PENGOLAH USAHA MALUKU TENGAH, TERIMA PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGOLAHAN IKAN ASAP CAIR

UNPATTI,- TIM Pokja Patriot Pangan Kampus Merdeka Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura program Pendampingan Ketahanan dan Kedaulatan Pangan Nasional menyelenggarakan “Pelatihan dan Pendampingan Teknologi Pengolahan Ikan  Asap Cair”, kepada  pengolah usaha Maluku Tengah. Rabu (1/11).

Pelatihan dan pendampingan yang dilakukan di Maluku Tengah berada di dua tempat yakni,  di Desa Tulehu dengan produksi Asap Cair dan di Negeri Waai pada Pengolah ikan asap cair. Untuk pelatihan dan pendampingan yang dilakukan hari ini diberikan kepada pengolah usaha Ikan Asap Cair, berlangsung di rumah pengolah ikan asap cair Negeri Waai.

Pelatihan dan pengolahan yang lakukan ini merupakan kegiatan ke-2 yang dilakukan oleh  TIM Pokja Patriot Pangan Kampus Merdeka Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan berkolaborasi dengan Program Studi Teknologi Hasil Perikanan (THP) dan melibatkan mahasiswa KKN  Universitas Pattimura sebagai pendamping.

Usaha Pengolahan  ikan asap cair di Negeri Waai merupakan kelompok binaan dari Program Studi Teknologi Hasil Perikanan Universitas Pattimura. Pada program Pelatihan dan Pendampingan ikan asap cair Negeri Waai difokuskan pada penerapan Teknologi Asap Cair Dalam Pengolahan Ikan, Teknologi Asap Cair, Pengemasan dan Pelabelan. Pengemasan dan pelebelan yang dilakukan selain untuk menjaga keamanan pangan, namun juga merupakan komunikasi antara produsen dangan konsumen tentang produk yang dikemas. selain itu juga pengemasan dan pelabelan dapat mendukung karakteristik, estetika produk untuk menarik konsumen serta menjamin mutu produk.

Dr. Bruri Melky Laimeheriwa, S. Pi., M. Si selaku Sekretaris TIM Ketahanan Pangan Universitas Pattimura (Koordinator Wilayah Maluku, Maluku utara, Papua dan Papua  Barat) mengatakan, untuk menghadapi krisis pangan kedepan maka, perlu adanya strategis yang dipersiapkan sedini mungkin, salah satunya dengan melakukan pelatihan kepada pengolah/kelompok usaha yang memfokuskan pada kearifan pangan lokal sebagai bentuk menghargai pangan lokal yang ada di Provinsi Maluku untuk menjadi kekuatan pangan kita.

“Makanlah apa yang kita tanam dan tanamlah apa yang kita makan, untuk menolong ketahanan pangan kita bersama. Ketika ketahanan pangan kita kuat maka kita akan dapat membantu daerah-daerah lain  sebagai satu kesatuan negara Indonesia untuk bersama mempertahankan ketahanan Pangan Nasional” ungkapnya.

Dr. Meigy Nelce Mailoa, S.Pi., M.Si selaku ketua Program Studi THP, sekaligus TIM Pokja Patriot Pangan Kampus Merdeka Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura mengatakan, program pendampingan yang dilakukan pada pengeloh ikan Negeri Waai khusus untuk produk olahan ikan asap cair merupakan implentasi Bimtek yang telah diikuti oleh mahasiswa pada tanggal, 25 Oktober 2022 yang lalu. Lewat kegiatan pendampingan yang dilakukan diharapkan, selain  dapat meningkatakan produksi ikan asap cair tetapi juga dapat menghasilkan produk yang berkualitas dari segi sanitasi dan higenis. Para pengolah ikan asap cair juga diberikan pelatihan terkait dengan pengemasan dan pelebalan produk kerena kemasan yang unik, menarik, dapat menjadi daya tarik yang mampu meningkatkan penjualan produk baik diskala lokal maupun sakala nasional.” Pelatihan dan pendampingan yang dilakukan kepada pengolah usaha binaan Program Studi THP, juga melibatkan mahaiswa KKN Program studi THP sebagai pendamping dengan tujuan agar pengolah usaha ikan asap cair Negeri Waai akan terus berkesinambungan, karena target kita bukan hanya program pendampingan batas waktu saja, akan tetapi produk ini dapat meningkatkan produktivitas masyarakat sehingga dapat membatu perekonomian pengolah ikan asap cair  di Negeri Waai” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, program pelatihan dan pendampingan yang dilakukan ini, guna mendukung  program pemerintah untuk ketahanan pangan nasional khusus untuk produk pangan berbasis protein dapat terimplentasi dari produk yang dikembangkan.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber :

  1. Dr. Ir. Cindy.R.M.Lopies, M. Si dengan materi, penerapan Teknologi Asap Cair Dalam Pengolahan Ikan
  2. Dr. Imelda K. E. Savitri, M. Si dengan materi Pengemasan dan Pelabelan
  3. Ir. Dessyre. M. Nendissa,. M.P dengan materi, Teknologi Asap Cair.
  4. Ir. Dwight Soukotta, M.P dengan materi, Teknologi Asap Cair.

Dukung terus ketahanan pangan nasional…bersama kita bisa…..

Makanlah apa yang kita tanam dan tanamlah apa yang kita makan 

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#PengolahUsahaMalukuTengah,TerimaPelatihanDanPendampinganPengolahanIkanAsapCair.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *