UNPATTI-ITB Tandatangani Perjanjian Kerjasama

Unpatti,- Fakultas Teknik Universitas Pattimura Dan Fakultas Ilmu Dan Teknologi Kebumian Institut Teknologi Bandung melakukan kerjasama terkait pelaksanaan Tridarma perguruan tinggi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang ditandai dengan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama oleh Dekan  Fakultas Teknik Universitas Pattimura Dr. Pieter Th. Berhitu, S.T., M.T dengan Dekan  Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian Institut Teknologi Bandung Dr. Irwan Meilano, S.T., M.Sc. Penandatanganan dilaksanakan diruang kerja Dekan Fakultas Teknik, Kamis (4/8).

Tujuan ditandatanganinya perjanjian kerjasama ini adalah untuk meningkatkan potensi dan kualitas sumber daya manusia melalui pelaksanaan tridharma guna mewujudkan kompetensi sumber daya manusia yang unggul, kreatif, dan inovatif untuk membangun negeri.

Wakil Rektor  Bidang Akademik Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutannya mewakili Rektor mengatakan, perjanjian kerjasama yang dilakukan hari sebagai bagian dari upaya bersama untuk dapat mengimplementasikan Tridharama Perguruan Tinggi yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang menjadi point  penting dalam unpaya untuk menyiapkan  sumber daya manusia yang berkualitas yang memiliki semangat tinggi, pemikiran yang kreatif, mandiri, inovatif agar dapat mengeola sumber daya alam Maluku.

Prof Leiwakabessy berharap, dengan adanya kerjasama ini dapat membawa perubahan dalam dalam pembelajaran, riset untuk pengembangan universitas.

Dekan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian Institut Teknologi Bandung Dr. Irwan Meilano, S.T., M.Sc. mengatakan, Penandatangan perjanjian kerjasama  ini  merupakan bagian dari tahapan yang sudah di mulai sejak tahun 2017,  sehingga ada beberapa hal yang akan ditindaklanjuti diantaranya, sharing knowledge dan magang kepada  dosen muda Universitas Pattimura di Institut Teknologi Bandung  (ITB), adanya dosen ITB yang mengajar di Universitas Pattimura dan yang lebih penting terjalinnya kerjasama riset antara unpatti dan ITB dengan  topik-topik riset yang  strategis,  yang  difokuskan diarea Ambon dan Maluku.

Dr. Irwan Meilano berharap, dari kerjasama ini akan ada produk penelitian yang berlanjut pada produk pengabdian kepada masyarakat.

Dekan  Fakultas Teknik Dr. Pieter Th. Berhitu, S.T., M.T mengatakan, kerjasama yang sudah berlangsung sejak tahun 2017 ini difokuskan kepada pengelolaan sumber daya alam dan potensi yang ada di Maluku dalam kaitanya dengan pengelolaan blok masela oleh karenanya sejak pembukaan jurusan teknik geologi program studi geologi yang kemudian berkembang menjadi 4 prodi saat ini yakni Teknik Geologi, Teknik Geofisika, Teknik Perminyakan, dan Teknik Kimia, kerjasama ini sangat dirasakan manfaatnya. Dikatakan awalnya mahasiswa yang diterima di prodi ini, mendapatkan beasiswa dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Lanjutnya, sampai tahun 2022 prodi teknik geologi telah meluluskan 6 orang lulusan dan sesuai dengan pertemuan yang dilaksanakan dengan Rektor Unpatti, maka ITB membuka peluang kepada 6 orang lulusan pertama untuk melanjutkan studi S2 di ITB dan mempersiapkan mereka untuk menjadi tenaga pengajar di Unpatti “ ini menjadi langkah strategis untuk mengakomodir sumber daya manusia yang ada di Maluku termasuk alumni menjadi pengajar di jurusan teknik geologi dan yang terpenting adalah, adanya riset antara Unpatti dan ITB. Riset ini maksudkan sebagai awal pendirian Fakultas Kebumian dan Sumber Daya Mineral di Unpatti “ ungkapnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh para Wakil Rektor, Prof. Dr. Ir. Eddy Ariyono Subroto (Koordinator Kerja Sama Prodi Teknik Geologi ITB-Unpatti),  Mika Puspaningrum, S.Si., MT., Ph.D (Dosen FITB – ITB), Staf Pengajar Jurusan Teknik Geologi.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
# UNPATTI-ITB Tandatangai Perjanjian Kerjasama

Leave a Reply

Your email address will not be published.