FEBIS Unpatti Lakukan Pelepasan 26 Mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Unpatti,- Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi   bertujuan meningkatkan wawasan kebangsaan, integritas, solidaritas, dan wadah perekat kebangsaan antar Mahasiswa se-Indonesia, melalui pembelajaran antar budaya ; mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan softskill mahasiswa yang mampu bergaul dengan beragam latar belakang untuk meningkatkan nilai persatuan dan nasionalisme ; memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar di Perguruan Tinggi (PT) penerima melalui pengakuan sks serta memperkuat dan menambah kompetensi mahasiswa.

Program Pertukaran Mahasiswa ini memberikan kesempatan juga kepada mahasiswa Universitas Pattimura untuk mengikuti perkuliahan yang relevan di perguruan tinggi lain (outbound), dan menerima mahasiswa dari perguruan tinggi (inbound) lainnya untuk mengikuti perkuliahan di Universitas Pattimura.

Dari 91 Mahasiswa Univeritas Pattimura yang dinyatakan lolos seleksi Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan ke 2 tahun 2022, 26 diantaranya adalah mahasiswa pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen dan Jurusan Akuntansi

Pelepasan bagi 26 mahasiswa yang terdiri 20 mahasiswa Jurusan Manajemen dan 6 mahasiswa Jurusan Akuntansi  yang mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Belajar tersebut  dilakukan di Gedung FEBIS Unpatti .

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr. Erly Leiwakabessy, M.Si dalam arahan saat kegiatan, mengatakan bagi mahasiswa yang mengikuti PMM (outbound) diharapkan tidak melupakan Identitas Unpatti sebagai kampus orang basudara. “ tunjukan kapsitas sebagai mahasiswa yang memiliki kompetensi yang sejajar dengan mahasiswa lain di Indonesia “ ujar dekan.

Para Mahasiswa tersebut ini akan melaksanakan tugas sebagai mahasiswa asal Universitas Pattimura (outbound) dalam Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka untuk 1 Semester sesuai timeline kalender akademik yang berlaku di Perguruan Tinggi Negeri/Swasta penerima.

Mahasiswa Universitas Pattimura termasuk mahasiswa Jurusan Manajemen dan Jurusan Akuntansi nantinya akan tersebar dan melakukan perkuliahan diluar program studinya di Perguruan Tinggi  Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta yang tersebar di seluruh Indonesia. Universitas penerima program mahasiswa merdeka antara lain IKIP Budi Utomo Malang, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Nasional Bandung, Institut Teknologi Nasional Malang, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya,  Sekolah Tinggi Parawisata Trisakti, Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, Universitas Airlangga, Universitas Bandar Lampung, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Universitas Diponegoro, Universitas Hasanuddin, Universitas Islam Bandung, Universitas Kristen Indonesia, Universitas Merdeka Malang, Universitas Muhammadiyah Tangerang, Universitas Muria Kudus, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Pancasila, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas PGRI Semarang, Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa Yogyakarta, Universitas Sebelas Maret, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Telkom, Universitas Tribhuana Tunggadewi Malang, Universitas Trisakti, Universitas Udayana, Universitas Wijaya Putra Surabaya.

Dr. Conchita V. Latupapua, S.E, M.M sebagai Ketua Jurusan Manajemen  berharap  melalui program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) mahasiswa dapat memperluas networking antar mahasiswa Manajemen, dan pada tataran yg lebih luas dengan bekal Mata Kuliah Modul Nusantara mahasiswa dapat mempelajari aktivitas budaya setempat sehingga dapat memperkaya ilmu  tentang kebhinekaan di Indonesia.

Hal yang sama disampaikan ketua Jurusan Akuntansi  Dr. Christina Sososutiksno, S.E., M.Si, Ak, CA mengharapkan agar para mahasiswa untuk lebih giat belajar karena akan menghadapi tantangan studi yang berbeda dengan di Perguruan Tinggi asal, selain itu juga para mahasiswa harus memiliki integritas dan dapat menjaga nama baik institusi dan keluarga.

Ayo  Mahasiswa Unpatti  Ukir Prestasi dan Merajut Persatuan dalam Keragaman

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#FEBISUnpattiLakukanPelepasan26MahasiswaPertukaranMahasiswaMerdeka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *