PELATIHAN DAN PENGOLAHAN IKAN ASAP KEPADA PARA PELAKU USAHA DUSUN AIR MANIS.

Unpatti,- TIM Pokja Patriot Pangan Kampus Merdeka Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura program Pendampingan Ketahanan dan Kedaulatan Pangan Nasional menyelenggarakan ” Pelatihan dan Pendampingan Pengolahan Ikan Asap Dengan Penerapan Alat Pengasapan Tertutup” berlangsung di Dusun Air Manis Negeri Laha. Selasa (25/10).

Pelatihan dan pendampingan yang diberikan kepada kelompok usaha ikan asap “Mama Lele” merupakan kolaborasi TIM Pokja dengan mahasiswa KKN Gelombang I Angkatan XLIX Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpatti.

Dr. Ir. Delly. D. P. Matruti, M.Si selaku Tim Pokja Patriot Pangan Kampus Fakultas PIK sekaligus Dosen Pendamping Lapangan (DPL)  dalam sambutan mengatakan, dalam rangka mengantisipasi krisis pangan nasional TIM POKJA Patriot Pangan Kampus Merdeka Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpatti menggerakan para pelaku usaha yang berada di Dusun Air Manis Negeri Laha untuk meningkatkan produksi pangan sumber protein dari ikan berbasis kearifan lokal demi mewujudkan ketersediaan pangan dan pengembangan cadangan pangan di wilayah Provinsi Maluku maupun Secara Nasional.

Lanjut dikatakan,  kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa KKN sebagai pendamping atau fasilitator bagi para pelaku usaha dan masyarakat pedesaan sehingga  transfer IPTEK guna tercapainya capacity building.

Diharapkan melalui  pelatihan dan pendampingan yang dilakukan oleh Tim Pokja Patriot Pangan FPIK Unpatti  model pendampingan lapangan yang dikembangkan pada sentra produksi pangan yang berpotensi dijadikan sebagai pangan pokok  secara berkelanjutan untuk mengatasi krisis pangan lokal maupun nasional.

Pendampingan juga diharapkan, dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produk melalui sistem pengemasan dan labeling yang baik untuk mempertahankan mutu dan masa simpan produk. Selain itu diharapkan pula Pendampingan oleh peguruan tinggi melalui inovasi pengembangan produk yang dihasilkan dapat didistribusikan ke pihak swasta maupun industri untuk dipasarkan.

Pejabat pemerintah Negeri Laha, Hasan Ultah  memberikan apresiasi kepada Tim Pokja Patriot Pangan Kampus FPIK UNPATTI  dan mahasiswa KKN yang telah berkolaborasi menyelenggarakan pelatihan dan pendampingan kepada kelompok pengolah ikan asap. Harapannya kelompok usaha yang ada di Dusun Air Manis dapat berkembang melalui  inovasi pengolahan ikan,  sehingga masyarakat memiliki skil baru untuk meningkatkan nilai jual dan menambah penghasilan.

Dr. Meigy Nelce Mailoa, S.Pi., M.Si, mengatakan, pendampingan yang dilakukan oleh Tim Pokja terhadap khalayak sasaran kelompok pengolah ikan asap mama lele  di Dusun Air Manis Negeri Laha, diharapkan para pengolah dapat menerapkan teknik pengolahan dengan memperhatikan prinsip sanitasi dan higenis sehingga produk yang dihasilkan dapat memenuhi Standart Nasional Indonesia (SNI).

Program pendampingan ini merupakan tahap awal dari implementasi Bimtek pendamping lapangan program ketahanan dan kedaulatan pangan berbasis sumber protein kearifan lokal di Maluku. Salah satu kelompok pengolah ikan asap yang ada di Kota Ambon yakni kelompok usaha ikan asap mama lele yang ada di Dusun Air Manis Negeri Laha dijadikan sebagai khalayak sasaran dalam program pendampingan.

Pendampingan ini akan dilakukan secara rutin oleh Tim maupun mahasiswa KKN yang terlibat sehingga luaran dari kegiatan pendampingan ini akan menghasilkan para pengolah ikan yang terampil dan produk ikan asap tradisional yang berkualitas. Disamping itu juga dapat meningkatkan nilai estetika dari produk yang telah dikemas sehingga meningkatkn nilai jual.

Kegiatan ini menghadirkan tiga narasumber, yaitu :

  1. Dr. Ir. B. Setha, M.Si dan Dr. Meigy N. Mailoa, S.Pi, M.Si dengan materi “ Pelatihan pengolahan ikan asap dengan penerapan alat pengasapan tertutup”
  2. Dr. Ir. RBD sormin, M. Si dan Dr. Meigy N. Mailoa, S.Pi, M.Si dengan materi “Mutu dan Keamanan Pangan ikan asap”

Kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan di rumah pengolah ikan asap CSR Pertamina DPPU Partimura Ambon kelompok usaha ikan asap “Mama Lele” Dusun Air Manis dan dihadiri oleh para para pejabat pemerintah Dusun Air Manis.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#PelatihanPengolahanIkanAsapBagiParaPelakuUsahaDusunAirManis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *