PERESMIAN POJOK STATISTIK

UNPATTI,- Wakil Gubenur Provinsi Maluku didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Pattimura Anggota DPR-RI Novita Anakotta, SH., MH, Direktur Statistik Ketahanan Sosial dan  Kepala BPS Statistik Provinsi Maluku Asep Riyadi, S.Si., M.M,  resmi meresmikan  Pojok Statistik Univeritas Pattimura yang ditandai dengan penekanan sirena secara bersama dan berlangsung di Pelataran FMIPA Unpatti, Rabu (21/9).

Pojok statistik yang ditempatkan di Universitas Pattimura merupakan implementasi kerjasama dan perpanjangan Badan Pusat Statistik (BPS) di Kampus Unpatti untuk membantu penelitian dosen dan mahasiswa dalam penyusunan skripsi/tugas akhir. Pelayanan Statistik Terpadu (PST) menciptakan inovasi dengan menghadirkan Pojok Statistik sebagai salah satu langkah nyata yang BPS lakukan untuk memberikan pelayanan prima dan membawa statistika lebih dekat ke para penggunannya. Layanan utama yang akan diberikan di Pojok Statistik berupa layanan penyediaan data statistik dan pencarian data statistik yang dihimpun oleh BPS serta menyediakan konsultasi pengelolaan data pada mahasiswa untuk keperluan penelitian skripsi.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd mengatakan pojok statistik dapat menjadi pojok pembelajaran ‘learning’ bagi dosen maupun mahasiswa, pusat  kolaborasi riset antara Unpatti dengan BPS provinsi Maluku dan laboratorium data yang dapat memprediksi fenomena yang akan terjadi saat ini dan  kedepannya untuk memberikan kontribusi di Provinsi Maluku, dan ini merupakan upaya nyata dalam menjawab pelaksanaan tridharma perguruan tinggi.

Prof. Leiwakabessy berharap Pojok Statistik di Universitas Pattimura dapat mendukung tercapainnya Indikator Kinerja Utama guna meningkatkan akreditasi institusi dan terkhususnya dapat memberikan manfaat bagi sivitas akademika Unpatti maupun pembangunan di Provinsi Maluku.

Direktur Statistik Ketahanan Sosial Dr. Nurma Midayanti, S.Si., M.Env., Sc dalam sambutannya mengatakan berdasarkan profil layanan statistik BPS tahun 2021 mayoritas pengguna layanan ststistik berasal dari lingkungan Perguruan Tinggi. Oleh karena itu BPS menghadirkan Pojok Statistik di berbagai Universitas di Indonesia dan salah satunya di Universitas Pattimura. Hadirnya Pojok Statistik di Unpatti merupakan upaya bersama untuk menghadirkan pelayanan statistik yang cepat dan mudah diakses. Sivitas Akademika Unpatti juga dapat berkonsultasi dan mendapatkan edukasi mengenai data statistik yang dihasilkan oleh BPS dengan harapan dapat dimanfaatkan untuk menjmbatani kebutuhan dalam penyelenggaraan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, sehingga turut berkontribusi bagi pembangunan Provinsi Maluku dan Indonesia.

Beliau juga berharap para akademisi dapat lebih meningkatan kontribusi dan apresiasi terhadap statistik, turut serta mengambangkan sistim statistik nasional, dan mendukung pembangunan nasional. Dukungan yang diberikan Unpatti dilakukan melalui program-program magang di kantor-kantor BPS di Maluku serta membantu mensosialisasikan penggunaan data statistik yang lebih luas dengan berbagai seminar yang diisi oleh BPS Provinsi Maluku.

Dr. Midiyanti Memberikan apresiasi dan berterimakasih kepada Unpatti atas dukungan yang diberikan kepada BPS. “Kehadiran mahasiswa dan juga para dosen akan menjadi pemantik inovasi dan membantu proses pembinanan untuk meningkatkan kapasitas statisk dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan arti dan keguanaan statistik. Dengan demikian, diharapkan kemajuan statistik di Maluku dapat segara terwujud, menuju Maluku lebih baik” jelasnya.

Dikesempatan yang sama Wakil Gubernur Maluku Drs. Barnabas .N. Orno mengapresiasikan hadirnya layanan Pojok Statistik di Universitas Pattimura dengan harapan dapat meningkatkan kualitas pelayanan terkait literasi statistik yang dibutuhkan sivitas akademika Unpatti. Dengan diresmikannya Pojok Statistik di Unpatti menjadi dasar untuk mempromosikan layanan BPS statistik pada perguruan tinggi di Maluku, karena data satistik sangat menentukan kemajuan satu daerah.

Selain acara peresmian Pojok Statistik juga dilakukan pengukuhan secara simbolis oleh Direktur Statistik Ketahanan Sosial Dr. Nurma Midayanti, S.Si., M.Env., Sc kepada  10 agen  statistik Unpatti   yang diwakili oleh 2 mahasiswa Unpatti. Kesepuluh agen ini adalah garda terdepan  dari pelayanan prima Pojok Statistik di Universitas Pattimura yang telah dilatih dan dibekali dengan petunjuk teknis pelayanan sesuai maklumat dan standar pelayanan prima.

Acara dilanjutkan dengan peninjauan secara langsung Pojok Statistik oleh para tamu undangan dan civitas akademika Unpatti.

Unpatti Berkontribusi…

Mari katong bangun Maluku dengan Data.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#PeresmianPojokStatistikUnpatti.

Leave a Reply

Your email address will not be published.