Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke – 94

Unpatti,- Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Pattimura, Prof. F. Leiwakabessy, M.Pd bertindak selaku Inspektur Upacara Bendera dalam rangka Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94 yang berlangsung di Lapangan Upacara Universitas Pattimura, Jumat (28 Oktober 2022), diikuti oleh Tenaga Pendidik, Tenaga Kependidikan, PPNPN, para Mahasiswa, siswa/siswi sekolah Laboratorium Unpatti, dan UKM Pramuka Unpatti.

Hari Sumpah Pemuda ke-94 kali ini mengambil tema “Bersatu, Bangun Bangsa”. Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

Dalam amanat, Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Pattimura, Prof. F. Leiwakabessy, M.Pd membacakan sambutan menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali, mengatakan, peringatan Hari Sumpah Pemuda selalu memiliki arti penting karena acaman-ancama terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewejudkan kejayaan Indonesia. Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda “Bersatu, Bangun Bangsa”. ini menjadi Pengejawantahan nilai agung sumpah pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang. Pemuda hari ini adalah toko-tokoh yang berperan pada masa yang akan datang. Apa yang dilakukan oleh pemuda dimasa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia dimasa yang akan datang. Mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai- nilai persatuan diatas segala-galanya. Memandang keberagamaan sebagi anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan yang luar biasa menggapai kejayaan Indonesia. Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa. Hanya bangsa yang tangguh yang mampu menjaga eksistensi bangsa dan memenangkan persaingan dalam kancah global yang semakin keras.

Pemuda Inonesia telah menunjukan banyak capain prestasi di berbagai bidang yang membanggakan, baik pada level Nasional maupun pada level Internasional. Hal ini menjadi modal untuk membangun keunggulan Indonesia dimasa yang akan datang, namun dikhawatirkan bahwa pemuda Indonesia masih mengahadapi ancaman pengangguran dan keterpurukan dalam tindakan destruktif yang tidak menguntungkan.  Terhadapt situasi tersebut maka upaya pemberdayaan dan pengembangan pemuda menjadi kreatif, inovatif, kolaboratif dan mandiri serta berkarakter mulia perlu dikembangkan, agar pemuda dapat menghadapi situasi yang tidak menguntungkan dan mampu mencapai prestasi tinggi. “ Oleh karena itu dari titik nol Ibu Kota Nusantara saya mengajak seluruh elemen Bangsa menghimpun kekuatan dan semangat untuk bergerak mendorong pemuda Inodonesia untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada demi membangaun kejayaan sepangjang masa” ungkapnya.

“Marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-94 sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun Bangsa”.

Selamat hari sumpah pemuda, 28 oktober 2022 “Bersatu, Bangun Bangsa”.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#UpacaraPeringatanHariSumpahPemudaKe–94

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *