Pembekalan PKL Prodi Statistik UNPATTI

UNPATTI,- Program Studi Statistika, Jurusan Matematika-Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Pattimura menyelenggarakan pembekalan Praktek Kerja Lapangan (PKL) tahun 2022 yang berlangsung diruang kuliah lantai 1 Fakultas MIPA, Jumat (2/9).

PKL adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian mahasiswa yang memadukan secara sistematik dan sinkron terkait penguasaan keahlian yang diperoleh pada lingkungan kerja professional. Mahasiswa PKL ditempatkan di suatu perusahaan/instansi/lembaga dalam jangka waktu tertentu.

PKL merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil oleh setiap mahasiswa Program Studi Statistika, Jurusan Matematika-Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yang merupakan bagian dari kurikulum kerangka kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), dan dilaksanakan dengan bobot 3 SKS dalam kurun waktu 1 sampai 2 bulan pada instansi yang relevan dengan persoalan statistika maupun aktuaria. PKL juga merupakan salah satu implementasi dari kurikulum MBKM.

Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Prof. Dr. P. Kakisina, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, proses pembekalan PKL bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa sebelum melaksanakan PKL pada satuan kerja sehingga mahasiswa mempunyai kesiapan ilmu, materi, mental, kecakapan,keterampilan serta memiliki moral dan etika tentang teknis pelaksanaan dilapangan dalam dunia kerja. “PKL menjadi salah satu momen untuk belajar diluar kampus, sehingga mahasiswa memperoleh wawasan tentang dunia kerja dan upaya untuk meningkatkan kualitas lulusan perguruan tinggi yang terampil dalam dunia kerja” ungkap dekan.

Dekan berharap, para mahasiswa mampu berinovasi dan berkreativitas, bekerja secara professional, beretika, disiplin dan menjaga nama baik Fakultas.

Kapala program studi statistika Ferry Kondo Lembang, S.Si., M.Si mengatakan, kegiatan PKL ini untuk mendorong mahasiswa lebih dekat dengan dunia industri kerja dan mengimplentasikan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan berharap mahasiswa prodi statistik memiliki kompetesi unggul yang dibutuhkan dipasar kerja serta menjadi pionir dalam bidang ilmu statistika di Provinsi Maluku.

Mahasiswa yang mengikuti PKL saat ini berjumlah 38 orang yang akan ditempatkan di 9 intansi yang berada di Provinsi Maluku.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Jurusan Matematika Salmon Notje Aulele, S.Si., M.Si, Kaprodi Ilmu Komputer Jefri Esna Thomas Radjabaycolle, S.Si., M.Cs.

#UniversitasPattimura
#HunasUnpatti
#PembekalanPKLProdiStatistikUNPATTI

Leave a Reply

Your email address will not be published.