NLR – FK Unpatti ‘Peran Kampus Dan Mahasiswa Sebagai Agent Of Change Dalam Upaya Indonesia Bebas Kusta’

UNPATTI,- Selasa (30/8) NLR Indonesia dan KBR bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura melaksanakan Webinar Campus To Campus – Seri Dialog Kampus #3 – Peran Kampus Dan Mahasiswa Sebagai Agent Of Change Dalam Upaya Indonesia Bebas Kusta, Di Aditorium Fakultas Kedokteran Unpatti.

Kegiatan yang mengusung tema “Yang Muda Yang Berdaya” menghadirkan narasumber dr. Rosdiana Perau, M.Kes (Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Provinsi Maluku) dr. Amanda G Manuputti, Sp.DV., M.Ked.Klin (Staf Pengajar Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura),  Angga Yanuar (Inclusion And Disability Program Manager NLR Indonesia) dan Pendeta Cornelius Leunupna.

Direktur Eksekutif NLR Asken Sinaga dalam sambutannya membuka kegiatan mengatakan  NLR adalah sebuah organisasi non-pemerintah yang didirikan di Belanda pada tahun 1967 yang berfokus pada pencenggahan dan pengendalian  kusta dan konsekwensinya di seluruh dunia. Kegiatan webinar campus to campus ini merupakan rangkaian proyek SUKA (Suara untuk Indonesia Bebas dari Kusta) yang diinisiasi NLR Indonesia sejak tahun 2021 untuk mengedukasi publik secara continue tentang kusta dan konsekwensinya.

Lanjut dikatakan  kusta masih menjadi masalah kesehatan bahakan sosial yang membutuhkan perhatian serius, Indonesias masih tercatat sebagai negara dengan kasus kusta tertinggi ketiga di Dunia dan secara Nasional Maluku menempati urutan nomor 4 tertinggi kasus kusta. Ditengah kondisi penularan kusta yang masih tinggi dan minat elemen masyarakat terutama mahasiswa dan akademisi yang minim, diperlukan upaya sosialisasi dan edukasi di lingkungan kampus, dengan itu Asken Sinaga berharap kegiatan ini dapat memotivasi generasi muda untuk peduli terhadap kusta terkhususnya tenaga-tenaga kesehatan yaitu para calon dokter Universitas Pattimura. “Sebagai agen perubahan dalam penanganan kusta saya berharap semakin banyak mahasiswa kedokteran  yang berminat bekerja untuk penyakit tropis terabaikan terutama kusta”, ungkapnya.

Diharapkan juga mahasiswa mampu memberikan sumbangsih pada penanganan kusta di Indonesia melalui tri dharama perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dikesempatan yang sama Dekan Fakultas Kedokteran Dr. dr. Bertha J. Que, Sp.S., M.Kes mengatakan selaku institusi pendidikan Fakultas Kedokteran Unpatti membutuhkan banyak kolaborasi terkait dengan tri dharma perguruan tinggi. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini membuka kesempatan untuk melakukan kerjasama dibidang kesehatan. Dekan berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan apa yang menjadi tujuan kita bersama yaitu  Indonesia bebas dari kusta.

Kegiatan ini diikuti oleh sivitas akademika Fakultas Kedokteran Unpatti.

Webinar dapat di ikuti pada Live Youtube NLR Indonesia dan Berita KBR

link https://www.youtube.com/watch?v=AFIuJzXDdkk dan https://www.youtube.com/watch?v=CD–Bc3rWSU

#BeritaUnpatti
#HumasUnpatti
#NLRFKUnpattiPeranKampusDanMahasiswaSebagaiAgentOfChangeDalamUpayaIndonesiaBebasKusta

Leave a Reply

Your email address will not be published.