LAUNCHING BUKU AJAR MKWK UNPATTI

UNPATTI,- Setelah melalui proses lokakarya, penyusunan Silabus dan RPS, pembimbingan terpadu, uji plagiarisem dan proses editing untuk dicetak, akhirnya enam buku ajar Mata Kuliah Wajib Kurikulum Universitas Pattimura (MKWK Unpatti) resmi di Launching pada Selasa, 04 Oktober 2022. Acara yang berlangsung di Student Center FKIP ini dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum

Acara ini juga dihadiri Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd., Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Dr. Wahab Tuanaya, M.Si, seluruh tim penulis buku ajar, seluruh dosen kelompok mata kuliah wajib kurikulum dan tamu undangan lainnya.

Dr. F. Tutuarima, M.Pd mengatakan, kita ada di hari ini dalam rangka Launching Buku Ajar Mata Kuliah Wajib Kurikulum untuk enam mata kuliah, diantaranya mata kuliah Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Agara Kristen, Pendidikan Agama Katolik, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan  Pancasila dan Pendidikan Bahasa Indonesia. Sedangkan mata kuliah Pendidikan Agama Hindu mengacu pada satu buku yang diterbitkan secara nasional.

“inilah enam buku yang merupakan hasil kerja tim dari dosen mata kuliah wajib kurikulum yang melalui beberapa proses diantaranya proses lokakarya, dengan narasumber adalah Prof. Dr. T. G. Ratumanan, M.Pd dan Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dan proses penyusunan silabus maupun Rencana Pembelajaran Semester (RPS)”, kata Dr. Tutuarima.

Dikatakan pula, Silabus, RPS dan buku ajar yang disusun untuk memberikan dasar bagi para dosen dalam melakukan proses pembelajaran yang sama di semua fakultas di Universitas Pattimura. Setelah proses penyusunan Silabus dan RPS, ada juga melewati proses pembimbingan terpadu yang dimentoring langsung oleh para narasumber. Kemudian dilanjutkan dengan proses Uji Plagiarisem sebanyak tiga kali, dan melalui proses editing untuk dicetak pada penerbit sehingga nantinya sudah terdaftar di perpustakaan nasional dengan ISBN (International Standard Book Number).

“Kami juga melakukan kerjasama dengan penerbit Rajawali Pers untuk menerbitkan buku-buku yang bisa dijadikan sebagai sumber belajar bagi mahasiswa di semua fakultas yang ada di Universitas Pattimura. Lewat uji plagiarisem sebanyak tiga kali, dapat mampu membuktikan kredibilitas para penulis untuk setiap mata kuliah ini”, imbuhnya.

Beliau berharap, di tahun-tahun mendatang akan terus menyesuaikan perubahan buku ini sehingga memiliki kualitas yang lebih baik.

Rektor, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini sangat penting dilakukan karena akan mendidik mahasiswa untuk memahami prinsip dasar mata kuliah wajib kurikulum. Kita harus terbuka kepada siapa saja tentang pentingnya mata kuliah wajib kurikulum sehingga orang lain dengan mudah dapat mengaksesnya.

“karena sekarang ini adalah era keterbukaan dan era digitalisasi. Oleh sebab itu SOP materi pembelajaran perlu disiapkan dan dimasukkan kedalam aplikasi yang sudah disiapkan sehingga memudahkan orang lain mengaksesnya”, kata rektor.

Beliau mengatakan, kita perlu melakukan kolaborasi dengan universitas lainnya yang memiliki mata kuliah seperti ini supaya ada perpaduan yang bisa dikerjakan. Selain itu juga perlu adanya materi perkuliahan tentang pengelolaan wilayah pesisir dan laut sehingga kedepan pola ilmiah pokok bina kelautan dapat terealisasi di semua bidang ilmu pendidikan.

Rektor berharap kedepan dengan adanya kegiatan ini maka buku-buku tersebut nantinya dapat dipasarkan bukan hanya ke masyarakat saja tetapi juga di pasarkan ke Toko Buku Unpatti sehingga menjadi modal dasar bagi mahasiswa Universitas Pattimura dalam menimbah ilmu.

Dipenghujung acara, disuguhkan dengan seni tari dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *