The 5th ISLIR “New Trends in Research on Language”

UNPATTI,- Pusat Studi Bahsa Universitas Pattimura (PSB Unpatti) menggelar kegiatan “The 5th International Seminar on Language and Interdisciplinary Research” dengan tema “New Trends in Research on Language” yang berlangsung dari tanggal 13 – 14 Oktober 2022 secara hybrid di Hotel Pacific Kota Ambon. Kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara Universitas Pattimura dengan Universitas Khon Kaen Thailand. Tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut adalah sebagai wahana sharing  hasil penelitian bidang bahasa, antar disiplin ilmu bahasa dan budaya. Kegiatan seminar ini melibatkan para dosen, mahasiswa, guru serta peneliti khususnya di bidang bahasa. Pembicara dalam kegiatan ini berasal dari beberapa universitas di luar negeri yaitu Technical University of Berlin – Germany, Khon Kaen University – Thailand, Shenzhen University – China, Lampang Rajabhat University – Thailand dan Alumni Mahasiswa BIPA Darmasiswa RI – Pattimura University, Ceko.

Membuka kegiatan ini, Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Pattimura, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutanya mengatakan, konferensi yang digelar saat ini tentunya memberikan kesempatan luas bagi kita semua karena ruang lingkupnya terkait dengan tren baru dalam penelitian bahasa.

Dikatakan pula, tujuan utama dari konferensi internasional yaitu untuk memperkuat penelitian bahasa maupun budaya yang saat ini terintegrasi terhadap tantangan kompleks yang telah dihadapi oleh dunia. Kebutuhan untuk memelihara dan menciptakan lingkungan ilmiah sangat penting dilakukan dalam setiap lembaga pendidikan. Karena itu, Universitas Pattimura hadir untuk menjadi yang terdepan dalam interkoneksi penelitian bahasa dan interdisipliner.

“sebagai universitas yang terbaik di Indonesia Timur, kami akan berusaha untuk mengembangkan ilmuwan kolaboratif yang kuat dalam pengetahuan dan karakter sehingga mampu membawa pengaruh terhadapat masyarakat maupun dunia”, ujarnya.

Sebagai tuan rumah konferensi ini, Prof Leiwakabessy berharap agar pembicara dan delegasi dari seluruh dunia dapat memahami dan memiliki pengetahuan luas tentang masalah khusus fenomena baru dalam bahasa dan penelitian interdisipliner serta mampu mengimplementasikannya di tengah masyarakat maupun dunia.

Kegiatan ini disuguhkan dengan pertunjukan Musikalisasi Puisi oleh Sanggar Cakadidi dari Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan dan Tari Tifa dari alumni Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura.

Sampai berita ini diterbitkan, pelaksana kegiatan seminar masih berlangsung.

Selamat dan Sukses atas terselenggaranya The 5th International Seminar on Language and Interdisciplinary Research.

Hotumese….!!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *