI yang baik. oleh karenanya penting mempunyai dokumen dasar.

Wakil Rektor Bidng Akademi Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutannya membuka kegiatan mengatakan Sidang Mutu PSDKU Unpatti merupakan suatu kegiatan yang penting. Melalui kegiatan ini PSDKU diharapkan mampu mengupayakan sebuah pelayanan prima bagi penggunanya dengan tujuan memberikan kepuasan dari semua aspek manajemen pendidikan baik dari proses input, output, outcome, sampai dengan  impact bagi institusi maupun lembaga.

Lanjut dikatakan dalam kaitannya dengan sistem penjaminan mutu internal sangat berkaitan dengan Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Pattimura  sehingga diharapkan pendampingan, arahan maupun advice diberikan kepada gugus penjaminan mutu PSDKU untuk setiap prodi agar dapat mengembangkan diri untuk mencapai standart yang ditetapkan. “Tentu kita harus mencapai kriteria dan standar akreditasi yang ditetapkan Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sehingga kerja keras yang sudah dilakukan PSDKU selama ini mampu menuai hasil yang maksimal dengan mendapatkan akreditasi unggul dan masyarakat maupun pengguna dapat melihat bahwa pelayanan yang dilakukan saat ini merupakan pelayanan prima”.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#SidangMutuPSDKUUnpatti
#BeritaUnpatti

 

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.