Pencanangan Desa Binaan Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura

UNPATTI,- Dalam rangka kegiatan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat juga peningkatan mutu pendidikan dan kualitas pelayanan mahasiswa maupun dosen, maka Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura melakukan Pencanangan Desa Binaan di Balai Pertemuan Negeri Laha, Jumat (21 Oktober 2022).

Dekan Fakultas Kedokteran, Dr. dr. Bertha J. Que, SpS, M.Kes mengatakan, Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura (FK Unpatti) baru pertama kali melakukan pencanangan Desa Binaan dan secara sitematis juga akan dilakukan pembinaan kepada desa Laha dalam bidang kesehatan.

“Jadi masyarakat akan diajarkan bagimana melakukan upaya-upaya Promotif (peningkatan), Preventif (pencegahan), Kuratif (penyembuhan) dan Rehabilitatif (Pemulihan) dalam bidang kesehatan. Kita juga memberikan pemahaman tentang hal-hal baik dalam upaya pencegahan penyakit dengan tujuan agar kedepan masyarakat bisa melakukannya dengan mandiri”, ujarnya.

Lanjutnya, untuk membentuk desa binaan maka kegiatan ini bertujuan melakukan pembinaan dan evaluasi secara berkala sehingga kedepan desa ini dapat mandiri secara kesehatan yang mampu mencegah munculnya penyakit.

Beliau berharap, melalui kegiatan ini masyarakat bisa kooperatif dan kolaborasi antara yang satu dengan lainnya sehingga tercapainya tujuan.

Sementara itu, Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum mengatakan kegiatan saat ini memiliki keterkaitan dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang membahas tentang teori dan praktik. Kebijakan pemerintah tentang MBKM tentunya mewajibkan mahasiswa untuk memahami teori tetapi juga praktek, sehingga kedepan dapat melahirkan generasi muda yang cerdas dan berkualitas.

“Untuk mendapatkan generasi muda yang cerdas dan berkualitas harus dimulai sejak berada dalam kandungan dengan makanan yang bergizi”, kata rektor.

Beliau berharap kedepan lewat kegiatan ini maka negeri atau desa yang ada di Laha bisa menjadi lebih baik di Bidang Kesehatan dan kerjasama yang akan dibangun dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Acara dilajutkan dengan penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura dengan Pemerintah Negeri Laha tentang Pelaksanaan Program Desa Binaan Dalam Bidang Tridharma Perguruan Tinggi.

Kegiatan yang dilakukan ini bukan hanya melibatkan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) FK Unpatti saja tetapi juga mahasiswa KKN Fakultas Perikanan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura Pattimura (FPIK Unpatti).

Turut hadir Wakil Dekan Bidang Akademik FK Unpatti, para saniri negeri, para rohaniawan, para RT dan RW Negeri Laha., Babinsa serta Babinkamtibmas Negeri Laha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *