148 Lulusan Fakultas Hukum Di Yudisium

UNPATTI,- Fakultas Hukum Universitas Pattimura melaksanakan Yudisium dan Penggelaran Lulusan terhadap 148  lulusan, yang terdiri dari 139 lulusan Program Studi Ilmu Hukum Pada Kampus Utama, dan 9 Lulusan dari Program Studi Hukum Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU), Kabupaten Kepulauan Aru dan Kabupaten Maluku Barat Daya, dalam rangka wisuda periode Desember 2022, yang dilaksanakan di Hall Fakultas Hukum Universitas Pattimura, Selasa (6/12).

Acara Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Yudisium dan Panggelaran Lulusan Fakultas Hukum Universitas Pattimura Periode Desember 2022, dibuka oleh Ketua Senat Fakultas Hukum Universitas Pattimura Dr. A. D. Bakarbessy, SH., LL.M, dan  dilanjutkan dengan Pembacaan Surat Keputusan, Pengukuhan Lulusan oleh Dekan Fakultas Hukum Dr. Rory J. Akyuwen, S.H., M.Hum, Pembacaan Panca Purna Ikrar Lulusan Oleh salah satu lulusan dilanjutkan dengan penyerahan lulusan dari Dekan kepada Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Saartje Sarah Alfons, S.H., M.H.

22 Orang lulusan dengan predikat cumlaude dicapai oleh :

  1. Griviti M Asthenu – IPK 3,77
  2. Palti Josua Jose – IPK 3,74
  3. Hardianti – IPK 3,73
  4. Christy Tanasale – IPK 3,70
  5. Felia Naomi Sabono – IPK 3,70
  6. Cynthia Cornelia Leasa – IPK 3,69
  7. Yules M Urasana – IPK 3,66
  8. Astiti – IPK 3,65
  9. Erwin Simaremare – IPK 3,64
  10. Magreth Syelen Lawalata – IPK 3,62
  11. Weldy V Lopulisa – IPK 3,61
  12. Lisa – IPK 3,61
  13. Kevin Gibert Pattinama – IPK 3,61
  14. Nandito F Tuhilatu – IPK 3,58
  15. Gabriela F. K. Elias – IPK 3,57
  16. Neladi F. Lilipaly – IPK 3,57
  17. Chateryna Tatipata – IPK 3,57
  18. Reynalda Fransin Patty – IPK 3,56
  19. Farahdiba Bilqis Lahane – IPK 3,55
  20. Arixellis Juan E Hahury – IPK 3,54
  21. Jihan A. M. Septyawati – IPK 3,54
  22. Iftin Yuninda Hart – IPK 3, 54

Sekaligus dilakukan penyematan selempang kepada 5 orang perwakilan lulusan cumlaude dan 2 orang duta alumni, penyerahan penghargaan bagi juara I Karate Karate Kelas Kumite 75 KG putra, Juara ke II  Karate Kelas katak Putri, Juara III Karate Kelas Kumite 60 Kg Putra Pekan Olahraga IV Provinsi Maluku Tahun 2022 dan juara Harapan 1 Lomba Moot Court Competition oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

“Pendidikan adalah awal dari perubahan karena tanpa pendidikan tidak ada peradaban. Hanyalah pendidikan yang bisa menyelamatkan masa depan dan tanpa pendidikan negara ini tak akan mungkin bisa bertahan. Saat ini hadir generasi yang berkompeten, generasi yang berkarakter dan generasi yang akan membangun kehidupan bangsa khususnya dibidang Ilmu Hukum” ungkap Griviti M Asthenu mewakili para lulusan saat menyampaikan pesan dan kesan lulusan.

Lanjut dikatakan dalam peningkatan Sumber Daya Manusia di Maluku, Fakultas Hukum Unpatti hadir dengan tujuan menyelenggarakan dan mengambangkan pendidikan tinggi hukum dengan keunggulan kelas dunia untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan dapat diterima dipasar kerja nasional maupun internasional,  dan dibuktikan dengan dicapainnya Akreditasi Unggul sehingga patutlah berbangga menjadi lulusan Fakultas Hukum Unpatti.

“Yudisium bukanlah akhir dari sebuah kompetisi namun ini adalah saatnya kita berkolaborasi dengan ilmu-ilmu lain yang telah kita terima, agar semakin mengokohkan sarjana hukum kita. Keberhasilan yang diraih saat ini adalah hasil dari perjuangan kita dan untuk menjadi sukses, kita harus memiliki kemauan sukses yang lebih besar dari pada ketakutan untuk gagal” tutupnya.

