The 6th Unpatti’s Lingua, Culture and Education Expo 2022

UNPATTI,- Pusat Studi Bahasa Universitas Pattimura gelar kegiatan tahunan “The 6th Unpatti’s Lingua, Culture and Education Expo 2022 yang berlangsung dari tanggal 27 – 29 Oktober 2022 secara hybrid. Kegiatan ini bertujuan untuk mempelajari berbagai bahasa asing (lingua) melalui kursus singkat bahasa asing, mengetahui budaya negara lain lewat sharing budaya (culture) dan menyampaikan informasi peluang beasiswa studi (education) di dalam dan luar negeri seperti beasiswa studi ke Amerika, Australia, Perancis, Italia, Rusia, Belanda juga Jerman yang dapat dimanfaatkan oleh para Sivitas Akademika Unpatti, para pelajar dari SD hingga SMA se-Kota Ambon, juga masyarakat umum. Selanjutnya melalui kegiatan ini para peserta juga dapat mengikuti simulasi tes bertaraf internasional (simulasi Tes Toefl ITP, British Council English Score Tets dan simulasi IELTS-Speaking).

Wakil Rektor Bidang Akademik Unpatti, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd diawal sambutan mengucapkan terimakasih kepada Pusat Studi Bahasa Universitas Pattimura yang telah menggagas kegiatan saat ini sehingga dapat membantu kita dalam menghadapi cara penggunaan bahasa asing, menguasai bahasa asing dan cara untuk mengimplementasikannya.

“Ini adalah kesempatan bagi para dosen dan mahasiswa untuk terlibat dalam kegiatan ini sehingga nantinya ketika melanjutkan studi di dalam dan luar negeri dapat menguasai bahasa asing dengan baik”, kata Prof Leiwakabessy.

Dikatakan pula, pentingnya memahami budaya negara lain, karena itu komunikasi hubungan perlu terjalin dengan baik. Selain itu untuk mendapatkan beasiswa, pentingnya memahami materi yang diberikan karena banyak sekali peluang beasiswa di dalam maupun di luar ngeri yang bisa didapatkan oleh mahasiswa dan dosen.

“Syarat utama untuk mendapatkan peluang beasiswa di dalam dan luar negeri adalah penguasaan bahasa asing. Hal ini juga bisa didapatkan dengan cara melalui proses kursus/tes TOEFL untuk mengukur kemampuan”, ujarnya.

Beliau berharap melalui kegiatan ini kiranya dapat memberikan bermanfaat bagi dosen dan mahasiswa serta dapat mengetahui budaya negara lain (culture).

Turut hadir para mahasiswa dosen dalam lingkungan Unpatti, Kepala Urusan Kerjasama Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam, Mr. Thibaut Portevin., perwakilan kedutaan/lembaga pemberi beasiswa yang ada di Jakarta (Education USA & RELO-US Embassy, Embassy of Italy/Uni Italy Indonesia, Russian Embassi, RELO).

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *