Pelatihan dan Pendampingan Citizen Jurnalisme Berbasis Cybermedia

UNPATTI,- Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Pattimura melaksanakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat berupa Pelatihan dan Pendampingan Citizen Journalism Berbasis Cybermedia di Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah yang berlangsung di SMA Negeri 1 Maluku Tengah pada Kamis (27/10). Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bpk. Badiun S.Pd. M.Pd. selaku Kepala Sekolah dan dihadiri oleh enam Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi.

Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi, Ronald Alfredo S.Sos. M.I.Kom turut mengenalkan Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pattimura kepada Siswa/i yang akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

“Bersyukur bisa kuliah di Prodi Ilmu Komunikasi Unpatti; mulai dari teman-temannya yang supel, dosen-dosennya yang gaul, sampai kita dituntut untuk selalu up to date sehingga mempunyai pengetahuan yang luas,” jelas Rahmat saat diminta memberikan testimoni menjadi mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Pattimura.

“Ilmu komunikasi adalah ilmu yang multidisipliner, sehingga bisa diimplementasikan di berbagai bidang,” imbuh Amsal selaku Mahasiswa Senior di Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pattimura yang sekarang sudah bekerja di Lapas Kelas III Banda Naira.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan Pelatihan Citizen Journalism yang bertujuan agar Siswa/i menjadi lebih bijak dalam menyebarkan informasi di tengah pesatnya perkembangan teknologi.

“Pelatihan Citizen Journalism kepada Siswa/i SMA sangat diperlukan agar mereka dapat menjadi masyarakat yang proaktif dalam menyebarkan informasi. Tidak hanya menjadi konsumen tetapi juga aktor dalam proses pengelolaan informasi tersebut,” terang Bpk. Said Lestaluhu S.Sos, M.Si. selaku Narasumber Pertama.

Adapun kegiatan praktik dasar-dasar jurnalistik yang dibimbing oleh Bpk. Muh. Iqbal Husein S.I.Kom, M.I.Kom. selaku Narasumber Kedua di mana Siswa/i diajarkan cara untuk menulis berita yang baik dan benar. Kegiatan praktik tersebut dimaksudkan agar pemahaman Siswa/i menjadi lebih maksimal.

“Ini adalah pertama kalinya saya mengikuti kegiatan yang membahas tentang Citizen Journalism. Saya pribadi ingin mengucapkan terima kasih kepada Dosen-Dosen Ilmu Komunikasi yang sudah berkesempatan datang dan menyelenggarakan kegiatan ini,” tutur Shadiq, Siswa SMA Negeri 1 Maluku Tengah saat diminta memberikan pesan dan kesan selesai mengikuti kegiatan.

“Tadi kita sudah mengikuti sosialisasi dan dilatih cara menulis berita yang baik. Tentunya sangat bermanfaat terutama bagi siswa kelas 3 yang ingin melanjutkan pendidikan S1-nya tahun depan,” pungkas Nalya Siswi SMA Negeri 1 Maluku Tengah yang sekarang duduk di bangku kelas 3.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *