“Unpatti Teken MoU dan Implementasi Dengan Pukyong National University, Korea National Cooperative Association, dan Heung Gwang Co. Ltd”

Unpatti,- Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M.Hum dan delegasi  yang terdiri dari Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd, Dr. Ir. Wolter R Hetharia, M.App.Sc, Dr. Ir. Bethsy J. Pattiasina, M.Si, Dewi N Soepriadi, SS M.Hum, Alexander Sakalessy, SE MH,  melakukan kunjungan kerja dengan beberapa  Perguruan Tinggi di Korea Selatan, Industri perikanan serta lokasi kulturasi Tuna (28-30 September 2022),  Turut bersama delegasi Dr. Ir. F Latumahina S.Hut, MP.IPP

Kunjungan tersebut dimaksudkan sebagai bentuk implementasi dari kerjasama yang akan dibangun, dimulai dari penandatangan MoU kerjasama serta sharing dan diskusi terkait berbagai hal.

Daeshin University, menjadi universitas pertama yang ditemui oleh Rektor beserta delegasi begitu tiba di Busan Korea Selatan tanggal 28 September yang di mediasi oleh Busan Indonesia Center. Rektor bertemu dengan Dekan Planning Department of English Language & Literature Daeshin University Prof. Kim Yeun-kyong dan mendiskusikan penyiapan para dosen, lulusan dan mahasiswa untuk mengikuti studi lanjut, magang dan kegiatan lainnya di Daeshin University.

Terkait dengan upaya budidaya perikanan laut maka Universitas Pattimura juga mengembangkan kerjasama dengan Korea National Cooperative Association di bidang perikanan laut (budidaya dan penangkapan) yang dikoordinir oleh Indonesia Busan Center. Oleh sebab itu dalam kunjungan tersebut dilakukan diskusi serta penendatanganan MOU antara perwakilan Korea National Cooperative Association Mr. Son Jong Hye dengan Rektor Universitas Pattimura Ambon, serta penandatanganan MoU antara Rektor Universitas Pattimura dengan Heung Gwang Co. Ltd  Mr. Son Jong Hyeon (CEO). Acara penandatanganan MOU ini diawali dengan diskusi tentang issue kerjasama bidang perikanan laut dimana focus diskusi adalah menyangkut aspek teknis dan ekonomis dalam usaha kerjasama tersebut.

Selanjutnya Rektor dan delegasi berkunjung ke Pukyong National University Korea Selatan sekaligus melakukan penandatanganan MoU yang difokuskan kepada pengembangan Sumber Daya Manusia, staff pengajar Universitas Pattimura, transfer pengetahuan dan teknologi di bidang perikanan serta penerapan teknologi budidaya perikanan di Perairan Maluku yang dikembangkan dan dikontrol antara kedua institusi ini, dan implementasi berupa workshop dan brainstorming terkait budi daya perairan dan pengolahan ikan.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke pabrik pembekuan dan pengolahan produk perikanan The Fishery Processing and Refrigeration Warehouses, Gamcheonhang dan Studi lapangan terkait pengembangbiakan tuna dan makarel ke Pusat Budidaya Ikan Tuna Company  Hong Suknam Gaduri Pulau Yokido, Mota Geje, Provinsi Gyungnam.

Selain itu, Kunjungan yang dilakukan merupakan implementasi capaian Indikator Kinerja Utama dimana Universitas dan Program studi yang terkait dapat bermitra dan melakukan kerjasama dengan Universitas berkelas Internasional maupun stakeholder bagi pengembangan tridarma pendidikan tinggi dan pengembangan Universitas Pattimura yang merupakan PTN- Badan Layanan Umum dimasa akan datang.

Sukses untuk kerjasama yang terbangun.

Hotumese

#UniveritasPattimura
#HumasUnpatti
#UnpattiTekenMoUDanImplementasiDenganPukyongNationalUniversity,KoreaNational CooperativeAssociation &Heung GwangCo.Ltd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *