Ambon Ekspres Gandeng Unpatti Gelar Pelatihan Kehumasan dan Jurnalistik

UNPATTI,- Harian Ambon Ekspres bekerja sama dengan Universitas Pattimura menggelar Pelatihan Kehumasan dan Jurnalistik  bagi staf  humas  pada Perguruan Tinggi Negeri dan BUMN kota Ambon, di Lantai II Pacific Hotel, Rabu (26/10).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari (26-27 Oktober 2022) dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistim Informasi Dr. Muspida, M.Si yang juga sekaligus motivator bagi peserta. Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang peserta dari perwakilan  bagian kehumasan pada Lingkup Universitas Pattimura, Politeknik Negeri Ambon, Bank Daerah Maluku-Maluku Utara, PT TASPEN, PT. Pegadaian, dan Dinas Pariwisata Kota Ambon.

Dr. Muspida, M.Si dalam sambutannya mengatakan perkembangan teknologi dan informasi saat ini menuntut semua orang terlibat didalamnya, sehingga diperlukan peningkatan kapasitas terkhususnya bagi yang mengelola informasi atau kehumasan. “Dengan itu saya meminta kepada perwakilan tiap – tiap fakultas dan staf humas Unpatti untuk hadir pada kegiatan ini guna pengembangan kompetensi bidang kehumasan”.

Lanjutnya untuk menjalankan tugas kehumasan bagian humas harus mengelola dan mendesain sebuah berita sesuai dengan aturan juga diperlukan estetika didalamnya. Dengan itu diperlukan adanya pelatihan peningkatan kapasitas terkhususnya penerapan Undang-Undang Informasi dan Taknelogi (ITE) sehingga dapat dipertanggungjawabkan..

Ditambahkan juga dalam menjalankan tugas kehumasan harus benar-benar netral, transparan dan independen, karena tugas dan fungsi kehumasan sesungguhnya adalah mengkomunikasikan apa yang terjadi untuk dapat disampaikan kepada masyarakat umum.

Dr. Muspida mengajak semua peserta untuk dapat mengikuti pelatihan kehumasan dan jurnalistik dengan baik, karena dengan mengikuti kegiatan ini peserta memiliki modal ilmu untuk mempublikasikan sebuah informasi kepada publik sekaligus sebuah berita yang dapat diterima dengan baik dan tertanggungjawab kepada masyarakat.

Dr. muspida berharap kedepannya semua unit kehumasan di Universitas Pattimura dapat membenahi diri dan menjadi bekal dalam pengambangan institusi. “Humas merupakan perpanjangan tangan dari sebuah institusi karena itu fungsi humas sangatlah penting pada satu institusi”.tutup Dr. Muspida.

Kegiatan ini menghadirkan 3 narasumber yang kompeten dalam bidangnya yaitu Mey Cresentya Rahali, Ahamad Ibrahim dan Petrus Oratmangun. Mey Cresentya Rahali membawakan materi tentang perkembangan media dan kehumasan, sementara Ahamad Ibrahim tentang dasar-dasar jurnalistik dan Petrus Oratmangun menjelaskan tentang teknik menulis berita.

#UniversitasPattimura
#HumasUnaptti
#AmbonEkspresGandengUnpattiGelarPelatihanKehumasandanJurnalistik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *