Kunjungan Rektor Universitas Musamus (UNMUS) Merauke

UNPATTI,- Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum yang didampingi Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistim Informasi, Dr. Muspida, M.Si menerima kunjungan Rektor Universitas Musamus Merauke, Dr. Drs. Beatus Tambaip, M.A, yang berlangsung di Ruang Kerja Rektor Lantai 3 Rektorat Unpatti, Senin (21 November 2022).

Kunjungan tersebut dalam rangka rencana pembentukan Badan Layanan Umum (BLU) di lingkungan Universiras Musamus (UNMUS), sekaligus juga membahas kedepan tentang MoU yang akan dibangun antara Unpatti dan Unmus.

Rektor Unpatti, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum dalam sambutan mengatakan, salah satu syarat dalam pembentukan BLU adalah bagaimana mendorong para dosen dan pegawai untuk lebih produktif. Perlu diketahui bahwa Universitas Pattimura telah menjadi Badan Layanan Umum (BLU) sejak tahun 2018.

Rektor menjelaskan, Universitas Pattimura memiliki usaha bisnis non akademik dan akademik antara lain Laboratorium Penelitian berupa Pusat Kajian Unggulan di Hila, Layanan Kesehatan Masyarakat berbasis Kepulauan yaitu Layanan Konsultasi Online bagi Dokter Kepulauan dengan pemanfaatan Telemedicine, Cottage, Guest House, Asrama Putera dan Puteri, Bengkel, Pujasera, Barbershop, Car Wash, Café dan Resto, Usaha Air Galon, Penyewaan Lokasi ATM dan Kantor Kas, Pasar Buah, Toko Buku, Tempat Foto Copy, Auditorium, Sleep Away, Keramba Ikan dan lainnya, “ kedepan juga kami akan rencana melakukan pembangunan gedung lainnya yang mendukung usaha bisnis “ ujar Prof Saptenno

Rektor berharap dengan adanya kunjungan ini maka kita akan dapat melakukan kolaborasi bersama guna mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Sementara itu Rektor Unmus, Dr. Drs. Beatus Tambaip, M.A juga mengatakan, kunjungan yang dilakukan saat ini bukan hanya sekedar untuk rencana pembentukan BLU di UNMUS akan tetapi juga sebagai kunjungan persahabatan dan persaudaraan karena memiliki ikatan kultur yang sama di Wilayah Indonesia Timur.

“Perlu diketahui bersama bahwa kebijakan dari KEMDIKBUDRISTEK adalah dimana perguruan tinggi atau perguruan tinggi satker harus secepatnya menjadi Badan Layanan Umum (BLU). Untuk wilayah timur sendiri, kami lebih memilih Unpatti dikarenakan sejak tahun 2018 Unpatti telah menjadi Satuan Kerja Badan Layanan Umum (Satker BLU) dan tentunya lewat Unpatti kami akan memulai proses pembelajaran bagaimana tahapan-tahapan dalam pembentukan BLU”, terang Rektor UNMUS.

Beliau juga mengaku bahwa jika Unmus belajar dari Unpatti maka proses kecepatan dalam pembentukan BLU akan semakin cepat dan beliau berharap adanya kunjungan balasan dari Unpatti ke Unmus untuk mempererat silahturahmi sekaligus melaksanakan MoU sehingga terciptanya Tri Dharma Perguruan Tinggi. Diharapkannya pula bahwa di tahun 2024 Universitas Musamus Merauke bisa menjadi Satker BLU.

Turut hadir, Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP3MP) Universitas Pattimura, Dr. Drs. Joseph Pagaya, M.Kes., Wakil Rektor Bidang Umum, Perencanaan dan Keuangan UNMUS, Dr. Drs. Samel W. Ririhena, M.Si., Kepala Biro Umum, Perencanaan dan Keuangan UNMUS, Dina Fitri Septarini, S.E, M.Si., Dosen Fakultas Teknik UNMUS, Dr. Daud Andang Pasali, S.T, M.Eng., Dosen Fakultas Hukum UNMUS, Dr. Erni Dwita Silambi, S.H, M.H., Staf BUPK UNMUS, Sayd Ahmad Madrid Bin Agil., Tim BLU Unpatti., Ketua Tim Unit Bisnis Unpatti, Dr. Teddy Ch. Leasiwal, S.E, M.Si dan Sub Koordinator Pendidik Unpatti, Diana Rahagiar S.Kom., M.Cs.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *