Syukuran Dies Natalis ke-52 Fakultas Teknik Universitas Pattimura

UNPATTI,- Fakultas Teknik Universitas Pattimura (Fatek Unpatti) yang didirikan pada 16 April 1970 merayakan Syukuran Dies Natalis ke-52, di hall lantai 2 Fatek Unpatti, dengan mengusung tema “Optimalisasi Sumber Daya Manusia Teknik dan Inovasi Teknologi Dalam Mendukung Industri Maritim di Kawasan Timur Indonesia”, Selasa (16 Agustus 2022). Pencanangan kegiatan Dies Natalis ke-52 telah berlangsung sejak 12 April 2022, dan dilanjutkan dengan beragam kegiatan seperti  Lomba Seni, Olahraga dan Kreativitas yang meliputi Lomba Desain Produk antar mahasiswa, Lomba Kebersihan Laboratorium Terbaik, Lomba Tendangan Gawang antar program studi, Lomba Tenis Meja, Lomba Gaplek dan Lomba Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tahun 2021 dan 2022.

Dr. Hanok Mandaku, S.T, M.T selaku Ketua Panitia mengatakan, Perayaan Dies Natalis ke-52 Fakultas Teknik merupakan implementasi TRI DHARMA Perguruan Tinggi yang diemban oleh Fakultas Teknik. Perayaan Dies Natalis ke-52 Fatek Unpatti bukan hanya dimaksudkan untuk mengkontribusikan ide dan solusi akademik terhadap permasalahan aktual daerah dan membangun kerjasama dengan dunia usaha maupun dunia industri, tetapi juga untuk merevitalisasi spirit dan nilai historis serta memperkokoh solidaritas Fakultas Teknik Unpatti.

“Fakultas Teknik Universitas Pattimura mendiami medium wilayah kepulauan Maluku, dari bumi Kieraha hingga bumi Tenggara Jauh yang didominasi laut dan pulau-pulau kecil. Fakta geografis ini tersebut telah menjadi Laboratorium Alam tetapi juga memberi kekuatan sekaligus tantangan tersendiri bagi Fakultas Teknik Universitas Pattimura.”, ujar Dr. Mandaku.

Dikatakan pula, sebagai Laboratorium Alam tentunya wilayah laut-pulau telah menjadi medium untuk terus menguji dan mengembangkan ilmu teknik serta melakukan inovasi-inovasi teknologi terbaru.

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Teknik, Dr. P. Berhitu, S.T, M.T mengatakan Syukuran Dies Natalis ke-52 Fakultas Teknik Universitas Pattimura dihari ini merupakan suatu moment tersendiri untuk dapat merefleksikan  52 tahun perjalanan Fakultas Teknik. Hingga saat ini perjuangan para pemimpin yang membangun Fakultas Teknik Unpatti perlu diapreasiasi karena mereka bisa mempertahankan dan terus membangun Fatek Unpatti untuk menjadi yang lebih baik.

Dr Berhitu juga memberikan apresiasi kepada seluruh sivitas akademika atas kerja keras dalam mengembangkan Fakultas Teknik Universitas Pattimura untuk menjadi lebih baik, karena lahirnya Fakultas Teknik tentunya tidak terlepas dari berbagai tantangan dan kendala termasuk SDM dan ini merupakan suatu proses yang sangat panjang untuk dilalui bersama-sama.

Beliau berharap dengan adanya jumlah sumberdaya manusia dan mahasiswa di Fatek Unpatti yang telah memadai, maka kedepan Fakultas Teknik Universitas Pattimura akan membangun dan membenahi infrastruktur sarana dan prasarana yang dapat menunjang seluruh aktivitas.

Kesempatan yang sama, Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum mengatakan, momentum perayaan Dies Natalis ke-52 dan tema yang diangkat kali ini tentunya sangat penting untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia secara teratur, terukur dan berkesinambungan.

Dijelaskannya, teratur, terukur dan berkesinambungan mempunyai keterkaitan dan tidak bisa dipisahkan. Hal ini berarti harus ada perencanaan dalam berbagai aspek, supaya kedepan Sumber Daya Manusia di Fakultas Teknik Universitas Pattimura semakin baik.

Prof Saptenno juga menghimbau kepada para sivitas akademika Fatek agar terus menghasilkan dan mengembangkan inovasi dan kreativitas terbaru. Selain itu juga perlu adanya strategi dalam mempersiapkan SDM agar dapat melahirkan generasi-gerasi yang berkualitas dan Fakultas Teknik Universitas Pattimura menjadi unggul dan memiliki inovasi terbaru.

Di usia ke-52 tahun, rektor berharap Fakultas Teknik semakin maju dan mampu membangun solidaritas diantara sivitas akademika Unpatti tetapi juga dapat melahirkan riset-riset dan inovasi terbaru sehingga dapat diterapkan di masyarakat.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan Kue Ulang Tahun ke-52, Pemberian Tanda Kasih kepada Purna Bakti dalam lingkup Fatek Unpatti,  pembagian hadiah bagi para pemenang lomba dan ramah tamah.

Turut hadir Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dekan Dekan Fakultas MIPA, Direktur Pascasarjana, Ketua LP3MP Unpatti para wakil dekan dalam lingkup Fatek Unpatti,  Ketua dan Sekretaris Senat Fatek Unpatti, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas ISIP, Ketua Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum, sesepuh Fatek Unpatti dan sivitas Akademika dan tenaga kependidikan Fatek Unpatti.

Leave a Reply

Your email address will not be published.