FPIK UNPATTI LULUSKAN 41 CALON SARJANA BARU

UNPATTI,- Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura menggelar Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Yudisium dan Penggelaran Sarjana Dalam Rangka Wisuda Sarjana III Periode Agustus – Desember 2022 bagi 41 Calon Sarjanan Baru FPIK Unpatti, Selasa (29 November 2022).

Pelaksanaan Yudisium dan Penggelaran Sarjana tersebut berlangsung di Lantai 2 Ruang Seminar FPIK Universitas Pattimura, diikuti oleh para senat FPIK, para tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dalam lingkup FPIK, para orangtua lulusan dan para rohaniawan.

Ke-41 Calon Sarjana Baru FPIK Unpatti terdiri dari :

  1. Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan sebanyak 4 orang lulusan
  2. Program Studi Ilmu Kelautan sebanyak 9 orang lulusan
  3. Program Studi Budidaya Perairan sebanyak 4 orang lulusan
  4. Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan sebanyak 9 orang lulusan
  5. Program Studi Teknologi Hasil Perikanan sebanyak 6 orang lulusan
  6. Program Studi Agrobisnis Perikanan sebanyak 9 orang lulusan

“Dengan dikukuhkannya kita sebagai lulusan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan pada hari ini bukan berarti perjuangan kita sampai disini melainkan ini adalah awal kita menghadapi kehidupan yang sebenarnya. Mungkin sebagian dari kita akan ada yang melanjutkan pendidikannya ke jenjang Magister ataupun yang memilih untuk bekerja, untuk itu jagalah nama almamater kita kemanapun kita pergi, kita harus membuktikan bahwa kita lulusan dari Indonesia Timur khususnya lulusan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura  mampu bersaing dengan lulusan dari Universitas lainnya. Ingatlah rekan-rekan sekalian, kepintaran bukanlah penentu keberhasilan tetapi kesombongan pasti akan menghancurkan. Selamat untuk gelar barunya, selamat berjuang ke tahap yang bisa dikatakan lebih sulit. Satu hal yang harus diingat bahwa kita semua hebat, kita semua pasti akan sukses di waktu yang tepat” ungkap Hardiyanthi E. Sitompul, salah satu lulusan saat memberikan pesan dan kesan lulusan.

Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura, Dr. Y. Lopulalan, M.Si dalam sambutan mengatakan, FPIK perlu berbangga bahwa disaat telah melaksanakan yudidium dan pergelaran sarjana bagi 41 lulusan. Hal ini memperlihatkan prestasi kerja yang telah ditunjukan oleh semua sivitas akademika FPIK.

Lanjut dikatakan, para lulusan harus dibekali dengan sertifikat pendamping ijazah yang dapat menjadi penunjang bagi para lulusan dalam mencari lapangan pekerjaan. Ruang untuk mahasiswa dapat memiliki sertifikat pendamping ijasah telah terbuka ketika saat ini berada dalam Era Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dimana mahasiswa diberikan kebebasan dalam memilih untuk mengembangkan diri sehingga diharapkan setelah lulus mahasiswa memiliki keterampilan tambahan yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Dari tracer Study yang dilakukan, lulusan FPIK banyak yang bekerja pada lembaga pemerintah dan swasta. Untuk itu Dekan berharap, lulusan FPIK perlu mempersiapkan diri sebagai Entrepreneur muda yang bisa memanfaatkan peluang terhadap berbagai sumber daya perikanan dan pulau-pulau kecil yang merupakan ciri khas daerah Maluku

Dikatakan juga, Selain itu FPIK telah memiliki Tempat Uji Kompetensi (TUK) dimana beberapa dosen telah memiliki sertifikat sebagai Assesor LSP-KP (Lembaga Sertifikasi Profesi Kelautan Perikanan) dan BRIN dan pada bulan Maret lalu, dan dua tenaga dosen yang diikutkan dalam pelatihan yang diinisiasi oleh BRIN dalam rangka pembentukan TUK dan juga terkait dengan Uji Kompetensi yang dapat dilakukan pada FPIK sehingga kedepannya FPIK memiliki 2 LSP yang dapat memberikan kesempatan tidak hanya bagi mahasiswa tetapi juga instansi lain serta masyarakat untuk memperoleh sertifikat kompetensi sesuai dengan  keterampilan yang diinginkan dan disesuaikan dengan TUK LSP pada FPIK.

Dalam implementasi MBKM ada beberapa perjanjian kerjasama dan penandatangan PKS antara FPIK dengan  beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia maupun luar Negeri, perusahan maupun Negeri/Desa Binaan dari setiap prodi dan implementasi kerjasama guna meningkatkan indikator Keinerja Utama Uiversitas.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unpatti, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, hari ini Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpatti kembali menggelar Yudisium dan Penggelaran Sarjana terhadap 41 Lulusan Sarjana Baru, yang nantinya akan diwisudakan pada periode Desember Tahun 2022. Saat ini Input, Output dan Outcome harus berjalan seimbang, artinya jumlah mahasiswa yang masuk di FPIK Unpatti harus seimbang dengan lulusan yang dihasilkan.  “Jadi kalau hari ini ada 41 lulusan baru periode Desember, dan setiap tahunnya FPIK Unpatti meluluskan 100 sampai dengan 200 lebih lulusan, maka setidaknya harus dapat menyeimbangi dengan jumlah data mahasiswa yang masuk di FPIK Unpatti”, jelas Prof Leiwakabessy.

Beliau menambahkan, perguruan tinggi memiliki Tri Dharma yang tidak bisa dipisahkan, oleh karennya  kita harus berpikir untuk dapat memperkuat kinerja institusi di perguruan tinggi, fakultas dan program studi.

Beliau berharap agar FPIK dapat terus menghasilkan lulusan yang berkompeten dan dapat diserap di dunia kerja.

Selamat kepada 41 Lulusan Sarjana Baru FPIK Universitas Pattimura.

Hotumese!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *