Unpatti gelar Ucapara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-51 KORPRI

UNPATTI,- Universitas Pattimura menyelenggarakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-51 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI). Upacara tersebut berlangsung di Lapangan Upacara Universitas Pattimura dengan mengusung tema “KORPRI Melayani, Berkontribusi dan Berinovasi Untuk Negeri”. Upacara bendera diikuti oleh ASN Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam lingkungan Unpatti. Selasa (29 November 2022)

Bertindak sebagai inspektur upacara, Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum dalam membacakan Sambutan Penasehat KORPRI Kemendikbudristek, Ir. Suharti, M.A, Ph.D mengatakan KORPRI adalah wadah yang terdiri atas ASN, untuk ASN dan oleh ASN. oleh karena itu KORPRI memiliki peran dalam mendukung ASN melaksanakan tugas-tugasnya sebagai penyelenggara negara. Pada Ulang Tahun yang ke-51 ini, saya berharap KORPRI (khususnya dilingkungan kemdikbudristek) dapat berperan lebih dalam mendukung ibu/bpk semua. tantangan-tantangan yang kita hadapi terus menerus berubah. Oleh karena itu, KORPRI pun perlu menyesuaikan, terutama dalam memberikan dukungan yang relevan kepada para ASN.

Lanjut dikatakan, KORPRI adalah rumah kita bersama. Artinya, jika kita ingin KORPRI berperan lebih, kita perlu partisipasi aktif. Pada Musyawarah Nasional KORPRI IX kemarin, ada empat program utama KORPRI yang telah ditetapkan, yakni :

  1. Meningkatkan kualitas pelayanan publik dan digitalisasi birokrasi.
  2. Menguatkan ideologi dan karakter ASN
  3. Perlindungan Karier dan bantuan hukum ASN
  4. Peningkatan kesejahteraan ASN

“Empat program tersebut adalah bukti bahwa KORPRI ingin bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat dan seluruh ASN yang merupakan anggotanya”, terangnya. Seperti perkumpulan profesi lainnya, KORPRI juga perlu menjadi wadah bertukar pikiran bagi para anggota agar bisa berinovasi, belajar hal baru dan lebih kritis dalam menjawab permasalahan-permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Dikatakan pula, masalah yang muncul saat ini dan dimasa depan menuntut kapasitas birokrasi yang lebih tinggi. Kita perlu mencari cara agar bisa melayani masyarakat dengan makin cepat, makin baik dan makin murah. Upaya tersebut tidak bisa dilakukan sendiri melainkan bersama-sama. Lebih banyak kepala yang peduli akan memberikan lebih banyak perspektif.

“KORPRI, sebagai wadah ASN dari berbagai unit kerja sebenarnya sangat ideal dalam memberikan pandangan yang lebih luas”, tegasnya.

Beliau menambahkan, jika kita melihat KORPRI sebagai suatu perkumpulan profesi, ada satu pembeda yang kita perlu sadari dan pahami bersama. KORPRI adalah perkumpulan para penyelenggara negara. Artinya, anggota KORPRI harus mengutamakan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi bahkan kita sudah melakukan Sumpah/janji untuk menjadi benteng bagi masyarakat, bangsa dan negara. Oleh karena itu, kita harus secara aktif berperan menjadi teladan dan memegang nilai-nilai ASN, yakni berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif. Selain itu, kita juga harus menjunjung nilai toleransi, menghalau radikalisme-fanatisme dan mengutamakan hajat hidup seluruh rakyat, bukan hanya segelintir golongan saja.

Sementara itu, Rektor Unpatti, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum saat melakukan wawancara mengatakan, sebagai ASN tentunya melaksanakan seluruh tugas dan tanggungjawab sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Serentak dengan itu, ASN juga harus memahami eksistensinya sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

“Sebagai abdi negara ASN harus bekerja dengan sungguh-sungguh untuk kepentingan bangsa dan negara. Kemudian sebagai abdi masyarakat harus melayani masyarakat dengan penuh ketulusan. Tanpa semuanya itu tentunya sebagai ASN tidak akan pernah bermakna”, ujar rektor.

Rektor berharap, di hari ulang tahun ke-51 KORPRI ini maka ASN yang ada dalam lingkungan Universitas Pattimura harus bekerja keras serta memahami eksistensi dirinya sebagai aparatur yang mampu melaksanakan seluruh tugas dan tanggungjawabnya demi kepentingan pembangunan bangsa dan negara.

Selamat Hari Ulang Tahun Ke-51 KORPRI!

“ASN bersatu, KORPRI tangguh dan Indonesia tumbuh”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *