Dies Natalis ke-61 FKIP Tahun 2022

UNPATTI,- Memperingati Dies Natalis ke-61 Tahun 2022, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menggelar Rapat Terbuka Luar Biasa Senat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura, Senin (12/9/2022) berlangsung di Student Center FKIP Unpatti.

Acara yang berlangsung diikuti oleh Senat FKIP., Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Jantje Tjiptabudy, S.H, M.Hum., Ketua LPPPMP Unpatti, Dr. Drs. Joseph Pagaya, M.Kes., Dekan Fakultas Hukum Unpatti, Dr. Rory J. Akyuwen, S.H, M.Hum., Ketua Ikatan Alumni FKIP., Dosen Tamu dari Binus University maupun Khon Kaen University., Sivitas Akademika dan para rohaniawan. Tema Dies Natalis tahun ini adalah “Membangun Sinergitas Civitas Akademika Untuk Meningkatkan SDM Unggul, Berkarakter, Mencirikan FKIP Ceria di Era 5.0”.

Dekan FKIP Universitas Pattimura, Prof. Dr. Izaak H. Wenno, S.Pd, M.Pd dalam pidatonya mengatakan, hari ini kita merayakan Dies Natalis FKIP Universitas Pattimura yang ke-61 Tahun. Dari semenjak didirikan yaitu untuk memperluas kesempatan kepada masyarakat dalam mengenyam pendidikan tinggi dalam rangka turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kesejahteraan umum. Enam dekade sudah Almamater FKIP Universitas Pattimura melakukan pengabdiannya bagi kemajuan pendidikan di Provinsi Seribu Pulau yakni Maluku.

“harus diakui bahwa perubahan global terus terjadi dan sebagai bagian dari pendidikan tinggi, kita tidak bisa menghindar dari tuntutan perubahan global terutama di era revolusi industry 4.0 dan society 5.0. Oleh karena itu sebagai bagian dari lembaga perguruan tinggi, FKIP masih terus bekerja keras dan mempertajam strategi dalam upaya mewujudkan visi Indonesia Emas di Tahun 2045 sebagaimana telah dicanangkan oleh pemerintah Indonesia, serta visi Universitas Pattimura dan Visi FKIP”, ujar dekan.

Lanjutnya, dalam upaya mewujudkan visi tersebut, maka FKIP terus bertransformasi untuk menciptakan SDM yang berkualitas. Upaya melakukan optimalisasi pengelolaan SDM yang berkualitas diimplementasikan dalam beberapa program diantaranya bersinergi dengan universitas untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta pembentukan Tim Percepatan Publikasi Ilmiah yang diluncurkan pada tahun 2022 ini.

Beliau menambahkan, Kegiatan FKIP Mengajar tidak semata-mata bertujuan untuk mengkokohkan eksistensi FKIP dan Unpatti baik di Maluku maupun di Timur Indonesia, tetapi lebih dari pada itu adalah untuk memberdayakan tenaga pengajar profesor dan doktor yang ada di FKIP sehingga pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki tidak hanya terbatas pada ruang kuliah belaka.

“pada perayaaan dies natalis kali ini, kita patut bangga bahwa FKIP telah memiliki komitmen yang kuat dalam perwujudan Pola Ilmiah Pokok Bina Mulia Kelautan  serta  mewujudkan visi dan Misi Universitas Pattimura dan FKIP, yaitu dengan peluncuran Buku Pendidikan Kepulauan yang merupakan hasil pemikiran dari para doktor dan profesor di FKIP”, ungkapnya.

Beliau berharap, ke depan perlu peningkatan kuantitas dan kualitas pendidikan sehingga memberikan dampak positif terhadap perluasan akses pendidikan tinggi ke seluruh lapisan masyarakat  tetapi juga meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) Pendidikan di Maluku.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Jusuf Madubun, M.Si dalam sambutannya mengatakan, tema yang diangkat saat ini cukup komprehensif dimana kita sangat membutuhkan sinergitas antar unsur internal tetapi juga eksternal. Momentum dies natalis saat ini juga merupakan sebuah proses refleksi dan evaluasi untuk kedepannya bisa dapat menjawab tantangan dan kebutuhan di era 5.0.

Lanjut Dr. Madubun, di usia ke-61 tahun, FKIP Universitas Pattimura telah berkontribusi dengan karya dan prestasi. Sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang ada di Maluku tentunya merupakan suatu tanggungjawab besar pula bagi Sivitas Akademika FKIP Unpatti dalam rangka meningkatkan kualitas.

“saat ini sedang dilakukan perubahan rancangan undang-undang sistim pendidikan nasional yang baru. Secara paradigmatik, undang-undang tersebut akan lebih demokratis jika dilihat dalam pokok pikiran yang terdapat didalamnya serta memberikan keluasaan kepada universitas atau lembaga pendidikan sesuai dengan keragaman dan variasi yang ada di Indonesia” ujar Dr. Madubun.’

Beliau menambahkan, sesuai dengan Tridharma Perguruan Tinggi antara Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat tentunya akan memberikan peluang kepada masing-masing perguruan tinggi untuk menentukan keseimbangan antara penelitian, pendidikan ataupun pengabdian kepada masyarakat.

Lewat semuanya itu, Dr. Madubun berharap kedepannya akan muncul inovasi dan kreativitas yang terbaru, baik dalam unsur Tridharma Perguruan Tinggi berbasis pendidikan kepulauan yang lahir dari rahim pemikiran-pemikiran akademik sivitas akademika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura.

“sungguh merdu kicauan belibis, hinggap di dahan bersukaria. Meriahkan perayaan Dies Natalis, wujudkan impian FKIP CERIA”, tutup Dr. Madubun.

Diakhir acara dilakukan peniupan dan pemotongan kue ulang tahun, sekaligus pemberian hadiah bagi ketiga dosen purnabakti dalam lingkup FKIP Unpatti sebagai tanda terimakasih atas dedikasinya mengabdi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura.

Dirgahayu FKIP Unpatti.
Jayalah selalu FKIP Universitas Pattimura.

Leave a Reply

Your email address will not be published.