Pembukaan PKKMB Universitas Pattimura

UNPATTI,- Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Pattimura Tahun Akademik 2022/2023 yang diikuti oleh 5214 mahasiswa dari 9 Fakultas, Program Studi Diluar Kampus Utama  pada Kabupaten Kepulauan Aru dan Maluku Barat Daya berlangsung secara virtual,  Kamis (8/9).

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Rektor Unpatti, Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M.Hum ini, mengangkat tema “Melalui PKKMB Kita Wujudkan Merdeka Belajar Pembelajar Pancasila Berbudaya Kepulauan”.

Ketua Panitia, Francis Y. Rumlawang, S.Si, M.Si dalam laporannya mengatakan tujuan dilaksanakannya PKKMB secara umum yaitu untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan sistem pendidikan diperguruan tinggi dan  secara khusus yakni, menanamkan kesadaran berbangsa dan bernegara, bela negara serta kepedulian kepada lingkungan  dan masyarakat sesuai dengan 4 pilar kebangsaan; memperkenalkan sistem pembelajaran dan kehidupan sivitas akademika dengan menanamkan nilai-nilai dasar pendidikan dan tri dharma perguruan tinggi; memperkenalkan hak dan kewajiban bagi mahasiswa sebagai insan pra dewasa bagi diri dan lingkungan sekitar; mewujudkan kampus yang ramah, aman dan sehat; membentuk karakter mahasiswa yang mengedepankan sikap sebagai intelektual yang mengandalkan kecerdasan berfikir kedewasaan dalam bertutur kata, bertindak, anti kekerasan, berbudaya, bermartabat dan inspiratif ;  memperkenalkan kiat sukses belajar dan  mengembangakan diri diperguran tinggi melalui konsepsi dan praktek Merdeka Belajar Kampus Merdeka, serta merancang hari esok generasi unggul yang mandiri dan bertanggung jawab, mewujudkan mahasiswa sebagai pembelajar yang lincah dan tangguh.

Lanjut dikatakan, untuk menjawab tujuan tersebut maka materi yang diberikan dirancang dengan berpedoman pada panduan PKKMB tahun 2022 yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi baik ditingkat fakultas maupun ditingkat universitas.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A dalam sambutannya mengatakan, sampai difase ini mahasiswa akan belajar sesuai dengan minat masing-masing sebagai bekal untuk menentukan arah masa depan dengan program MBKM. “Anda akan merasakan serunya belajar di luar kampus, mulai dari magang dan study independent bersertifikat, melakukan project risert, project kemanusiaan atau project wirausaha, mengajar di daerah-daerah 3T, sampai ikut pertukaran mahasiswa di dalam dan luar negeri selain program-program belajar di luar kampus kami juga mengundang para pakar untuk masuk ke kampus melalui program praktisi mengajar yang baru kami luncurkan tahun ini para ahli ini akan datang ke kelas membagikan pengetahuan dan pengalaman mereka yang tentunya akan menjadi inspirasi bagi para mahasiswa program-program MBKM ini. Saya yakin akan sangat membantu adik-adik untuk mengenal apa yang sebenarnya menjadi minat dan ketertarikan kalian, dan hal itu sangat penting untuk membantu menentukan karier adik-adik semua di masa depan” jelasnya

Menteri juga menambahkan, untuk mengingat bahwa masa depan itu ditentukan oleh apa yang kita lakukan sekarang, manfaatkan masa kuliah ini untuk mencoba, untuk gagal dan lalu mencoba lagi untuk berjalan jatuh lalu bangun dan berlari dan program MBKM adalah pintu untuk menentukan kemana arah kalian akan berjalan dan berlari menuju ke masa depan terus semangat dan saya tunggu partisipasi adik-adik semua untuk menjadi bagian dari gerakan mereka belajar.

Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M.J.Saptenno, SH., M.Hum menyambut mahasiswa baru Universitas Pattimura di Kampus Orang Basudara dan berharap mahasiswa dapat beradaptasi dengan kehidupan kampus, menyelesaikan studi tepat pada waktunya, belajar dengan tekun menjadi mahasiswa yang kritis, kreatif dan inovatif hingga mampu menyelesaian persoalan-persoalan yang muncul dengan pendekatan keilmuan.

Lanjut dikatakan, mahasiswa juga diharapkan untuk berkompetisi diera digitalisasi dan memiliki karakteristik dari nilai-nilai pancasila sehingga hal-hal yang dilakukan lebih bermanfaat dan tidak merugikan diri sendiri, keluarga, bangsa dan negara. “Mahasiswa harus memahami dan bisa mempraktekkan kehidupan kebersamaan di kampus. Dengan moto hotumese yang berarti berkembang dalam tantangan, tidak mudah berputus asa dan tetap bersemangat di gardah ilmiah Universitas Pattimura”ungkap rektor.

Pada kegiatan ini, mahasiswa baru diberikan berbagai materi yang disampaikan oleh Rektor Universitas Pattimura, para Wakil Rektor, Pangdam XVI Pattimura yang diwakili oleh Mayor Surya Bahri kecabangan seni, Kapolda Maluku, Drs. Lotharia Latif, SH., M.Hum, Ketua MUI Maluku, Ketua Sinode GPM yang diwakili oleh Sekretaris Umum Sinode GPM, Kepala Keuskupan Amboina, Ketua Tim Penanggulangan Covid-19 Unpatti, dan Kepala Pusat Studi Bencana, Mitigsi Adaptasi Perubahan Iklim Unpatti.

Turut hadir, Ketua dan Sekretaris Senat, para Wakil Rektor, para Dekan, para Wakil Dekan Bidang Kemahaiswaan dan Alumni, Direktur Pasca Sarjana, para Ketua Lembaga, para Kepala Biro, Ketua Pengelolaa PSDKU dalam lingkup Universitas Pattimura.

Kegiatan PKKMB Universitas Pattimura di setiap Fakultas akan berlangsung tanggal 12 – 14 September 2022.

Selamat bergabung dikampus orang basudara..

“beta bisa, ale bisa, katong samua bisa”

Hotumese!!!

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#PKKMBUNPATTI

Leave a Reply

Your email address will not be published.