Ketua Senat Fakultas Hukum Universitas Pattimura Dr. A. D. Bakarbessy, SH., LL.M dalam sambutannya  memberikan apresiasi kepada para dosen dan tenaga kependidikan atas kerja keras dalam pelayanannya ditengah pandemi covid-19 serta penyesuaian dengan kebijakan mutu pendidikan tinggi dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan dalam perkembangan teknologi kepada para lulusan. Dikatakan juga Fakultas Hukum dengan status prodi yang terakreditasi unggul adalah kebanggaan bagi para lulusan namun juga suatu tantangan dalam menerapkan keilmuannya di tengah masyarakat. Robert G Ingersoll mengatakan Seseorang yang unggul adalah penolong bagi yang lain, menjadi mata bagi orang yang tidak dapat melihat, menjadi penopang bagi orang yang tidak dapat  berdiri dan menjadi tangga dan pundak bagi orang yang akan sukses. Robert Green  melihat kapasitas sesorang yang unggul itu dari aspek moralitas”.  Dr. Bakarbessy berharap para lulusan yang lulus dari prodi yang terakreditasi unggul dapat menjadi penolong dan bertindak, berpikir, berprilaku yang terbaik di tengah masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama Dekan Fakultas Hukum  Dr. Rory J. Akyuwen, S.H., M.H mengatakan beberapa waktu yang lalu para Pimpinan Fakultas Hukum melakukan kunjungan ke Belanda, melalui kunjungan tersebut akan ada peluang kerjasama yang terjalin. FH setelah mendapatkan akreditasi Unggul  tidak berdiam dan selalu melakukan langkah-langkah terbaik guna  menuju akreditasi internasional. Lanjutnya Saat ini  Bunda Asuh yang unggul telah melahirkan anak-anak yang unggul. Para lulusan yang unggul diharapkan untuk  melanjutkan studi ke tingkat lebih tinggi baik itu di dalam maupun di luar negeri. Banyak beasiswa yang diberikan  bagi mahasiswa dari jenjang S1 hingga  S3, dengan itu sebagai lulusan yang unggul gapailah peluang yang ada ,jangan  berada pada zona nayaman teruslah berjuang dan gapailah ilmu setinggi dan sejauh mungkin, jadilah orang yang unggul di tengah masyarakat dan jadilah orang yang berguna dan bisa membiayayi dirinya sendiri.

“Lulus kuliah merupakan awal dimulainya tantangan hidup yang sebenarnya, tantangan terberat adalah mendapatkan pekerjaan sesuai dengan passion masing-masing” ungkap Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Pattimura  Dr. Joseph Pagaya, M.Kes dalam sambutannya mewakili Rektor. Lulusan Prodi Ilmu Hukum pada Kampus Utama dan Prodi Hukum pada PSDKU Kabupaten kepulauan Aru dan Kabupaten Maluku Barat Daya telah melalui masa-masa sulit pada kuliahnya di era pandemi covid -19 yang sistim pemebelajarannya melalui firtual, dilihat dari pada itu   para lulusan diharapkan  mampu membangun  jejaring dengan para alumni  dan  masyarakat agar berkolaborasi meningkatkan kompetensi sosialnya. Melihat kondisi saat ini dengan meningkatnya pencari kerja professional secara kuantitatif dan kulitatif  Dr. Pagaya berharap Kepada para Pimpinan Fakultas , dosen, dan tenaga kependidikan  dapat mempersiapkan suasana akademik yang  nantinya lulusan Prodi Ilmu Hukum dan Prodi Hukum mempunyai kemampuan mengelola diri terutama soft skilnya. Diharapkan juga para lulusan dapat menguasai ketrampilan dan kemampuan di bidang IT , penguasaan Berbahasa Inggris dan pengelolaan menejemen waktu yang baik. Dr. Pagaya mendorong para lulusan berani menatap masa depan dengan memberi keyakinan penuh untuk sukses meraih masa depan. “Ada bebek di sungai, bebek bernang sudah biasa, janganlah terlalu banyak bersantai, sukses tidak akan dirasa” tutup Dr. Pagaya.

Selamat bagi para lulusan “Ad Augusta, Per Angusta”

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#148LulusanFakultasHukumDiYudisium

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *