Fakultas Pertanian Unpatti Meluluskan 63 Calon Sarjana Baru

UNPATTI,- Fakultas Pertanian Universitas Pattimura kembali meluluskan sebanyak 63 calon sarjana baru untuk diwisudakan pada periode Desember Tahun 2022. Pelaksanaan Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Dalam Rangka Yudisium dan Penggelaran Lulusan Strata 1 Fakultas Pertanian ini berlangsung di Lantai 3 Auditorium Faperta Unpatti, Selasa (6 Desember 2022).

Dalam yudisium tersebut, Gracia Immanuela Lekatompessy, berhasil menjadi lulusan terbaik dengan IPK 4,00 predikat Cumlaude, dengan judul skripsi “Pengaruh Keberadaan Perusahaan Perkebunan Kakao (Theobroma cocoa L.) Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Tenaga Kerja PT. Sumber Daya Wahana”, dibawah bimbingan Dr. Ir. Leunard O. Kakisina, M.Si dan Ir. Felicia P. Adam, M.Sc.

Pembacaan Surat Keputusan Dekan Nomor 669/UN13.1.5/SK/2022 bagi 63 lulusan ditandai terlebih dahulu dengan pengukuhan oleh Dekan Prof. Dr. Ir. A. E. Pattiselanno, M.Si bagi 21 lulusan predikat Pujian atau Cumlaude, masing-masing :

  1. Gracia Immanuela Lekatompessy, Program Studi Agribisnis, IPK 4,00
  2. Dhea Safya Maharani, Program Studi Agribisnis, IPK 3,95
  3. Fransiskus Kelvin Renwarin, Program Studi Peternakan, IPK 3,92
  4. Fahri Irwan, Program Studi Peternakan, IPK 3,92
  5. Astrid Palapessy, Program Studi Kehutanan, IPK 3,91
  6. Meirani Putri Azizah, Program Studi Agribisnis, IPK 3.88
  7. Meilisa Lopulalan, Program Studi Peternakan, IPK 3,88
  8. Ledrina Robeka Renmaur, Program Studi Peternakan, IPK 3,88
  9. Khoiriyah Ulfah Jamlean, Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, IPK 3,88
  10. Ebedh Barlef Lorwens, Program Studi Agroteknologi, IPK 3,85
  11. Indryani Hana Bandaso, Program Studi Agroteknologi, IPK 3,84
  12. Barkah Shafira, Program Studi Agribisnis, IPK 3,82
  13. Sandivo Lingga, Program Studi Agroteknologi, IPK 3,80
  14. Juni Ardin Telaumbanua, Program Studi Penyuluhan Pertanian, IPK 3,80
  15. Tika Wahyuni, Program Studi Peternakan, IPK 3,78
  16. Savira Maba, Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, IPK 3,75
  17. Rosna Wabula, Program Studi Agribisnis, IPK 3,75
  18. Ayu Harnanti, Program Studi Agribisnis, IPK 3,73
  19. Ridoni Parasian Theo Ganda Simamora, Program Studi Agroteknologi, IPK 3,73
  20. Imelda Grace Walasary, Program Studi Agroteknologi, IPK 3,72
  21. Beriselamat Gea, Program Studi Agroteknologi, IPK 3,69

Mewakili lulusan, Gracia Immanuela Lekatompessy dalam menyampaikan Kesan dan Tekad lulusan mengatakan, suatu keberhasilan adalah bentuk akumulasi dari seluruh proses juang yang dilalui. Disetiap juang itu ada suka dan duka yang dihadapi. Namun, marilah jadikan semuanya itu laksana cerita indah sekaligus mempertebal semangat untuk menghadapi dunia karya dan cipta yang akan dihadapi bersama. Gracia berharap agar para lulusan terus membangun simbiosis mutualisme dengan almamater tercinta dan pengabdian semangat HOTUMESE atas setiap tantangan dinamika yang dihadapi. “Jadilah seperti pohon kelapa yang terus menghasilkan buah, dan jangan seperti pohon pisang yang hanya sekali berbuah lalu ditebang dan berakhir”, tutup Gracia Lekatompessy.

Mengawali sambutan, Ketua Senat Fakultas Pertanian Unpatti, Prof. Dr. Ir. Rafael M. Osok, M.Sc mengatakan, hari ini Fakultas Pertanian Universitas Pattimura telah menghasilkan kembali 63 lulusan sarjana baru, dan 21 diantaranya lulus dengan predikat pujian. Beliau berharap, kiranya sistem pelayanan kepada mahasiswa dan kinerja pimpinan, para dosen serta tenaga kependidikan terus ditingkatkan agar jumlah kualitas lulusan Fakultas Pertanian Universitas Pattimura teru meningkat dimasa mendatang. Diakhir sambutan, Prof. Osok memberikan pesan kepada para lulusan agar selalu menjaga nama baik almamater dan terus bekerjasama dengan Fakultas Pertanian Universitas Pattimura dalam upaya pengembangan pertanian di Provinsi Maluku.

Sementara itu, Dekan Fakultas Pertanian, Prof. Dr. Ir. A. E. Pattiselanno, M.Si dalam sambutan mengatakan, Fakultas Pertanian Universitas Pattimura telah tumbuh sampai sekarang sebagai institusi yang banyak menyumbangkan berbagai pikiran strategis dan karya yang besar perannya dalam pembangunan nasional, moral dan peningkatan daya saing bangsa terlebih khusus di wilayah kepulauan Provinsi Maluku. “Untuk mempersiapkan mahasiswa memiliki kemampuan bersaing dan mampu bertahan dalam pasar kerja, maka Fakultas Pertanian telah melakukan beragam kerjasama yang implementasinya dalam bentuk magang dan penelitian mahasiswa maupun dosen pada instansi pemerintah”, ungkapnya. Lanjut dikatakan, selain di instansi pemerintah, juga dilakukan dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Pertanian Organik yang dalam beberapa waktu kedepan akan melaksanakan Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) bagi mahasiswa, alumni dan dosen melalui subsidi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dengan harapan bahwa mahasiswa, alumni dan dosen bukan saja memiliki pengetahuan teori tetapi juga terampil mengaplikasikannya dalam praktek nyata. “Hal ini menjadi basis knowledge based economy dalam mengembangkan ekosistem yang sehat antara universitas, industri dan pemerintah, juga meningkatkan aktivitas industry”, jelasnya. Beliau berharap, para sarjana lulusan Fakultas Pertanian Universitas Pattimura mampu menciptakan lapangan pekerjaan untuk diri sendiri dan orang lain. “Saya percaya bahwa Fakultas Pertanian Universitas Pattimura mempunyai potensi yang tidak terbatas untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi Maluku dan Indonesia”, tutup dekan.

Kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd mengatakan, Kegiatan Yudisium dan Penggelaran Lulusan merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan dari kegiatan akademik. Penggelaran bukan sekedar formalitas, tetapi mengandung makna yang mendalam serta mampu menjaga eksistensi dirinya sebagai ilmuan. “Menjadi seorang ilmuan muda harus memiliki rasa tanggungjawab bagi pembangunan bangsa dan negara, khusunya bagi pembangunan Provinsi Maluku di bidang pertanian”, tegasnya. Prof Leiwakabessy memberikan apresiasi kepada Fakultas Pertanian dimana dalam yudisium kali ini ada 21 lulusan Cumlaude dari 63 lulusan. Hal ini tentunya merupakan suatu peningkatan yang sangat signifikan bagi Fakultas Pertanian Universitas Pattimura terhadap kualitas mutu pendidikan. Beliau berharap bagi para lulusan agar mendapatkan pekerjaan dengan cepat, dapat melanjutkan studi ke program Pascasarjana dan memiliki kemampuan untuk berwirausaha. Dalam rapat yudisium tersebut dihadiri oleh Senat Fakultas Pertanian, para Wakil Dekan, para tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dalam lingkup Fakultas Pertanian, Ketua Ikatan Alumni Fakultas Pertanian, para rohaniawan dan Paduan Suara Hotumese Choir Universitas Pattimura.

Selamat dan Sukses bagi ke-63 lulusan sarjana baru Fakultas Pertanian Universitas Pattimura. Hotumese!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *