Puncak Acara Dies Natalis FPIK ke-40

UNPATTI,- Acara puncak perayaan Dies Natalis ke-40 Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) berlangsung di Pelataran Gedung FPIK, Kamis (8/9), dan dihadiri oleh senat FPIK, sivitas akademika dan tenaga kependidikan serta PPNP, sesepuh, alumni, undangan lainnya.

Ketua panitia Dr. Ir. J. A. N. Masrikat, M.Si dalam laporannya menyampaikan kehadiran dan peran FPIK sejak tahun 1982 bertujuan untuk mempersiapkan sumberdaya manusia dibidang perikanan dan kelautan dan juga berperan untuk melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Lanjut dikatakan menapaki usia ke-40 panitia telah menjalankan serangkaian kegiatan secara internal dibidang akademik dan non akademik dengan harapan FPIK dapat berperan di masyarakat, sekaligus merayakan dan mensyukuri keberadaan FPIK yang masih eksis hingga kini.

Dikatakan juga Kegiatan yang mengusung tema “Mengembangkan Kreativitas  dan Inovasi Sumberdaya Perikanan dan Kelautan Menuju Era Society 5.0” diangkat sebagai bentuk tanggungjawab FPIK untuk menjawab persoalan masyarakat dan perkembangan IPTEK saat ini dengan harapan masyarakat dapat menggunakan dan memanfaatkan teknologi sebagai solusi dalam mengatasi berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan beragam inovasi yang lahir di era revolusi industri 4.0, maka pembangunan akan semakin efisien dengan meminimalkan masalah sosial, serta terwujudnya  pembangunan berkelanjutan diberbagai sektor.

Dekan FPIK Dr. Y. Lopulalan, S.Pi., M.Si dalam sambutannya mengatakan menghadapi dinamika  era digitalisasi yang terus berkembang FPIK dituntut untuk bisa beradaptasi dan memberikan yang terbaik bagi almamater tercinta Universitas Pattimura.

Lanjutnya melalui tema yang di usung,  FPIK hadir  untuk mendorong dan mengawal pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Dibidang pendidikan FPIK berupaya mengembangkan inovasi dan menghasilkan mahasiswa yang unggul. Dekan berharap FPIK Di usia ke-40 terus berkembang dan memberi kontribusi bagi pengembangan Universitas Pattimura.

Dikesempatan yang sama Rektor Universitas Pattimura yang diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd megucapkan selamat atas perayaan Dies Natalis ke-40 FPIK, “Usia 40 tahun merupakan usia yang produktif dan FPIK memiliki potensi yang luar biasa dalam kerangka institusi. Sejak berdirinya di tahun 1982, FPIK telah memberikan kontribusi yang luar biasa bagi pengembangan Universitas Pattimura”, ujar Prof. Leiwakabessy.

Disampaikan juga momentum saat ini sebagai bahan untuk merefleksikan bagaimana target FPIK kedepannya dan program yang akan dilaksanakan untuk membangun lembaga  melalui kerjasama dan dukungan seluruh sumberdaya sivitas akademika.

Lanjut dikatakan, FPIK harus bergerak menuju FPIK yang Unggul. FPIK telah menjadi ujung tombak penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang ditandai dengan keterlibatannya dalam kompetisi project kampus merdeka, dimana kerja keras tersebut akan mendukung aspek kualitas lulusan yang mampu terserap di pasar kerja, kualitas dosen dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi yang dan kualitas kurikulum serta pembelajaran yang kesemuanya itu akan mendukung pencapaian 8 Indikator Kinerja Utama. FPIK diharapkan mampu mempublikasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan dapat menghasilkan riset yang unggul dan inovatif bagi pengembangan sains dan teknologi serta bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat.

Kemeriahan Puncak Dies Natalis ke-40 turut diwarnai dengan suguhan seni dan pemberian hadiah kepada pemenang lomba, serta resepsi HUT ke 40 FPIK Unpatti.

Selamat Ulang Tahun Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpatti. Tetap Berinovasi dan Menginsiparasi.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#PuncakAcaraDiesNatalisFpikKe40

Leave a Reply

Your email address will not be published.