Unpatti – Komnas HAM RI Lakukan Penandatangan MoU

Unpatti,- Dalam rangka pemajuan dan penegakan hak asasi manusia melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi, dilakukan penandatangan MoU antara Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M.Hum dengan Ketua Komnas HAM RI, Drs. Ahmad Taufan Damanik, M.A berlangsung di ruang rektor, Kamis (13/10).

Tujuan dilaksanakan MoU ini adalah untuk meningkatkan hubungan kelembagaan antara Universitas Pattimura dengan Komnas HAM RI  dalam melaksanakan kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dengan sasaran utamanya yakni, program pengembangan kapasitas, pendidikan, dan penelitian dibidang hak asasi manusia ditujukan bagi peningkatan kepedulian dan peran serta lembaga pendidikan formal dan informal beserta seluruh sivitas akademika dan para praktisi dari lembaga masyarakat sipil untuk mendorong pengarusutamaan pendidikan hak asasi manusia di Indonesia.

Ketua Komnas HAM RI, Drs. Ahmad Taufan Damanik, M.A dalam sambutannya mengatakan, Komnas HAM telah membangun kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di Maluku salah satunya Universitas Pattimura. Dinamika yang terjadi saat ini menjadi tantangan bersama, sehingga perguruan tinggi harus menjadi salah satu pilar strategi untuk dapat menyelesaikan konflik hak asasi manusia. “Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak keragaman yang dapat memberikan manfaat bagi perkembangan dan kemajuan bangsa, namun diperlukan tata kelola yang baik,dan ini menjadi tugas penting semua elemen termasuk Perguruan Tinggi dalam hal ini Universitas Pattimura untuk melakukan kajian-kajiannya yang dapat dikembangkan bagi kemajuan Maluku dan bangsa Indonesia”, ujarnya.

Dikatakan juga, hak asasi manusia tidak hanya berbicara tentang kekerasan saja, tetapi juga tentang hak-hak individu yang berhak menerima layanan standar layanan kesehatan dan pendidikan  yang perlu menjadi perhatian serius dari pemerintah daerah dan juga pihak perguruan tinggi untuk berkolaborasi membuat kebijakan-kebijakan yang mendukung penegakan hak asasi manusia guna membangun satu masyarakat mencapai tingkat pemenuhan  hak asasi yang maksimum. Beliau berharap, penandatanganan MoU ini, dapat membangun kemashalatan manusia yang diperlakukan secara adil dan bermartabat.

Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M.Hum dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas terlaksananya kegiatan ini. “Ini merupakan satu moment penting unutk meningkatkan hubungan kelembagaan antara Universitas Pattimura dengan Komnas HAM RI, terkait dengan pemenuhan Hak Asasi Manusia dan Unpatti diharapkan untuk terlibat lebih maksimal. Kerjasama ini juga diharapkan tidak hanya menjadi simbol namun Unpatti bersama Komnas HAM serta pemerintah daerah dapat bersinergi untuk memberikan kajian-kajian yang dilakukan secara berkesinambungan sehingga bermanfaat bagi masyarakat”  tutur rektor.

Prof. Saptenno yakin dengan adanya MoU Universitas Pattimura sebagai Lembaga Pendidikan dapat berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan proaktif  melakukan perubahan serta memberikan edukasi dan pemahaman dalam program pengembangan kapasitas, pendidikan, dan penelitian di bidang hak asasi manusia.

Acara dilanjutkan dengan penukaran cindera mata dan foto bersama. Turut hadir, para Wakil Rektor, Kepala Biro Umum dan Keuangan, perwakilan Komnas HAM RI Jakarta dan Maluku, Sub Koordinator Hubungan Masyarakat, Sub Koordinator kerjasama dan staf.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#Unpatti-KomnasHAMRILakukanPenandatanganMoU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *