Tradisi Pembaretan Menwa Batalyon 01 Pattimura

UNPATTI,- Unit Kegiatan Mahasiswa Resimen Mahasiswa (UKM Menwa) Universitas Patimura melaksanakan Upacara Pembukaan Tradisi Satuan dan Pengenalan Markas Komando Resimen Mahasiswa Batalyon 01 Pattimura  Tahun 2022 berlangsung di Lapangan Upacara Universitas Pattimura, Selasa (23/8).

Kegiatan ini diikuti oleh 25 anggota Menwa angkatan XLVI yang baru saja menyelesaikan Pendidikan dan Latihan Dasar Militer Resimen yang dilaksanakan di Lantamal IX pada beberapa waktu lalu. Kegiatan yang merupakan tradisi pembaretan dilakukan kepada anggota Menwa yang akan memulai tugas dan tanggung jawabnya sebagai anggota resimen mahaiswa Unpatti.

Rektor Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M.Hum selaku inspektur upacara dalam amanatnya, mengatakan Menwa dididik agar memahami prinsip pendidikan dasar kemiliteran untuk membentuk mental, moral, spiritual dan disiplin. Menwa dituntut untuk dapat menguasai berbagai bidang terutama harus mampu memahami idiologi Pancasila. “Di era ini pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila sudah mulai menghilang dan latihan ini adalah implementasi dari nilai-nilai Pancasila, dimana persatuan dan kesatuan diantara para anggota yang datang dari berbagai latar belakang yang berbeda harus terus di pupuk tanpa memandang suku,agama dan ras. saudara hadir untuk dapat memberikan nilai-nilai yang positif bagi pembangunan bangsa dan negara yang dimulai dari diri  sendiri, kampus dan masyarakat”, ungkap rektor.

Rektor berharap, Menwa harus mampu menjadi pelopor dan organisasi yang dapat membawa perubahan di tengah masyarakat.

sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni mengatakan, kagiatan yang dilaksanakan hari ini merupakan tradisi bagi Menwa. Maksud dari kegiatan ini adalah para anggota Menwa dapat mengenal markas 01 pattimura baik secara fisik maupun mental.  “Para anggota Menwa ini telah diberikan pelatihan dasar selama dua minggu yang berlangsung di Lantamal IX, mereka digembleng dengan berbagai materi maupun latihan sehingga mampu membawa nilai-nilai baik untuk mempertahankan eksistensi bangsa”, ungkapnya

Dr. Madubun berharap, anggota Menwa dapat menjadi generasi kampus yang mampu menjadi contoh dan teladan bagi mahasiswa lainnya, dan menjadi generasi bangsa yang mencintai tanah air, sehat jasmani dan rohani serta mempunyai kepampuan intelektual yang tinggi.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Pembina Resimen Mahasiswa Batalyon 01 Pattimura Dra. Syane Matatula, M.Si dan para anggota Menwa Batalyon 01 Pattimura.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#TradisiPembaretanMenwaBatalyon01Pattimura


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *