PERAN KEHUMASAN PERGURUAN TINGGI “Antara Manajemen dan Publik”

UNPATTI,-  Selasa, (11/10) Kelompok Kerja Hubungan Masyarakat Universitas Pattimura melaksanakan Sosialisasi  “Peran Kehumasan Perguruan Tinggi” kepada para Tenaga Fungsional Humas,  Para Sub Koordinator Umum dan BMN Fakultas, Sub Koordinator Umum dan Keuangan Fakultas Kedokteran, pengelola publikasi fakultas dan pascasarjana serta mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Unpatti.

Sosialisasi ini menghadirkan narasumber Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unpatti Ronald Alfredo, S.Sos., M.I.Kom yang memberikan materi tentang “Peran Humas – Antara Manajemen dan Publik”  dengan moderator Sub Koordinator Hubungan Masyarakat Elvenda Ch. A. Taihutu, SH., MH.

Tujuan pelaksanaan sosialisasi ini untuk memberikat penguatan tentang pentingnya peran hubungan masyarakat dalam melaksanakan tugas di Perguruan Tinggi termasuk di Universitas Pattimura, dan bagaimana Humas berperan menjembatani organisasi dan publik, membina hubungan  yang baik dengan publik, mendukung fungsi manajemen, serta membentuk coorporate image menciptakan citra yang baik institusi.

Saat membuka kegiatan, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Jusuf Madubun, M.Si mengatakan Humas menjadi ujung tombak dalam menjaga citra institusi dimata masyarakat. “Kehumasan merupakan jantung informasi dari satu lembaga apalagi di era digitalisasi saat ini, semua informasi terkait Perguruan Tinggi disebarkan dan harus dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat”, ujar Dr. Madubun.

Dikatakan juga Humas harus berperan sebagai garis depan dari wajah perguruan tinggi serta membawa optimisme, misi  perguruan tinggi, mampu menjadi komunikator sekaligus mediator yang proaktif untuk menjembatani kepentingan perguruan tinggi disatu sisi  dan opini masyarakat dilain sisi.

Dr. Madubun berharap melalui sosialisasi ini Humas dapat berperan serta secara aktif dalam menciptakan iklim yang kondusif dan dinamis dan memiliki strategi persuasif yang mendukung pengembangan Universitas melalui layanan yang baik dan memiliki tanggung jawab yang besar dalam mengelola isu di bidang pendidikan.

Ronald Alfredo, S.Sos., M.I.Kom diakhir materinya mengatakan Bidang Humas sangat diperlukan dalam menyediakan sumber informasi bagi publik. Keberadaan bidang komunikasi dan hubungan masyarakat bukan hanya perlu untuk membina hubungan dengan pihak luar. Namun pula, ini sangat penting untuk memberikan informasi ke dalam, baik kepada pimpinan maupun sesama pegawai. Lanjutnya Sikap membuka diri terhadap kritik dari masyarakat, termasuk membuka dialog, melakukan komunikasi persuasif, dan melibatkan masyarakat dalam kegiatan Humas merupakan “is a must”.

Ayo berkarya …

HOTUMESE!!!!

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#PERANKEHUMASANPERGURUANTINGGI“AntaraManajemendanPublik”

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *